Kalau berbicara tentang menikah memang luas, prosesnya bisa dibuat mudah tapi tidak dengan menjalani kesehariannya.

Karena setelah menikah memang dituntut untuk bisa ilmu tentang pernikahan agar pernikahan awet, aman dan bahagia, secara memang pernikahan akan banyak perbedaan dalam kehidupan.

Untuk itu kamu yang ingin menikah haruslah mempunyai bekal ilmu, tak cukup bekal harta dan bekal umur saja tapi banyak ilmu yang harus kamu bisa untuk menjalani rumah tangga kamu kelak.

Kamu yang ingin menikah, 5 ilmu ini harus kamu persiapkan dari sedini mungkin sebelum kamu berniat ingin menikah.

1Siap Ilmu Komunikasi Suami Istri

ummi-online.com

Harus kamu tahu bahwa pria dan wanita mempunyai perbedaan dalam pemikiran, perbedaan tingkah laku dan semuanya pokoknya berbeda. Tentu agar semua itu lancar kamu harus belajar berkomunikasi yang baik dengan istri kamu.

Wanita pada umumnya lebih dominan menggunakan perasaan dan laki-laki lebih cenderung ke logika, kedua ini harus dikomunikasikan dengan baik dengan pasangan.

Komunikasi ini tidak hanya berguna untuk kehidupan keseharian tapi juga berpengaruh pada kebahagiaan kamu dengan pasangan, so belajarlah untuk memahami wanita.

2Siapkan Ilmu Tentang Parenting

health.detik.com

Rumah tangga memang tidak bisa dipisahkan dari namanya anak, so mempunyai ilmu parenting itu sangat penting demi masa depan anak.

Pelajarilah ilmu ini, banyak baca buku, banyak konsultasi, belajar dari pengalaman orang lain. Lebih baiknya lagi kamu banyak belajar parenting yang islami.

Ilmu tidak hanya berguna buat kebahagiaan anak saja, tapi juga masa depan anak kita dan harus dimulai sedini mungkin, bahkan sejak dalam kandungan.

3Ilmu Tentang Pengaturan Finansial

smartmomways.com

Berumah tangga harus bisa mengatur finansial dengan baik, mulai dari mengatur pengeluaran, bagaimana cara menambah pendapatan, menabung dan lain sebagainya.

Karena pasti rumah tangga itu butuh namanya uang, gak mungkin tidak, apalgi kalau sudah punya anak, wah kudu bisa bener-bener mengatur dengan baik.

Masa depan anak mungkin juga tergantung pengaturan finansial, kasihan kan kalau kamu terlalu boros uang buat jalan-jalan sementara kebutuhan anak untuk sekolah malah kekurangan.

4Siapkan Ilmu Kesehatan Ringan

obatanakbumil.com

Ilmu kesehatan juga penting dipelajari guys mulai dari cara menjaga kesehatan keluarga, tindakan pertolongan pertama jika ada anggota keluarga yang sakit, bahkan juga ilmu mengenai makanan sehat.

Dengan menguasai ilmu tentang kesehatan keluarga, kamu gak akan jadi orang gampang panik, gak paranoid dan mampu mengatasi penyakit-penyakit ringan tanpa harus ke dokter.

Yang paling penting adalah makanan sehat, kasihan kan kalau keluarga sakit-sakitan karena kekurangan gizi.

5Siapkan Ilmu Tentang Seksualitas

ummi-online.com

Pasti dunk, namanya menikah dengan pasangan, salah satu kebahagiaan itu dari pola seksualitas.

Ilmu ini juga harus kamu siapkan, jangan maen seruduk saja, ada kok ilmu beginian yang islami, yang baik dan tentunya aman bagi kamu dengan pasangan kamu.

Ada juga bagaimana berhubungan agar cepat punya anak, berhubungan saat istri haid dan sebagainya. Yang jelas jangan main insting saja, kamu harus belajar dan membaca pastinya.

Itulah 5 ilmu yan harus kamu siapkan untuk pernikahan kamu kelak, tidak menuntut harus sempurna, paling tidak kamu tahu cara yang baik untuk pernikahan kamu. Semoga bermanfaat ya