Keberadaan flora dan fauna yang ada di dunia dengan berbagai macam spesiesnya menjadikan dunia penuh dengan keajaiban. Banyak inspirasi yang menjadi dasar pembuatan dongeng dan komik berasal dari hewan-hewan dengan bentuk spesial dan imajinatif.

Diantara mereka memang jarang ditemui dan juga banyak orang yang mengetahui keberadaannya. Seringkali ketika manusia mengetahuinya, akan dibuat takjub karena mirip dengan gambaran hewan-hewan fantasi yang mereka dengar selama ini.

Namun sayangnya, hewan-hewan ini sudah sangat sulit ditemukan, bahkan dapat dibilang langka karena sebagian besar diantaranya menjadi buruan manusia. Padahal seharusnya kita harus turut serta melestarikannya agar anak cucu kita kelak juga dapat mengetahui keberadaan mereka.

Berikut ini beberapa hewan langka paling menakjubkan di dunia yang akan membuatmu terkesima.

5Paus Unicorn

narwhal.turbosquid.com

Pasti kamu pernah mendengar cerita legenda barat yang berkaitan dengan keberadaan hewan fantasi kuda unicorn. Yaitu kuda yang dapat terbang dan memiliki satu tanduk di kepalanya.

Barangkali gambaran legenda kuda unicorn terinspirasi dari hewan mamalia laut ini. Dari puluhan jenis ikan paus di seluruh dunia, terdapat satu spesies yang sangat unik karena terdapat semacam tanduk muncul di kepalanya.

Paus langka ini memiliki nama latin Monodon Monoceros. Memiliki nama lain Paus Narwhal. Paus langka ini hidup di perairan kutub utara. Dan dapat berkembang hingga bobot sekitar 2200 hingga 2500 pon.

Tanduk yang muncul di kepalanya ini sebenarnya merupakan gigi yang hanya berjumlah satu saja dan tumbuh dari rahang atas hingga keluar dengan panjang bisa mencapai 1,8 meter. Dan hanya paus jantanlah yang memiliki tanduk ini.

4Gurita Mantel

tumblr.com

Pada umumnya gurita memiliki tentakel yang sangat panjang berjumlah 8 buah. Namun berbeda dengan gurita yang satu ini. hewan laut yang hidup di kawasan Laut Mediteranian, Laut Atlantik Utara dan Selatan ini justru memiliki mantel atau selaput yang begitu menawan.

Memiliki nama latin Tremoctopus Violaceus atau nama lain Violet Blanket Octopus.  Warna mantelnya ungu kehijauan dan tampak mempesona ketika sedang berenang. Uniknya lagi, gurita mantel betina dapat tumbuh hingga sepanjang 2 meter. Sedangkan jantan hanya berukuran 2,4 sentimeter. Timpang jauh bukan?

3Addax, Kijang Bertanduk Sekrup

sss-ranch.com

Tentu kamu tahu kijang bukan. Hewan pemakan tumbuh-tumbuhan ini dikenal memiliki tanduk yang panjang dan indah hingga diburu oleh manusia di habitat mereka masing-masing. Salah satu jenis kijang yang sampai sekarang diburu dan sudah dinyatakan punah di beberapa wilayah adalah Addax.

Kijang jenis ini hanya dapat ditemukan di wilayah Gurun Sahara dan baru ditemukan pada tahun 1816 Masehi. Yang unik dari Addax dibandingkan jenis kijang yang lain, Addax memiliki gigi berbentuk persegi seperti gigi sapi dan memiliki tanduk yang panjang dan meliuk-liuk seperti sekrup.

2Blobfish, Ikan Genduk Berwajah Muram

blobfishcafe.com

Coba lihat mukanya. Aneh bukan?

Ikan ini memiliki nama latin Psychrolute Marcidus atau lebih dikenal dengan Blobfish. Ikan ini ditemukan di perairan dalam sekitar wilayah Australia dan Pulau Tasmania pada kedalaman 800 meter hingga 9600 meter di bawah permukaan laut.

Ikan yang memiliki wajah seperti manusia yang sedang muram ini terbentuk dari sesuatu yang mirip gelatin atau agar-agar. Para ahli menyatakan bahwa hal ini disebabkan habitatnya yang berada pada kedalaman laut yang memiliki tekanan sangat tinggi.

Agar ikan ini tetap dapat mengapung tanpa banyak mengeluarkan energi, bentuk dan komponen tubuhnya pun menjadi seperti itu.

1Hiu Berjumbai, Fosil yang Masih Hidup

searchabout.net

Bila dilihat secara seksama, bentuk ikan ini seperti perpaduan antara hiu dan belut laut, namun dengan bentuk yang lebih besar. Hiu Berjumbai atau Frilled Shark memiliki nama latin Chlamydoselachus Anguineus.

Kepala hiu ini berbentuk segitiga dengan tubuh panjang berwarna abu-abu. Terdapat enam pasang insang yang berumbai-rumbai berada di sisi kanan dan kiri kepalanya. Sebagian ahli pra-sejarah pernah menemukan fosil hewan ini memiliki usia yang sama dengan usia fosil dinosaurus.

Karenanya dipercaya Hiu Berjumbai termasuk salah satu hewan pra-sejarah yang masih hidup hingga sekarang. Walau keberadaannya kini juga sudah diambang kepunahan.