Berapa kali sehali kamu menyikat gigi?

Gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting untuk kamu rawat. Keberadaannya sangat dibutuhkan bagi kehidupan sehari-hari. Tanpa gigi yang sehat, sulit bagi kita memiliki kehidupan yang nyaman dan terjamin.

Salah satu cara merawat gigi adalah menggosoknya secara teratur dan benar. Menggosok gigi dengan sikat dan pasta gigi merupakan hal yang seolah wajib kamu lakukan setiap hari. Oleh karena itu, mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan sikat dan pasta gigi perlu pula kamu ketahui.

Saat ini semakin beragam pilihan pasta gigi mulai dari merek dan kelebihannya masing-masing. Mulai dari memutihkan gigi hingga mengatasi gigi sensitif.

Beberapa fakta mengenai pasta gigi berikut ini bisa kamu jadikan panduan, pasta gigi mana yang tepat untukmu.

1Fluoride

nature.com

Apa pun keperluanmu menggunakan pasta gigi yang saat ini kamu pakai. Baik untuk memutihkan gigi, menyegarkan nafas, melindungi gigi dan keperluan lainnya. Ahli kesehatan gigi telah sepakat bahwa adanya fluoride dalam pasta gigi merupakan suatu keharusan.

Academy of General Dentistry melansir sebuah penelitian bahwa menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluoride sebanyak dua kali sehari dapat mengurangi kerusakan gigi hingga 40%. Jadi apapun pasta gigimu, pastikan terdapat kandungan fluoride di dalamnya.

2Pasta Gigi Berlisensi

modifikasi.com

Bila menggunakan pasta gigi, kamu harus memilih pasta gigi yang mempunyai lisensi dari perusahaan dan organisasi profesi dokter gigi terpercaya di Indonesia. Atau yang sering disebut dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia atau PDGI.

Karena pasta gigi berlisensi oleh PDGI sudah melalui berbagai proses penelitian untuk mengetahui kelayakan dan keamanan dari pasta gigi yang dijual di pasaran. Sehingga tidak perlu khawatir tentang keefektifan dan keamanan pasta gigi yang kamu pakai.

3Pemutih

rumahtips.com

Banyak iklan di televisi maupun media lain yang menjanjikan gigi putih bersinar. Akan tetapi hal itu tentu saja hanya sebatas iklan oleh perusahaan untuk menarik minat para konsumen untuk membeli dan menggunakan produk yang mereka tawarkan.

Sebenarnya, fungsi utama dari pasta gigi yang kita pakai hanya sebatas untuk  menghilangkan noda pada permukaan gigi saja. Bukan untuk memutihkan apalagi membuat gigi bersinar seperti pada iklan.

Tentu saja kamu harus ke dokter gigi jika kamu ingin gigi yang putih untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

4Yang Kurang Justru Yang Lebih

today.com

Jika kamu adalah tipe orang yang menyukai menggunakan pasta gigi dengan memenuhi sikat gigi kamu dari ujung ke ujung maka mulai sekarang tinggalkan kebiasaan itu.

Karena menurut E Jane Crocker, presiden Asosiasi Massachusetts Dental Hygienists, hal itu dirasa tidak efektif.

Pasalnya, tidak perlu memenuhi seluruh permukaan sikat gigi untuk menghilangkan noda, plak, dan sisa makanan pada mulut dan gigi kamu. Tapi cukup dengan menggunakan separuh saja kamu sudah bisa membersihkan mulut dan gigi kamu. Lebih hemat bukan?

5Cara Menyikat Gigi Lebih Penting

kawatgigijogja.com

Untuk hasil yang maksimal dalam membersihkan noda, plak, dan sisa makanan pada mulut dan gigi, kamu tidak perlu membeli pasta gigi dengan merek terkenal dan terbaik yang tentu saja harganya mahal.

Kamu harus memperbaiki cara menyikat gigi kamu dengan tepat agar mendapatkan hasil yang maksimal. Hal ini tentu lebih efektif dan efisien.

“Untuk melakukannya dengan benar, kamu perlu memposisikan sikat pada sudut 45 derajat sehingga kamu bisa meletakkan beberapa bulu sikat gigi di antara gigi dan gusi,” kata Clifford Whall, direktur dari American Dental Association (ADA) Seal of Acceptance Program.

Gerakkan sikat pada area tersebut, kemudian lanjutkan pada seluruh bagian gigi. Proses ini dapat menghabiskan waktu selama kurang lebih 1 menit hingga 2 menit.