Kalau kamu berada di luar negeri, maka kamu jangan pernah sekali-kali minder karena kamu adalah orang Indonesia. Kenapa begitu? Ini dikarenakan banyak orang dari negeri kita ini yang punya prestasi di kancah internasional.

Karya seperti apa? Tentunya karya-karya yang membanggakan Indonesia di mata dunia. Contohnya saja karya-karya dari para alumni ITB ini. Bukan hanya dalam bentuk prestasi semata, namun karya anak bangsa ini bermanfaat lho untuk masyarakat dunia.

sufihamdan.wordpress.com
sufihamdan.wordpress.com

ITB memang kampus keren ya. Kampus yang bisa menelurkan banyak ilmuan dan banyak penemuan-penemuan yang pada akhirnya bisa diaplikasikan untuk kepentingan kita semua.

Kamu penasaran kan karya apa saja yang membuat Indonesia dikenal oleh dunia? Oleh karena itu, langsung kita lihat saja yuk, siapa anak bangsa itu, dan karya apa yang telah mereka sumbangkan untuk dunia ini.

1Konstruksi Cakar Ayam

untukindonesia90.blogspot.com

Teknologi ini jika kita lihat sekilas tampak sangat sederhana sekali. Namun bentuk konstruksi cakar ayam ini sangat membantu sekali dalam proses pembangunan gedung di daerah rawa.

Siapa yang menemukan konstruksi ini? Penemunya adalah salah satu alumni ITB yang lulus pada tahun 1934. Ia adalah Prof. DR. Ir. Sedijatmo. Teknik ini tidak hanya digunakan di Indonesia saja lho, tapi banyak arsitek dunia yang menggunakannya juga.

2Fourth Generation Technology (4G)

financialtribune.com

Apakah kamu tahu teknologi 4G? Teknologi ini merupakan salah satu teknologi generasi keempat di bidang telekomunikasi. Dengan teknologi ini, sekarang kita bisa menikmati akses internet dengan cepat.

Sebel kan kalau kita sedang browsing internetnya lelet. Jadi berterima kasihlah pada penemu teknologi ini. Siapa dia? Dia adalah DR. Eng Khoirul Anwar yang merupakan alumni ITB tahun 2002.

Pada awal menemukan gagasan ini, tidak ada seorangpun yang percaya kalau teknologi ini bisa diaplikasikan. Bahkan ia dianggap gila oleh orang-orang di sekitarnya. Namun, ternyata teknologi ini berhasil diterapkan.

3Pesawat N250

flickr.com

Kalau pesawat yang satu ini pastinya kamu tau kan? Pesawat yang diciptakan oleh orang paling cerdas di Indonesia. Siapa lagi kalau bukan Prof. Dr. Eng Bacharuddin Jusuf Habibie.

Di jamannya, kehadiran pesawat ini sempat menggentarkan dunia internasional. Walaupun karena satu dan lain hal, proyek pesawat N250 ini harus dihentikan.

Namun, dengan karya yang sudah ada, ini menjadi pembuktian. Bahwa negara kita tidak boleh dipandang sebelah mata. Baik itu oleh orang di luar negeri sana ataupun dengan masyarakat Indonesianya sendiri.

4Persamaan Helmholtz

ummkaramy.tumblr.com

Karya selanjutnya dipersembahkan oleh Yogi Ahmad Erlangga. Beliau adalah alumni ITB tahun 1993. Saat beliau melanjutkan kuliah S3-nya di Delft, Belanda, beliau melakukan riset tentang persamaan Helmholtz untuk Desertasinya.

Ia melakukan riset dari tahun 2002 dan menyelesaikannya tahun 2005. Dari hasil penemuannya ini, maka banyak perusahaan minyak bersukacita. Kenapa? Karena persamaan Helmholtz ini bisa mempercepat proses pencarian sumber minyal.

Selain itu, persamaan ini pun dapat digunakan pada dunia radar, penerbangan ataupun pada teknologi kapal selam. Wow, keren ya! Manfaat hasil risetnya dipakai dunia lho!

5Ratag-Ziljstra-Pottasch-Menzies dan Ratag- Pottasch Cluster

forgic.com

Kamu tau nggak, kalau ternyata ada 2 nama Planetary Nebula Cluster yang berasal dari nama orang Indonesia. Siapakah dia? Dia adalah salah satu alumni ITB tahun 1985, ia bernama Prof.Dr.Mezak Arnold Ratag.

Beliau merupakan ahli astronomi yang menemukannya. Keahlian dan keilmuannya ini sudah diakui oleh dunia internasional.

Bagaimana, keren-keren kan karya anak bangsa ini. Dan semoga kita pun bisa menelurkan karya-karya yang luar biasa juga.