Siapa yang tidak mengenal sosok Bacharuddin Jusuf Habibie atau sering disebut dengan B.J. Habibie?

Nama beliau begitu berkibar di tanah air hingga hari ini. Bukan saja karena beliau merupakan Presiden Republik Indonesia ketiga. Beliau juga banyak memberikan sumbangsih kepada bangsa dan negara dengan prestasi-prestasi beliau di bidang teknologi pesawat terbang.

Terobosannya dalam menciptakan desain lengkap sebuah pesawat N-250 Gatotkaca yang kemudian dibuatnya melalui Industri Pesawat Terbang Nusantara kala itu menjadi bukti transformasi negara Indonesia sebagai negara berkembang yang siap melaju.

Saat ini, beliau tengah menyiapkan kelanjutan dari teknologi pesawat N-250 Gatotkaca. Yaitu pesawat R-80 yang rencananya akan mulai mengudara di tahun 2017/2018.

Beliau mencontohkan kepada kita bahwa perjuangan untuk bangsa harus terus dilakukan walaupun usia sudah tidak muda lagi.

Pada kesempatan kali ini, kamu bisa mengambil contoh dan inspirasi lain dari beliau. Khususnya berkaitan dengan sosok beliau yang senantiasa memposisikan wanita dengan sangat baik. Sehingga beliau menjadi idaman wanita sepanjang zaman.

1Menghormati Sosok Ibunda

tasdiqulquran.or.id

R.A. Tuti Marini Puspowardojo, sosok wanita yang telah mengandung  dan melahirkan serta mendidik Habibie hingga menjadi seorang tokoh inspiratif negeri ini. beliau membentuk Habibie dengan karakter disiplin, tidak menyerah pada keadaan dan nilai kebaikan lainnya.

Habibie pernah menggambarkan nilai-nilai yang ditanamkan ibunya pada dirinya seperti dikutip dalam buku “Pesawat Habibie”, beliau mengatakan,

“Dalam pikiran saya telah terakumulasi, membentuk tekad bahwa saya harus menjadi anak yang tahu diuntung. Membalas semua pengorbanan orang tua, keluarga dan saudara-saudara, untuk menjadi anak yang kelak kembali ke tanah air.

Harus menjadi anak yang berhasil dan bisa mengabdikan ilmu yang saya peroleh untuk membangun bangsa. Anak yang menjadi kebanggaan dan menjunjung orang tua saya.”

Demikianlah nilai-nilai dari ibunya yang begitu beliau jaga hingga saat ini. artinya, beliau juga sangat menghormati ibunya. Maka tidak perlu diragukan lagi bagaimana ia bersikap kepada pasangannya. Tentu tidak jauh berbeda seperti beliau menghormati sang ibu.

2Optimisme yang Luar Biasa

arimbibimoseno.com

Di dalam buku Habibie yang lain berjudul Pesawat Habibie, beliau mengatakan,

“Tidak ada bedanya saya dengan Anda, Anda dengan saya. Don’t worry. Saya yakin Anda bisa. Belajar dari kesalahan sendiri dan kesalahan orang lain, berdasarkan keyakinan dan demi kepedulian. Tugas saya sebagai orang tua memberikan motivasi semangat pada Anda.”

Semangat dan energi beliau memang lebih dari rata-rata orang. Di usia senja beliau sekarang ini, masih saja menghidupkan api semangat yang beliau tularkan kepada orang di sekitarnya. Dan sebagian besar diantaranya lebih muda daripada beliau.

3Berprinsip Kuat

beritabaik.web.id

Habibie terkenal dengan karakter beliau yang sangat berpegang teguh pada prinsip. Sebagaimana rasa cinta beliau kepada tanah air Indonesia membuatnya begitu mudah menolak berbagai tawaran menarik yang datang kepada beliau.

Seperti penawaran dari perusahaan Boeing dan Presiden Filipina. Beliau hanya mau meninggalkan Jerman, jika ada yang memintanya mengabdi kepada bangsa Indonesia.

Hal ini menggambarkan jika dalam diri manusia sudah memiliki karakter sangat teguh memegang prinsip, maka apapun yang menggoyahkan dari luar tak akan berpengaruh padanya.

4Mengalah untuk Menang

awalkinmyshoe.blogspot.com

Habibie adalah sosok yang ambisius. Namun dibalik keambisiusan beliau, masih bisa mengemasnya begitu apik sehingga tidak melukai banyak orang. Contohnya seperti yang beliau lakukan ketika pemerintah harus menutup IPTN dengan alasan krisis moneter 1998.

Namun, beliau kini telah memiliki perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang manufaktur pembuatan pesawat terbang milik beliau dan keluarganya.

Hal ini juga beliau terapkan dalam hubungan dengan Ainun, istri beliau. Tidak saling melempar ego dan mengalah menjadi kunci keberlangsungan hubungan mereka hingga ujung usia .Dan maut lah yang akhirnya memisahkan mereka.

5Mencintai Tanpa Akhir

sambelalab.wordpress.com

Ainun adalah istri Habibie yang selalu dicintainya sepanjang hidup beliau. Bagi Habibie, Ainun telah menyatu dengan jiwanya. Mereka pernah mengatakan dalam suatu kesempatan, tentang kunci sukses hubungan jangka panjang.

Dua orang yang selalu berada dalam satu gelombang yang sama, dan berada dalam satu frekuensi adalah kuncinya. Di saat Habibie berada dalam keadaan suka maupun duka, Ainun selalu menyemangati dan memberikan kekuatan.

Bagi Habibie, Ainun merupakan oase yang selalu memberikan kesejukan dan kehangatan di hatinya. Begitu juga sebaliknya. Bahkan hingga akhir masa kehidupan istrinya, Habibie masih merasakan getaran cinta saat mereka dulu bertemu.