Soto adalah makanan khas Indonesia yang sudah terkenal sejak zamannya. Entah zaman siapa. Xixixi. Bukan Indonesia namanya kalau tidak memiliki ragam cita rasa. Bahkan makanan yang bernama soto pun memiliki ragam jenis, tergantung daerah asalnya.

Mulai dari Sabang sampai Merauke, kamu akan menemukan banyak jenis soto yang tentu dengan ragam rasa dan pesona. Wah, penasaran kan?

Walaupun penyebutan beberapa soto biasanya menyebutkan asal daerah, tapi bahan, isi bahkan rasa masing-masing daerah bisa berbeda sampai 360 derajat. Bahkan ada istilah, walaupun beda-beda, tetapi tetap soto jua. Hehe.

1Soto Medan

resepmasakan.biz

Soto ini cukup kental karena dimasak dengan kuah santan yang sekali perasan. Disajikan dengan perkedel kentang dan kaya akan rempah-rempah.

Ada bumbu jintan untuk penyedap selera dan dilengkapi dengan emping, kentang, telur, tomat, dan bawang merah untuk penyajiannya.

Biasanya ada dua pilihan antara soto daging atau soto ayam. Beberapa ada pula yang menambahkan tauge dan bihun sebagai pelengkap.

Selera orang Medan yang suka dengan makanan berlemak membuat menu ini menjadi satu menu andalan di rumah-rumah makan di kota Medan.

2Soto Betawi

www.satujam.com

Nah! Yang satu ini memang ngga bisa ditolak guys. Soto yang populer di daerah ibu kota Jakarta ini semakin gurih dengan penggunaan jeroan sebagai salah satu bahan utama. Tidak jarang, organ-organ lainnya seperti hati dan mata juga dijadikan isi dari soto tersebut.

Cita rasa soto nusantara yang satu ini pun bertambah dengan adanya taburan keripik emping dan acar timun sebagai pelengkap. Walau dara campuran susu dan santan, tapi aroma pala, cengkeh dan kapulaga cukup semerbak di sajian soto ini.

3Soto Mie Bogor

oncelifetime.blogspot.com

Walau berada di kota tetangga Jakarta, namun soto yang satu ini punya cita rasa beda dari Soto Betawi. Soto yang berasal dari daerah Jawa Barat ini adalah Soto Mie Bogor.

Sesuai dengan namanya, Soto Mie Bogor menggunakan mie sebagai salah satu bahan utama. Sehingga, sepintas hidangan khas Bogor ini tidak terlihat seperti soto melainkan seperti mie rebus.

4Soto Lamongan

masakanlezat.com

Soto khas Jawa Timur ini merupakan jenis soto yang cukup ringan karena kuahnya yang bening dan tidak menggunakan susu maupun santan. Soto Lamongan ini adalah satu-satunya soto yang menggunakan bumbu koya.

Bumbu koya adalah bubuk gurih yang terbuat dari udang dan bawang. Selain penggunaan koya, ciri khasan Soto Lamongan terletak pada penggunaan ayam kampung karena ayam jenis ini membuat kaldu soto menjadi lebih gurih dan tidak berbau.

5Soto Madura

www.klikhotel.com

Eits, ada sate Madura ada juga lho soto Madura.

Soto Madura merupakan salah satu jenis soto yang memiliki isi paling banyak. Soto Madura berisikan berbagai jeroan sapi seperti babat, paru-paru dan usus sehingga menghasilkan rasa gurih yang khas.

Selain jeroan, soto Madura juga dilengkapi dengan berbagai bahan lainnya seperti bihun, kol, telur rebus, ayam dan tauge. Cukup mengenyangkan, bukan?

Wah! Musim hujan begini memang sangat cocok menyantap soto guys.

SHARE