Tahun ini, penanggalan Masehi menempatkan bulan Febriari berakhir pada tanggal 29. Itu artinya bahwa tahun 2016 ini adalah tahun kabisat.

Tahun kabisat adalah sebutan bagi sebuah tahun yang memiliki bulan Februari bertanggal sampai 29, dan itu terjadi biasanya setiap 4 tahun sekali.

Di beberapa tempat ada sebuah mitos atau kepercayaan tentang tanggal 29 Februari ini.

Ada yang percaya bahwa tanggal tersebut adalah lambang kesialan. Namun ada juga yang percaya bahwa tanggal itu bermakna sebuah keberuntungan atau bahkan kekuatan magis.

Nah, diluar semua itu, ada beberapa fakta unik tentang tahun kabisat di beberapa negara dunia. Berikut ini 5 fakta unik tersebut.

1Tahun Kabisat di Yunani dan Italia

www.indonesia-bercerita.com

Di Yunani sama halnya dengan di Italia, ada sebuah mitos yang beredar di masyarakat sana bahwa menikah di tanggal 29 Februari atau tahun kabisat itu bisa mendatangkan keburukan dalam perjalanan rumah tangga.

Bahkan di Italia sampai ada istilah ‘Anno bisesto, anno funesto’, yang artinya ‘Tahun kabisat, tahun sial’.

Untuk itulah beberapa masyarakat di Yunani dan Italia tersebut banyak yang menolak melangsungkan menikah pada 29 Februari.

2Tahun Kabisat di Hong Kong dan New Zaeland

www.mamapeduli.info

Di Hong Kong, bayi yang lahir pada tanggal 29 Februari akan dihitung lahir pada tanggal 1 Maret.

Sedangkan di New Zealand atau Selandia Baru, bayi yang lahir pada tanggal 29 Februari akan dihitung pada tanggal 28 Februari.

Sehingga pada tanggal 29 Februari di kedua negara tersebut, tidak ada kelahiran yang tercatat pada tanggal tersebut.

Hal tersebut karena sesuai dengan pertimbangan akan sulit merayakan ulang tahun pada tanggal yang hanya akan ada pada setiap empat tahun sekali.

3Tahun Kabisat di Rusia dan Skotlandia

vibiznews.com

Pada negara Rusia dan Skotlandia, ada mitos yang berkembang di masyarakatnya bahwa tanggal 29 Februari atau tahun kabisat adalah pertanda akan datangnya cuaca buruk.

Para petani di kedua negara tersebut pada akhirnya akan selalu menolak dan menghindari bercocok tanam pada tanggal 29 Februari itu.

Mereka takut tanaman-tanaman mereka akan rusak atau gagal panen karena pengaruh cuaca buruk yang dipercaya akan datang pada tanggal 29 Februari tersebut.

4Tahun Kabisat di Amerika

en.wikipedia.org

Di Texas, Amerika, Ibukotanya bernama Anthony mendapatkan julukan sebagai Ibukota Kabisat Dunia.

Karena pada setiap tanggal tersebut di Anthony ini diadakan sebuah festival yang merayakan hari lahir warganya yang kebetulan lahir pada tanggal 29 Februari.

Terlepas tentang apapun yang terjadi pada tanggal tersebut, di tahun kabisat, namun semua kejadian di dunia ini adalah mutlak kehendak Tuhan.

Sehingga kalaupun berkembang mitos di masyarakat tentang sesuatu, semua yang terjadi di dunia ini tak ada yang kebetulan, semua telah ditulis Tuhan dalam takdir.