Film yang belum lama beredar ini cukup membuat heboh karena film ini bersarat hikmah dan inspirasi. Diceritakan dalam film tersebut  seorang Hanum Salsabila Rais dan Rangga Almahendra dengan judul yang sama 99 Cahaya di Langit Eropa.

Film ini mengajarkan bagaimana kehidupan seorang muslim ketika berada di ruang lingkup yang mayoritasnya bukan kebanyakan orang Islamnya. Mereka yang merupakan kaum minoritas mampu bertahan dengan kesabaran dan sikap sejati seorang muslim.

Yuuk disimak beberapa hal hikmah yang dapat jadi pelajaran bagi kita di film ini.

1Percaya dengan ALLAH Atas Segala Masalah yang di Hadapi

raditherapy.com

Pelajaran yang pertama yang dapat diambil dari film tersebut adalah harus punya keyakinan kuat bahwa kita harus percaya bahwa masalah itu akan dapat kita selesaikan dengan baik apabila kita memohon kepada Allah untuk diberikan jalan keluarnya.

Karena ALLAH itu maha Penolong hambaNYA, bahkan pertolongan ALLAH itu lebih dekat dengan urat nadi kita sendiri, jadi ketika banyak masalah melanda yakinlah dengan ALLAH, selesaikan dengan cara yang baik.

2Istiqomah Atas Apa yang Kita Yakini

moviegasm.wordpress.com

Hikmah yang kedua yang dapat kita ambil adalah istiqomah dalam keyakinan kita, keyakinan yang sudah kita yakini dengan sebenar-benarnya. Dimanapun kita berada ALLAH akan selalu ada  dan itu harus dengan keistiqomahan keyakinan kita.

Karena hidup itu adalah sebuahpilihan tentu kita tidak boleh memaksakan kehendak pada orang lain. Kita yakin tapi tidak boleh memaksakan keyakinan kita pada orang lain.

ALLAH menciptkan surga dan neraka, tentu ada jalan yang lurus dan jalan yang salah, tinggal kita mau memilih yang mana.

Mungkin kita bisa juga merenung sejenak dari surah Ali-Imran ayat 110 ini dengan bunyinya.

Wahai kaum mukmin, kalian benar-benar umat terbaik, yang ditampilkan ke tengah manusia lainnya, supaya kalian menyuruh manusia berbuat baik, mencegah perbuatan mungkar dan beriman kepada Allah.

 Sekiranya kaum Yahudi dan Nasrani mau beriman kepada Al-Qur’an dan kenabian Muhammad, maka hal itu lebih menguntungkan mereka.

Di antara kaum Yahudi dan Nasrani ada yang mau beriman. Akan tetapi sebagian besar dan mereka adalah penentang kebenaran Al-Qur’an dan kenabian Muhammad (QS.  Ali Imran: 110).

3Menyadarkan Kaum Muslimah Untuk Bisa Berhijab

ayuintanpermata.blogspot.com

Dicontohkan dalam film ini adalah ketika gadis kecil cantik asal Turki yang bernama Aisye yang telah mengenakan hijabnya maka ketika disuruh melepas hijab oleh gurunya.

Karena ia tidak tega melihat gadis ini sering dihina oleh teman sekelasnya namun Aisyse bersikeras untuk tidak melepaskan hijabnya.

Karena hijab memang merupakan ciri khas dari seorang muslim dan sekaligus perintah Allah. Sebagaimana perintah itu terdapat dalam al-Quran surah Al-Ahzab: 59.

”Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, ”Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.”

Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak di ganggu.” (QS. Al-Ahzab: 59)

4Kejelekan Dibalas dengan Kelembutan

jumpstudio7.blogspot.com

Seperti pada adegan film ini, tokoh  Fatma Pasha dengan dua orang asing yang berada di kafe Roti, awalnya dua orang asing tersebut menghina namun dengan perlakuan Fatma Pasha yang baik maka mereka pun menjadi menghormati.

Inilah yang benar-benar harus kita contoh dari seorang tokok Fatma, kelembutan dan kebaikan adalah segala kunci menaklukkan kejelekan, tidak ada ceritanya keburukan yang dibalas dengan keburukan akan menjadi baik.

Hal ini juga sudah dicontohkan oleh Rasulullah sendiri, ketika beliau diludahi seseorang tapi justru beliau lah yang pertama menjenguk ketika orang yang meludahi itu sakit.

Sebagaimana yang dalam ayat alquran dan hadis dibawah ini

Sungguh Allah pasti menolong siapa saja yang membela agama-Nya. Sungguh Allah Mahakuat lagi Maha perkasa menghancurkan kezhaliman…...” (QS. Al-Hajj: 40-41).

“Tidaklah kelembutan ada pada sesuatu kecuali dia akan menghiasinya. Tidaklah kelembutan dicabut dari sesuatu kecuali akan memperburuknya” (HR.Muslim)

5Dibalik Patung Ada Pesan Tersembunyi

merdeka.com

Kalau kamu tahu ternyata di film ini ada pesan sesuatu yang tersembunyi, lihatlah dibalik hijabnya Bunda Maria itu ada bertuliskan kalimat tauhid La ilaha illallah. Kemudian patung Napoleon itu ternyata berkiblat ke arah Ka’bah.

Nah itulah 5 pesan yang dapat diambil dari film 99 cahaya langit di eropa, semoga kita dapat mengambil pelajaran dari film yang inspiratif tersebut