Bulan suci Ramadhan merupakan bulan penuh berkah, bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh penjuru dunia.

Bagaimana tidak, pada bulan ini Allah melimpahkan berkah dan rahmatNya dengan berlimpah. Saatnya kita sebagai umat muslim untuk menghimpun bekal-bekal dan amalan akhirat.

Dalam rangkan menyambut dan menjalani ibadah di bulan suci Ramadhan pastinya banyak hal yang berkesan dan spesial dari bulan-bulan lain, bahkan membuat kita kangen.

Banyak keseruan yang hadir dan tercipta di bulan suci ini. Mungkin pada bulan-bulan biasanya terdapat beberapa hal yang sudah biasa atau dianggap biasa tapi akan menjadi spesial ketika bulan Ramadhan.

Nah, berikut beberapa hal yang mendadak jadi ‘hits’ saat bulan Ramadhan. Apa sajakah itu? Simak ulasan berikut ini.

Segarnya Es Sirup

ramadhan sirup kiki widyasari
astaga.com

Adalah hal yang sudah biasa kita temui di bulan-bulan lainnya, yakni kesegaran es sirup. Biasanya es sirup menjadi salah satu minuman pelepas dahaga yang dinikmati saat siang hari.

Pada bulan puasa, es sirup ini menjadi sangat ditunggu-tunggu, apalagi menjelang buka puasa. Para anak-anak sudah diam memandangi segelas es sirup segar sambil menunggu waktu berbuka. Lucu memang.

Tidak hanya itu, banyak iklan yang wara-wiri saat Ramdhan yang paling menarik perhatian adalah iklan sirup.

Entah apa yang membuat menarik, dari segi penyampaian cerita dalam iklan yang unik atau memang suka melihat segarnya es sirup.

Suara Bedug Magrib

ramadhan bedug
www.unitedindonesia.org

Menjalankan sholat lima waktu adalah waib hukumnya bagi umat Islam. Kumandang adzan yang memanggil sehari lima kali sering kita dengar.

Pada bulan Ramadhan, suara adzan atau bedug maghrib adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu. Tidak heran, sebab kumandang adzan Maghrib merupakan tanda bahwa tiba saatnya untuk berbuka.

Salah satu kenikmatan di dunia ini adalah saat berbuka puasa. Maka umat Muslim dianjurkan untuk menyegerakan berbuka puasa atau membatalkan puasa ketika sudah terdengar adzan magrib.

Suara Petasan dan Kembang Api

ramadhan petasan
radfaces.blogspot.com

Suara petasan memang sangat berisik. Bahkan kadang bisa membuat orang-orang disekitar terganggu karena suaranya yang keras.

Biasanya anak-anak dan remaja suka bermain petasan, meskipun banyak pihak telah melarangnya. Sebab sangat membahayakan jika tidak berhari-hati.

Akan tetapi meskipun demikian, petasan menjadi salah satu hal yang identik dengan bulan Ramdhan. Anak-anak biasanya bermain petasan dan kembang api menjelang akan berbuka, setelah tarawih atau ketika membangunkan orang sahur.

Buah ‘Primadona’, Kurma

ramadhan kurma
kinghakim96.wordpress.com

Kurma merupakan buah yang identik dengan bulan puasa. Buah yang satu ini seakan menjadi buah ‘primadona’ yang dicari oleh banyak orang.

Bahkan peminat dan permintaan buah kurma semakin naik saat bulan Ramadhan hingga menjelang hari Raya Idul Fitri.

Buah kurma sangat nikmat disantap saat berbuka puasa. Mengkonsumsi beberapa butir kurma merupakan sunnah, tentu yang menjalankannya akan mendapatkan berkah dan pahala.

Takjil Favorit, Kolak

ramadhan kolak
www.recipeshubs.com

Kolak menjadi salah satu takjil atau makanan yang juga tak kalah banyak dicari. Makanan ini biasanya berisi pisang, kolang-kaling dan ubi atau buah nangka, dengan kuah santan yang gurih dan manis.

Bahkan mungkin ada yang beranggapan berbuka tak lengkap tanpa adanya kolak di makanan pembuka.

Itulah lima hal yang menjadi ngehits saat bulan Ramdhan, apakah kamu juga merasakannya? Banyak hal berkesan yang mewarnai hari-hari  kita di bulan penuh berkah ini. Bagaimana dengan ceritamu?

SHARE