Di Indonesia terdapat Pulau Komodo dan Candi Borobudur yang diakui sebagai salah satu darikeajaiban dunia. Namun pada dasarnya konsep 7 keajaiban dunia ini dapat berubah-ubah. Dan sebutan ini juga sudah lama dimunculkan. Bahkan pada masa sebelum masehi.

Sejarah konsep ini bermula saat seorang sejawaran Yunani kuno bernama Herodotus menyatakan bahwa dunia memiliki 7 keajaiban yang harus diketahui oleh keturunannya di masa mendatang. Konsep ini ditetapkannya pada Abad ke-5 Sebelum Masehi.

Bahkan seorang sastrawan Yunani bernama Antipater Sidon yang hidup di Abad ke-2 Sebelum Masehi membuat puisi tentang 7 keajaiban dunia hingga terkenal sampai saat ini.

Bagi kamu yang belum tahu 7 keajaiban dunia kuno tersebut, kami ulas 5 diantaranya sebagai berikut.

1Piramida di Mesir

harisparadise.wordpress.com

Satu-satunya dari 7 keajaiban kuno yang masih bertahan hingga sekarang. Dibangun pada masa 2500 Sebelum Masehi. Bangunan berbentuk piramida ini diperuntukkan bagi para penguasa Mesir yang bergelar Pharaoh atau Firaun.

Di dalamnya terdapat jasad para Firaun beserta banyak sekali peninggalan harta benda yang dikubur secara bersamaan. Pembangunan satu piramida saja membutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun.

Beredar kepercayaan di masyarakat Mesir, bahwa kuburan raksasa ini menyimpan banyak kutukan bagi siapa saja yang berani membongkar, memasuki serta mencuri harta benda yang ada di dalamnya.

2Taman Gantung di Babilonia

senirupasmasa.wordpress.com

Berada di wilayah Irak. Bangunan ini berbentuk seperti piramida Mesir. Namun memiliki perbedaan pada susunan bidang miringnya serupa tangga yang bertingkat-tingkat.

Pada bangunan tersebut dulunya  terdapat banyak tanaman. Hingga saat dilihat dari kejauhan seperti taman yang menggantung.

3Patung Zeus di Olympia

grekonline.ru

Patung berukuran setinggi 12 meter ini dibuat oleh seorang pematung ternama di jamannya bernama Phidias. Dibangun pada tahun 432 Sebelum Masehi, patung ini diperuntukkan sebagai simbol pemujaan kepada Dewa Zeus di Olympia, Yunani saat ini.

Patung yang menggambarkan Zeus sedang duduk di singgasananya itu kini telah hancur. Namun belum ada yang dapat menjelaskan sebab mengapa patung ini hancur.

4Kuil Artemis di Eufesus

radicallychristian.com

Eufesus adalah sebuah kota yang saat ini berada di wilayah Turki. Kini namanya sudah bukan Eufesus lagi. Namun terdapat sisa-sisa peninggalan peradaban masa lalu yang masih ada hingga sekarang.

Salah satu sisa peninggalan peradaban kuno di Eufesus yang diakui sebagai 7 keajaiban dunia adalah kuil Artemis. Kuil ini dibangun sebagai tempat memuja Dewi Artemis.

Dewi bangsa Yunani yang diakui sebagai dewi perburuan, penguasa alam, pelindung binatang liar. Adik dari Dewa Apollo.

Kuil Artemis merupakan prestasi paling megah dari peradaban Yunani dan budaya Helenistik. Berdiri dengan 127 kolom marmer dengan ketinggian masing-masing 20 meter. Kini bangunan ini hanya tersisa struktur pondasinya akibat kehancuran oleh beberapa kejadian.

5Patung Raksasa Rhodes

michelabidin81.blogspot.com

Patung berbahan dasar perunggu ini pernah berdiri setinggi  32 meter. Pondasi untuknya berdiri dari alas batu marmer. Pembangunan patung raksasa ini termotivasi oleh rasa hormat warganya kepada Dewa Matahari, Helios.

Mereka menduga Helios telah membantu Rhodes menangkal serangan Demetrius dari Macedonia. Insinyur yang merancang dan memimpin pembangunan patung ini bernama Chares yang berasal dari wilayah Lindos.

Butuh waktu sekitar 10 tahun hingga patung penghormatan ini berdiri. Sayangnya, 56 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 227 Sebelum Masehi terjadi gempa dahsyat di wilayah ini sehingga patung ini tumbang. Saat ini sisa peninggalannya masih dapat dilihat di Suriah.