Memasuki akan datangnya bulan Ramadhan membuat umat Muslim merasakan suka cita. Sebab bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang dianti-natinakan umat Islam di seluruh penjuru dunia.

Pada bulan tersebut pahala dilipatgandakan, berkah seakan berkucur dari langit Allah, dan merupakan bulan penuh ampunan.

Maka dari itu banyak umat Muslim yang berlomba-lomba untuk mendapatkan kemuliaan di bulan Ramadhan.

Mereka meningkatkan ibadahnya dengan maksimal dan memperbanyak memohon ampuanan kepada Allah SWT.

Akan tetapi meskipun demikian, terdapat beberapa kerugian yang dialami oleh umat Muslim di bulan Ramadhan dan mungkin saja kerugian tersebut juga kita alami.

Apa sajakah kerugian tersebut?

1Tidak Berpuasa

www.juntechno.ga

Dalam surat Al-Baqarah ayat 183, Allah memerintahkan untuk melaksanakan puasa di bulan Ramadhan bagia setiap orang yang mengaku beriman.

Namun kenyataannya, mungkin masih banyak diantara kita yang mengaku beriman, sehat dan tidak ada halangan tidak menjalankan puasa.

Selain itu, mungkin ada juga yang berpuasa tapi tidak melakukan amal ibadah lainnya dengan maksimal.

Padahal pada bulan ini berkah dan rahmat Allah sangat luar biasa. Amat sayang jika hanya sekedar puasa saja.

Jika kita melakukan ibadah sunah di bulan ini maka akan dihitung seperti ibadah wajib dan ibadah wajib pahalanya dilipatgandakan sampai tak terhingga.

2Puasa Hanya Mendapatkan Lapar dan Dahaga

keretaperang.files.wordpress.com

“Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tida mendapatkan dari puasanya tersebut, kecuali lapar dan dahaga.” (HR. Ath Thobrani)

Mungkin banyak diantara kita yang berpuasa tapi tidak mendapatkan apa-apa, hanya mendapatkan lapar dan haus.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan hilangnya pahala puasa antara lain, berdusta, fitnah, ghibah, dan lain-lain.

3Tidak Mengikuti Tarawih Hingga Selesai

www.ngaji.web.id

Rasulullah SAW menjanjikan satu keutamaan bagi orang yang mengikuti tarawih sampai selesai,

“Orang yang shalat tarawihnya mengikuti imam sampai selesai, ditulis baginya pahala shalat semalam suntuk.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Adam)

Akan sangat rugi jika kita buru-buru meninggalkan shalat Tarawih, padahal pahalanya sungguh luar biasa.

4Tidak Menjaga Sholat

adilkurnia.files.wordpress.com

Kita tahu bawa sholat merupakan amalan yang pertama kali dihisab oleh Allah kelak di hari Akhir. Begitu pentignya sholat maka hendaknya kita senantiasa mengerjakan ibadah sholat 5 waktu.

Terutama bagi laki-laki hendaknya melakukan sholat 5 waktu di masjid. Karena bagi orang yang malas sholat di masjid, oleh Nabi Muhammad dikategorikan termasuk golongan orang munafik.

5Tidak Dekat dengan Al-Qur’an

www.harianindo.com

Begitu besar pahala membacaAl-Qur’an, apalagi jika dikerjakan di bulan Ramadhan. Membaca Al-Qur’an merupakan amalan yang sangat dianjurkan tidak hanya di bulan Ramadhan.

Maka dari itu, kita sebaiknya membiasakan diri untuk senantiasa dekat dengan Al-Qur’an, dengan membacanya dan mempelajarinya.

Paling tidak kita memiliki target minimal khatam Al-Qur’an satu kali di bulan Ramadhan.

Itulah beberapa hal yang bisa membuat kita mengalami kerugian di bulan Ramadhan, semoga kita semua bisa melakukan ibadah dengan maksimal di bulan suci ini.