Di dunia ini, ada ribuan varietas bunga yang tumbuh dengan karakter dan ciri fisik yang berbeda-beda. Uniknya, sejak ratusan tahun yang lalu, ternyata nenek moyang kita telah menghubungkan karakter bunga menjadi sebuah makna yang spesifik.

Artinya, sekuntum bunga dapat diambil filosofinya sebagai pelajaran hidup.

1Bunga Edelweiss

pernikdunia.com

Bagi yang gemar mendaki gunung, bunga ini tentu tak asing lagi. Bunga edelweiss seringkali disebut dengan everlasting flower yang artinya simbol keabadian.

Bunga ini tumbuh di lereng gunung dan di tempat yang sulit dijangkau. Sehingga membutuhkan usaha, keberanian dan tekad untuk mendapatkannya.

Edelweiss juga dikenal sebagai bunga yang tak mudah layu atau mati dalam waktu lama, sehingga konon seseorang yang memberikan bunga edelweiss kepada kekasihnya, cinta mereka akan abadi selamanya.

2Bunga Sakura

www.ayeey.com

Di Jepang, terdapat istilah ‘7 hari bunga sakura’ karena bunga sakura termasuk tanaman yang cepat menggugurkan bunganya. Makna bunga sakura adalah janji yang ditepati, karena seakan-akan bunga sakura selalu mengatakan akan selalu datang lagi pada musimnya.

Menurut filosofi bunga Jepang, bunga sakura mengandung kesetiaan janji yang selalu ditepati. Sehingga siapapun orang yang berjanji, hendaknya menepati apa yang dikatakannya seperti halnya filosofi bunga sakura ini.

3Bunga Mawar

www.gambarbinatang.com

Bunga yang satu ini memiliki filosofi bahwa setiap jiwa memiliki warna cintanya tersendiri, diperlukan warna yang tepat untuk dapat menyentuh jiwa seseorang. Romantis, kan? Hihi.

Selain itu, bunga mawar adalah bunga cantik yang sangat populer. Seringkali dijadikan simbol cinta dan nama seorang gadis cantik.

Mawar memiliki berbagai makna seperti kecantikan, keromantisan, cinta sejati, kesucian, kasih sayang, persahabatan, antusiasme, misterius, perdamaian, kesedihan bahkan kematian.

4Bunga Tulip

100gambarbunga.blogspot.com

Bunga tulip banyak ditemui di negeri Belanda. Bunga tulip memiliki tampilan yang cantik dan anggun sehingga seringkali mencuri perhatian.

Bunga tulip memiliki beberapa makna seperti permohonan maaf, pernyataan cinta, persahabatan, semangat tinggi, kepedulian dan kemewahan. Tetapi secara umum, bunga tulip menyimbolkan cinta yang sempurna.

Ssst, bunga tulip memiliki filosofi tentang keindahan cinta yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata lho. Wah!

5Bunga Matahari

pernikdunia.com

Ada beberapa alasan yang menyebabkan bunga cantik ini diberi nama bunga matahari. Yang pertama, karena bunga matahari selalu mengikuti atau menghadap arah matahari. Yang kedua, karena warna kuning kontrasnya membentuk wujud seperti matahari sedang bersinar.

Jika kamu amati, bunga ini memiliki keunikan yaitu bergerak mengikuti arah matahari. Inilah yang membuat bunga matahari diartikan dengan kesetiaan dan ketulusan.

Menggunakan simbol bunga matahari menandakan adanya hidup yang ceria, penuh kehangatan disertai ketulusan dan kesetiaan.

SHARE