Setiap orang tentunya pernah mengalami marah. Ya, marah bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja serta dimanapun berada.

Ketika marah, emosi dalam diri seakan berada pada titik puncak dan ingin diluapkan. Emosi tersebut berupa amarah, amarah merupakan suatu emosi yang dari segi fisik mengakibatkan peningkatan denyut jantung, tekanan darah dan lainnya.

Kondisi seseorang saat marah pastilah sedang tidak stabil, kadang apa yang dilakukan diluar kendalinya.

Maka saat marah sebaiknya kita tidak melakukan beberapa hal di bawah ini agar tidak berakibat fatal.

Membuat Keputusan

28 keputusan
strategidanbisnis.com

Dalam mengambil atau membuat keputusan sebaiknya harus dilakukan pada saat kepala dingin. Keputusan merupakan hal penting yang pastinya telah dipertimbangkan dan dipikirkan dengan matang-matang sebelumnya.

Hindari untuk membuat keputusan pada saat marah. Seab ketika marah, ratio pikiran seseorang kurang objektif maka akan sangat sulit untuk memutuskan baik buruknya dampak dari keputusan yang diambil.

Melakukan Suatu Hal yang Penting

28 Urgent
agus.penabulu.net

Jika kita melakukan hal penting dalam keadaan marah maka hasilnya tidak akan maksimal. Hal penting memang harus dilakukan dengan kondisi emosi yang tenang.

Sehingga ketika kita melakukan hal tersebut dapat berpikir dengan jernih dan penuh konsentrasi. Seperti yang disebutkan di atas, saat marah pikiran seseorang sulit untuk memutuskan baik buruknya sesuatu.

Akan lebih baik jika kamu tunda dulu sejenak sampai amarah yang berkecamuk dalam dirimu sudah reda dan hilang.

Mengendarai Kendaraan Sendirian

28 nyetir
omah-tips.blogspot.com

Ini dia hal yang harus kamu hindari yakni mengendarai kendaraan pada saat sedang marah. Jika mengendarai kendaraan seorang diri dalam keadaan marah maka akan berbahaya bagi diri sendiri dan orang lain.

Kita tahu bahwa ketika mengendarai kendaraan membutuhkan konsentrasi dan pikiranpun dalam keadaan tenang. Pada saat marah kondisi emosi tidak sedang baik dan pikiran tidak tenang penuh amarah.

Berkata Kasar

28 diam
abiummi.com

Saat marah lebih baik hindari untuk mengucapkan kata-kata yang penuh amarah atau lebih baik diam.

Sebab kata-kata kasar yang diucapkan pada saat marah bisa melukai perasaan orang lain. Sebelum melakukan interaksi dengan orang lain tenangkan diri dulu agar amarah tersebut reda sehingga dapat mencegah kata-kata yang tidak berkenan.

Bermain Fisik

28 anti
news.merahputih.com

Adalah hal yang membahayakan dan tidak akan logis dilakukan saat diri dalam keadaan penuh amarah, yakni melaukan hal yang berkaitan dengan fisik.

Banyak kasus kekerasan  dalam rumah tangga yang berawal dari amarah. Maka dari itu, saat marah segeralah untuk menenangkan diri dan menghindari bermain fisik.