Cina diprediksikan mampu menandingi negara-negara Uni Eropa di masa mendatang. Bahkan Negara Amerika Serikat yang dikenal dengan julukan negara adidaya pun terkalahkan oleh kekuatan Cina.

Tidak sedikit yang meyakini bahwa kelak Cina akan menguasai dunia, mulai dari ekonomi hingga militer. Sekarang saja, banyak orang memilih Negara Cina sebagai tempat pendidikan tinggi dan mendirikan usaha.

Angka keberangkatan Warga Negara Indonesia pun semakin tinggi dari tahun ke tahun. Negeri tirai bambu itu selalu berada dalam prioritas tertinggi ketika mereka memilih tinggal di luar negeri.

Namun, ternyata tinggal di sana tidak seindah angan-angan kamu. Lebih indah di Indonesia, begitu kata orang-orang yang pernah hidup di sana.

Meskipun demikian, Negeri Cina tetap terlihat cerah dan cemerlang di mata banyak orang. Entah apa sebabnya. Tapi, jelasnya, ulasan berikut ini akan membuatmu berpikir dua kali untuk tinggal di Cina.

Simak, yuk!

1Kebersihan Kurang Diperhatikan

boombastis.com

Mungkin kamu berpikir, toilet umum di kawasan padat Kota Jakarta kurang bersih. Kamu akan terkejut kalau tiba di Cina. Justru, situasi toilet di sana buruk sekali. Aroma air seninya sangat menyengat.

Parahnya, toilet semacam itu nyaris menghiasi seluruh kota besar di Cina, termasuk Nanjing atau Beijing.

Terlebih jika kamu masuk toilet khusus buang air besar, barangkali terlalu tidak pantas diceritakan. Bayangkan saja, di toilet tidak ada air, kecuali tisu.

Kamu pasti sudah tahu jawabannya, apa yang terjadi di sana bukan?

2Harga Barang Serba Mahal

boombastis.com

Ini faktanya, barang-barang yang dijual di dalam negeri Cina jauh lebih mahal dari harga di Indonesia. Harga sayur mayur dan buah-buahan lebih mahal lima kali lipat. Bahkan ada buah yang biasa tumbuh liar di Indonesia, dijual dengan harga yang sangat mahal.

3Sulitnya Menemukan Makanan Halal

boombastis.com

Kesulitan ini pasti dialami oleh seseorang yang beragama Islam. Saat berada di Cina, kamu akan sangat sulit sekali mendapatkan makanan halal. Maklum, mungkin karena Islam bukan agama mayoritas yang dianut warga Cina.

Tapi, jangan khawatir, makanan halal tetap bisa kamu temukan di kantin kampus.

Ada juga beberapa kedai khusus yang menyediakan makanan halal walaupun sulit ditemukan. Soal rasa, sebaiknya tidak perlu protes, karena memang tidak seenak masakan yang biasa kamu makan.

4Waspada Terhadap Supir Taksi

boombastis.com

Lagi-lagi kamu harus bersyukur karena di Indonesia masih banyak orang jujur dan tulus. Namun, kalau kamu tiba di Cina, jangan heran dengan tabiat supir taksinya. Terkadang, kelakuan mereka memancing emosi para pendatang.

Para supir taksi seringkali menaikkan tarif ketika yang menumpang adalah orang baru. Bahkan ada beberapa yang tidak pakai argo. Hati-hati dalam memilih taksi. Jangan lupa bertanya sedetil mungkin tentang sistem bayarnya.

5Polusi Akut di Kota Industri Cina

shiftindonesia.com

Bagi pelajar atau mahasiswa yang melanjutkan studi ke Cina, tujuannya pasti ke kota-kota industi, karena di sanalah pusat pemerintahan, pendidikan, dan perekonomian berada.

Tapi, kepulan asap tebal menyelimuti 24 jam non-stop. Banyak kota yang dihujani cemaran polusi akut akibat buangan asap pabrik di Cina.

fajar.co.id
fajar.co.id

Bahkan pernah beberapa sekolah diliburkan gara-gara status gawat darurat polusi udara. Intinya, kamu akan sangat sulit mendapatkan oksigen bersih di sana.

Demikianlah 5 fakta yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan hidup di Cina. Tinggal di Indonesia jauh lebih nyaman dan indah deh pokoknya.

Buktinya, tidak sedikit para wisatawan dan mahasiswa asing yang enggan pulang ke negerinya kalau sudah mencicipi hidup di Indonesia. Berbanggalah wahai Bangsa Indonesia!

SHARE