Ilmuwan jelas memiliki jasa yang besar bagi dunia. Berkat para ilmuwan kita bisa menikmati berbagai kemudahan hari ini.

Kita beraktivitas di malam hari yang sejatinya gelap berkat lampu yang ditemukan Thomas Alva Edison. Kita juga bisa melakukan panggilan telepon kepada siapapun berkat teknologi yang ditemukan oleh Alexander Graham Bell.

Kita pun kenal Albert Einsteins, Jawes Watt, dan penemu terkenal lainnya yang istilahnya sudah mengubah dunia.

Namun ilmuwan terus lahir dan muncul. Mereka juga banyak melahirkan penemuan yang tidak kalah spektakuler dan berguna bagi manusia.

Nah berikut ini ada beberapa nama ilmuwan yang nampaknya asing dan tidak terkenal. Namun jangan salah, karya dan penemuan mereka ternyata terus dipakai oleh banyak orang hingga kini.

Bahkan beberapa penemuan mereka bisa menyelamatkan jutaan umat manusia dan dipakai dari awal penemuan hingga kini. Simak ya ulasannya

1Joseph Lister (1827-1912)

www.biography.com

Pernah dengar nama Josep Lister? nampaknya kamu juga baru pertama kali membaca ada manusia di muka bumi yang bernama itu.

Lister adalah seorang dokter bedah. Saat bekerja di Glasgow Royal Infirmary, Lister bingung karena banyaknya korban yang diamputasi meninggal karena luka infeksi yang dideritanya.

Ia menghitung hampir 50 persen pasien yang diamputasi meninggal bukan karena amputasi melainkan karena infeksi akibat proses amputasi tersebut.

Lister pun mempelajari beberapa karya Louis Pasteur, dan membaca koran tentang penggunaan asam karbol dalam proses pengolahan limbah.

Lister pun memutuskan mencoba memakai asam karbol dalam membedah agar pasien tidak terkena infeksi. Dan hasilnya pun positif.

Sejak itu ia meminta dokter bedah untuk mencuci tangan dengan asam karbol sebelum dan sesudah melakukan operasi bedah. Termasuk mencuci semua peralatan bedah dengan larutan asam karbol.

Tindakan dan penemuan Lister ini adalah sebuah revolusi dalam dunia pengobatan. Asam karbol adalah bahan utama pembentuk antiseptik yang kita kenal hari ini.

Lister pun dinobatkan sebagai bapak antiseptik berkat penemuannya. Antiseptik terbukti telah menyelamatkan jutaan nyawa manusia hingga kini.

2John Bardeen (1908-1991)

elsecretocanario.com

John Bardeen adalah seorang fisikawan. Ia adalah ahli listrik yang berasal dari Amerika Serikat. Bardeen pernah memenangkan nobel dua kali.

Ia bersamatemannya pada tahun 1956 mengembangkan sebuah transistor listrik. Lalu pada tahun 1972 dia mengembangkan teori superkonduktivitas.

Nah berkat penemuannya, teorinya bisa dipakai dalam penggunaan CAT dan MRI scan yang sangat vital di dunia kedokteran saat ini.

Meski digunakan sebagai proses memeriksa kanker dan pengobatannya, orang-orang bisa jadi tidak paham jika Bardeen adalah sosok yang sangat penting di baliknya.

3Karl Landsteiner (1868-1943)

fineartamerica.com

Pernah menerima broadcast soal dibutuhkan golongan darah? atau pernah dapat pelajaran di sekolah kalau golongan darah ini hanya bisa ditransfusi golongan darah ini?

Nah kalau pernah, dasar yang menemukan teori itu adalah seorang dokter Austria bernama Karl Landsteiner. Dia adalah aktor utama dalam identifikasi golongan darah.

Landsteiner menunjukkan bahayanya jika sebuah darah ditransfusi dengan darah yang tidak cocok. Golongan darah juga bisa dijadikan dasar untuk membuktikan keturunan. Nah teori itu ditemukan oleh si Landsteiner ini.

Coba bayangkan kalau ilmu tersebut tidak ditemukan hingga kini? pasti proses transfusi darah yang menjadi bagianvital dalam dunia kedokteran saat ini bisa berantakan.

4Fritz Haber (1868-1934)

gohighbrow.com

Fritz Haber adalah dua mata uang dalam satu sisi. Ya namanya teknologi ya, kalau jatuh di tangan salah bisa berakibat buruk.

Seperti yang ditemukan oleh Haber. Haber menemukan gas sianida dan beberapa gas seperti klorin. Nah, penemuannya ini digunakan oleh Jerman dengan Nazinya untuk menggunakan gas tersebut sebagai senjata kimia.

Maka tak heran jika Haber dilabeli sebagai bapak dari perang kimia. Namun di balik penemuannya itu, Haber juga menemukan hal yang sangat vital bagi umat manusia.

Ia menemukan sintetis amonia. Amonia adalah komponen penting dalam industri pupuk. Pupuk dengan amonia adalah bahan penting dalam bidang pertanian dunia.

Penemuannya menjadi revolusi dalam bidang pupuk. Berkat penemuannya, ia bisa melestarikan pertanian untuk mencukupi makanan bagi seluruh manusia di dunia.

5Leo Szilard (1898-1964)

priceonomics.com

Namanya saja susah untuk dieja ya. Namun siapa sangka ia adalah salah satu otak di balik industri nuklir yang dikembangkan Amerika Serikat.

Masih ingat tragedi Hirosima dan Nagasaki? meski tak terlibat langsung, Leo Szilard adalah orang yang mengusulkan Proyek Manhattan.

Ia menulis surat kepada Presiden AS waktu itu, Roosevelt untuk mengembangkan senjata nuklir. Ia beralasan jika Jerman, musuh utama AS waktu itu sedang mengembangkan senjata yang sama.Gagasannya jelas merubah posisi dunia secara strategis.

SHARE