Apakah kamu pecinta kue donat? Kue yang berbentuk bulat dengan lubang di tengahnya ini memiliki rasa yang nikmat.

Donat memiliki aneka rasa yang menggoda selera dengan berbagai toping yang bervariasi. Teksturnya yang lembut membuat siapa saja ingin menikmatinya.

Bagi kamu yang suka membuat kue donat, salah satu yang menyenangkan adalah saat membuat hiasan atau variasi toping seperti cokelat, bertabur kacang, gula manis, keju, dan lain-lain.

Donat bisa kita nikamati saat bersantai bersama keluargaatau teman, menjadi snack di acara-acara tertentu, dan lain sebagainya.

Tahukah kamu bahwa donat yang selama ini kita makan ternyata sudah ada sejak zaman dulu. Tidak hanya menikmatinya, mungkin kamu juga penasaran tentang fakta-fakta seputar donat. Nah, berikut beberapa fakta tentang donat.

Asal Usul Nama Donat

1 ags donat awal
theodysseyonline.com

Sejak pertengahan abad ke-19, cikal bakal kue donat sudah ada. Adalah Olykoeks, kue goreng yang sangat disukai oleh orang-orang Belanda kuno. Kue yang memiliki kepanjangan Oily Cakes ini kemudian oleh orang Belanda dibawa ke Amerika.

Pada tahun 1847, Elizabeth Greorgy dari Inggris adalah orang yang terkenal sebagai pembuat kue olykoeks yang enak dan lembut.

Karena resep kue tersebut ditambahkan hazelnut dan walnut pada bagian tengahnya maka kemudian diberi nama dengan dough-nut yang berarti dough itu adalah adonan dan nut adalah kacang.

Mengapa Donat Bolong?

1 ags hanson
www.haikudeck.com

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya kenapa kue donat bentuknya bolong di bagian tengahnya. Memang selama ini terdapat beberapa versi mengenai asal mula donat.

Akan tetapi, terdapat versi yang terkenal, yakni konon saat itu Elizabeth Greorgy membawakan bekal dougnut untuk anaknya yang merupakan seorang kapten. Ia bernama Hanson Crockett Gregory.

Pada waktu itu Kapten Hanson sedang melakukan perjalanan di laut. Kapten Hanson mendapati kesulitan untuk makan donat ketika ia sedang mengemudi kapal. Kemudian ia menusuk bagian tengah donat dengan benda tajam dan mengaitkannya di sela-sela kemudi kapal.

Maka diperintahkan kepada para koki kapal untuk menghilangkan bagian tengah donat. Kejadian yang tanpa sengaja itu membuat donat sekarang ini bolong di tengahnya.

Donat Menjadi Makanan Favorit Setelah PD I

1 ags pd 1
sinemapedia.com

Salah satu makanan favorit setelah perang dunia I adalah donat. Bahkan saat itu donat dijadikan sebagai snack untuk nonton film. Begitu banyak yang menikmati donat menjadikannya sebagai salah satu makanan yang dibuat untuk bisnis.

Usaha Kafe Donat

1 ags dunkin
www.huffingtonpost.com

Adalah William Rosenberg, seorang pengusaha kuliner yang menjual snack dengan truk bekas di Massachussetts.

Lalu pada tahun 1948, ia mendirikan usaha kafe bernama Open Kettle di Massachusetts. Berawal dari toko sederhana kemuidan berkembang pesat.

Dua tahun kemudian ia mengganti nama tokonya tadi menjadi ‘Dunkin Donat’. Kini bisa kita lihat Dunkin Donut sudah menjadi kafe donat raksasa yang memiliki banyak cabang di penjuru dunia.

National Doughnut Day

1 ags hari nas donat
www.dogonews.com

Terdapat tiga hari perayaan donat yang berbeda-beda yakni pada tanggal 8 Juni diperingati sebagai International Jelly Filled, pada tanggal 14 September dirayakan National Cream Filled Doughnut Day, dan pada tanggal  30 Oktober dirayakan Buy A Doughnut Day.

Biasanya hari Donat ini ditandai dengan membagi-bagikan donat secara gratis kepada para pelanggan.

Itulah beberapa fakta tentang donat, unik bukan? Selamat menikmati kue donat. Semoga informasi di atas bermanfaat.

SHARE