Tubuh tentu merasa lelah dan penat setelah melakukan aktivitas seharian, baik aktivitas di luar ruangan ataupun di dalam ruangan. Rasa panas dan gerah membuat tubuh terasa lengket dan mengeluarkan keringat.

Saat kamu merasa seperti itu, tentu ingin segera membersihkan tubuh agar fresh dan bau keringat hilang yaitu dengan mandi. Ya, mandi adalah ritual sehari-hari yang dilakukan untuk membersihkan tubuh.

Badan yang lelah akan kembali rileks dan segar setelah mandi. Namun, tahu kah kamu terdapat beberapa kesalaha saat mandi yang mungkin sering kita lakukan.

Nah, berikut beberapa ulasan tentang kesalahan mandi yang sering kita lakukan.

1Mandi Air Hangat

desainrumahkeren.com

Mandi menggunakan air hangat memang terasa nyaman untuk tubuh. Kita biasanya akan merasa rileks dan rasa lelah hilang.

Kebiasaan mandi dengan air hangat adalah hal yang biasa dilakukan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kegiatan yang menyenangkan ini ternyata tak selamnya memberikan manfaat biak bagi tubuh.

Boleh saja kita mandi menggunakn air hangat. Air hangat memang mempunyai khasiat untuk relaksasi otot dan pikiran, serta mengobati insomnia.

Namun, jika kebiasaan ini sering dilakukan setiap hari dan berlebihan ternyata berdampak buruk bagi tubuh. Salah satu satu dampaknya adalah menyebabkan pori-pori membesar.

Membersihkan tubuh dan wajah dengan air hangat dapat menghilangkan minyak dan kotoran yang menempel.

Akan tetapi jika  kamu tidak menutup kegiatan mandi dengan air dingin maka pori-pori kamu akan membuka semakin lebar sehingga dapat menimbulkan jerawat ataupun komedo.

Selain itu menyebabkan kulit sensitif. Kulit yang sensitif terjadi karena perbedaan suhu antara air dan kulit normal.

Ketika terjadi perebedaan suhu yang terus menerus makan kulit terasa seperti terbakar hingga muncul ruam merah pada kulit.

So, bagi kamu yang sering mandi air hangat cobalah untuk mengurangi frekuensinya. Membiasakan diri untuk mandi tanpa air hangat adalah hal yang harus kamu lakukan.

2Mandi Terlalu Lama

cdn.idntimes.com

Aktivitas di kamar mandi terkadang menjadi sangat menyenangkan, karena kita merasakan kesegaran saat mandi. Sebagian orang memiliki kebiasaan mandi dengan waktu yang cukup lama. Banyak alasan ketika orang berlama-lama di kamar mandi.

Mungkin ditambah aktivitas luluran khusunya bagi perempuan, ataupun membersihakn tubuh dengan sabun dan mendiamkan dalam waktu tertentu. Ternyata, mandi terlalu lama tidak baik untuk kelembaban kulit.

3Tidak Mengganti Shower Puff 

g01.a.alicdn.com

Tidak hanya tentang air saja yang diperhatikan saat mandi. Selain kebersiahn air dalam bak mandi, kita juga harus memperhatikan alat mandi kita.

Sebagian orang menggunakan jenis sabun cair untuk mandi. Tentu, orang tersebut menggunakan shower puff sebagai salah satu alat mandinya.

Shower puff adalah ‘sahabat karib’ sabun cair, tanpa buntalan yang terbuat dari jaring-jaring ini penggunaan sabun cair akan boros. Selain itu penggunaan shower puff juga efektif dalam menggangkat sel-sel kulit mati.

Tapi, tahukan kamu shower puff bisa menjadi sumber bakteri?

Jika penggunaan shower puff terlalu lama atau lebih dari 4 minggu terdapat penumpukan bakteri yang menyebabkan masalah pada kulit. Seperti gata-gatal, bisul dan bahkan keputihan pada wanita.

Sebaiknya penggantian shower puff dilakukan tiap 3 minggu sekali atau bisa sebelum 4 minggu.

4Mencuci Rambut Setiap Hari

macampenyakit.com

Aktivitas sehari-hari yang menyebabkan rambut terasa lepek, kotor, dan berminyak membuat kita memilih untuk keramas setiap hari.

Ya, mungkin sebagian dari kita berpikir jika mencuci rambut setiap hari akan membuat rambut lebih sehat. Tahukah kamu keramas setiap hari tidak baik bagi rambut.

Produksi minyak alami di rambut membuat rambut lebih sehat dan bersinar. Jika kamu keramas setiap hari kandungan bahan kimia shampo menyebabkan produksi minyak alami tersebut tidak seimbang.

Selain itu keramas setiap hari menyebabkan rambut kering, kusut dan rambut rontok.

Nah, bagi kamu yang mempunyai kebiasaan keramas setiap hari sebaiknya sisakan paling tidak satu hari untuk membebaskan rambutmu dari bahan kimia yang terdapat dalam shampo.

5Menggunakan Handuk dengan Kasar

assets.bmdstatic.com

Sering tanpa kita sadari ketika terburu-buru setelah mandi, kita menggeringkan tubuh dengan kasar. Setelah mandi, air menguap dari kulit dengan cepat hal itu menyebabkan kulit menjadi kering.

Maka dari itu untuk mencegah kulit kering menjadi semakin buruk ketika mengeringkan tubuh cukup tepuk kulit kamu dengan handuk.

Begitupun ketika kamu mengeringkan rambut setelah keramas. Cukup tekan-tekan rambut menggunakan handuk, jangan menggosok-gosok rambut yang masih basah dengan handuk.

Hal itu bisa menyebabkan rambut menjadi rapuh hingga pecah-pecah.

Dari beberapa ulasan di atas, apakah kamu pernah melakukan sebagian atau semua aktivitas mandi tersebut? Sekarang kita tahu, ternyata terdapat kebiasaan mandi yang sering kita lakukan salah. Semoga ulasan tadi bermanfaat.

SHARE