Indonesia terdiri dari beragam suku yang terbentang dari Sabang hingga Merauke. Berbagai suku yang tersebar di wilayah negara Indonesia membuatnya kaya akan budaya dan adat istiadat.

Terciptalah keanekanragaman budaya yang hingga kini dipertahankan oleh suku-suku bangsa Indonesia.

Memang unik dan menarik jika kita pelajari. Ada Suku Batak, Suku  Minangkabau, Suku Aceh, Suku Musi, Suku Melayu, hingga Suku Jawa, dan masih banyak lagi.

Di antara beragam suku tersebut salah satunya terdapat suku Jawa. Jika kita berbicara tentang orang Indonesia, maka salah satu hal yang berkaitan dengannya adalah orang Jawa.

Hampir 60% penduduk Indonesia adalah orang Jawa. Hal itu terbukti pada tiap kota-kota besar pasti ada orang Jawa.

Nah, banyak hal dari orang Jawa yang memiliki keunikan dan bahkan mempengaruhi Indonesia seperti filosofi yang dimiliki. Masyarakat Jawa memiliki nilai-nilai filosofi dalam menjalani kehidupannya.

Bahkan orang Jawa yang merantau ke daerah lain pun bisa bertahan dan hidup harmonis dengan warga setempat. Inilah beberapa hal yang menjadikan orang Jawa selalu Istimewa.

“Alon-alon Waton Kelakon”

1 alon
halamanbahanajar.wordpress.com

Orang Jawa memiliki prinsip Alon-alon Waton Kelakon yang memiliki arti pelan-pelan yang penting kesampaian.

Dalam kehidupannya, mereka menjalani hidup dengan kesederhanaan sebab inti dari kebahagiaan itu terletak pada kenikmatan saat menjalani prosesnya.

Mereka tidak tergesa-gesa dan ambisius dalam meraih kekayaan karena kekayaan tidak selalu menjamin kebahagiaan.

Keluarga, kerabat maupun berbagai hal sederhana yang mereka miliki adalah fokus mereka pada saat itu.

Ramah dan Lembut

1 ramahh
pamomongs.blogspot.com

Orang Jawa terkenal akan sikap dan pembawaannya yang kalem. Ditambah lagi keramahan yang dimilkinya, baik di dalam keluarga maupun di masyarakat.

Mereka biasanya memberikan seyuman dan anggukan kepala saat melewati sesamanya. Kebudayaan itu semakin menambah rasa hangat dan ramah. Maka dari itu, orang Jawa bisa akrab satu sama lain.

Tidak Enakan

1 tidak enakan
blog.pesantrenmedia.com

Orang Jawa paling tidak bisa menyakiti hati orang lain . Terkadang mereka sulit untuk berterus terang, ketika orang lain punya salah, ia berbelit-belit  dalam mengungkapkan kesalahannya. Alasannya yang jelas takut menyakiti hati orang.

Menjaga Norma Kesopanan

1 sopan
pukasemabk.blogspot.com

Orang Jawa sangat menjaga kesopanan. Mungkin kamu merasakannya sendiri saat tinggal di kota dengan mayoritas penduduknya adalah orang Jawa terasa akrab dan hangat.

Masyarakat Jawa memiliki kasta dalam bahasanya yang sampai saat ini masih dilestarikan. Dari cara mereka berbicara mereka menggunakan pilihan kosakata.

Misal jika orang yanglebih mudah berbicara dengan orang yang lebih tua menggunakan bahasa Jawa Krama Inggil.

Pun saat berbicara dengan orang yang sebaya mereka menggunkan pilihan bahasa Jawa  yang lain yakni lebih fleksibel.

“Guyub Agawe Santosa”, Suka Gotong Royong

1 gotong
pagutan-mandiri.blogspot.com

Filosofi lain yang dimilikiorang Jawa adalah Guyub Agawe Santosa yang salah satu maknaya dengan bergotong royong akan membangun peradaban yang lebih baik.

Aplikasi dari filosofi ini bisa kita lihat pada hal-hal sederhana yang mereka lakukan seperti adanya bersih desa di setiap kampung, kerja bakti, dan masih banyak kegiatan yang dilakukan bersama-sama.

“Mangan Ora Mangan Sing Penting Kumpul”

1 mangan
celaket21malang.blogspot.com

Filosofi ini initinya kumpul bersama keluarga dan sanak saudara jauh lebih berharga dan penting daripada sesuap nasi.

Budaya ini membuat masyarakat Jawa memperhatikan kepentingan bersama, mementingkan urusan keluarga daripada urusan pribadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here