Gadget adalah sebuah teknologi masa kini yangs edang menjamur di berbagai kalangan usia. Tak hanya remaja, bahkan anak-anak sampai orang tua pun mulai terkena dampak menjamurnya gadget.

Selain smartphone, laptop, dan berbagai bentuk gadget lain telah beralih fungsi dari kebutuhan tersier menjadi kebutuhan primer.

Gadget tak lagi digunakan karena kebutuhan, namun lebih karena lifestyle atau juga sebagai pemenuhan gaya hidup. Alhasil, bisnis gadget sekarang meledak hebat di pasaran dunia.

Mungkin bagi para pengusaha gadget hal ini sangat menguntungkan, namun sadarkah kalian yang telah kecanduang gadget bahwa banyak kerugian yang akan kamu dapatkan?

Berikut adalah beberapa kerugian ketika kamu telah sampai pada tahap kecanduan gadget.

1Daya Ingat Berkurang

www.lancashiretelegraph.co.uk

Ketika kamu telah meletakkan gadget kamu pada urutan pertama dalam keseharianmu, otomatis perhatianmu akan terpusat padanya.

Saat kamu mencari informasi tentang sesuatu, maka yang akan kamu ingat adalah darimana kamu mendapatkannya, bukan malah apa isi informasi tersebut.

Hal ini telah dibuktikan oleh survey dan penelitian yang dilakukan oleh majalah Science. Dan hasilnya sangat mengejutkan!

Hampir sebagian besar responden yang merupakan mahasiswa Columbia atau Harvard mengalami penurunan daya ingat karena terlalu asyik dengan gadget mereka.

2Emosi Menjadi Labil

www.genq.com.my

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Massachusetts Institute of Technology, seseorang yang kecanduan gadget akan mengalami kelabilan emosi secara signifikan.

Hal ini dikarenakan fokusnya pada gadget yang besar, sehingga akan merasa terganggu jika ada hal lain yang berusaha mengalihkannya dari hal tersebut.

Selain itu, jaringan atau koneksi internet yang digunakan dalam mengoperasikan gadget juga sangat berpengaruh dalam kelabilan emosi seorang pecandu gadget.

Dimana ketika jaringan atau koneksi internet menjadi lemah alias lemot, maka seseorang akan semakin tidak sabar dan mudah marah. Hmm

3Mata Menjadi Tegang

www.iberita.com

Dari survey di tahun 2008, hampir 40% pasien di dokter mata mengalami ketegangan syaraf pada mata karena terlalu banyak menatap layar computer, laptop, atau smartphonenya.

Hal ini sangat wajar karena radiasi yang ditimbulkan oleh berbagai jenis gadget tersebut akan membuat mata menjadi mengalami banyak kerugian.

Contohnya seperti penglihatan semakin kabur, sensitivitas cahaya meningkat sehingga sakit saat kontak dengan cahaya, mata menjadi kering, dan mudah sakit kepala yang disertai mual bahkan muntah.

4Pendengaran Semakin Melemah

pengobatan.org

Gadget sangat identik dengan earphone atau speaker mini yang bisaa digunakan untuk mendengarkan audio dari gadget.

Memang menyenangkan menggunakannya, selain terlihat keren dan kekinian, mendengarkan musik melalui earphone membuat kita bisa lebih fokus pada audio yang didengarkan tersebut.

Namun ternyata dampak dari terlalu sering mendengarkan musik menggunakan earphone atau alat bantu dengar lainnya sangatlah tidak baik.

Di hari tua, kamu bisa kehilangan pendengaran sebelum waktunya. Semakin lama daya pendengaranmu akan semakin melemah.

Sebaiknya mendengarkan musik jangan terlalu lama, dan dengan volume yang wajar saja.

5Nyeri Otot dan Sendi

obatnyerisendi.biz

Kalau sudah asyik dengan gadget, kita pasti akan lupa sudah berapa lama jari-jari kita sibuk bergerak lincah mengetik kesana-kemari.

Tanpa sadar kita telah lupa waktu, dan kemudian kita akan mengalami banyak kerugian secara kesehatan. Seperti nyeri otot dan sendi.

Terlalu lama duduk atau berdiri saat memainkan gadget, serta jari-jari tangan yang dibiarkan menari lincah di atas gadget, akan mengalami lelah dan akhirnya ngambek.

Nah, setelah kamu mengetahui kelima dampak negatif dari kecanduan gadget di atas, masihkah kamu akan membiarkan dirimu asyik berduaan dengan gadget sehingga mulai melupakan hampir segalanya? Jangan sampai!