Festival Buso merupakan tradisi dari kelompok etnis Sokac di Negara Hongaria Selatan. Perayaan itu dilaksanakan di Kota Mohacs. Festival Buso ditetapkan sebagai warisan budaya oleh UNESCO pada tahun 2009.

Biasanya, festival Buso dirayakan di akhir Februari saat musim dingin berakhir. Dinamakan Buso karena para pria mengenakan pakaian yang menyeramkan.

Pakaian mereka terdiri dari jubah wol dan kayu. Bisa dikatakan mereka mirip monster atau hantu.

Dengan berpakaian demikian, mereka berkeliling kota. Konon, ritual yang mereka lakukan dapat membuat musim dingin ketakutan dan pergi.

Pada malam hari, orang-orang yang mengikuti festival akan mengadakan acara api unggun bersama sahabat dan keluarga mereka.

Tertarik untuk lebih jauh melihat seperti apa kostum mereka? Simak ulasannya di bawah ini.

1Kostum Bertopeng Kain

boredpanda.com

Kostum festival Buso yang pertama dirancang seperti topeng. Topengnya terdiri dari tiga lubang, yaitu dua lubang mata dan satu lubang mulut. Bahan untuk membuat topeng ini dari kain putih saja.

Sederhana, tapi cukup unik. Pemakaian topeng dipadukan dengan tutup kepala berwarna merah tua. Nampaknya yang mengenakan adalah seorang pria.

boredpanda.com
boredpanda.com

Kalau konsep kostum seperti gambar di atas hampir sama dengan kostum sebelumnya. Bedanya, topeng dibuat dari kain gorden. Lubangnya pun hanya di mata saja.

Pemakai kostum adalah seorang pria. Ia memadukan kostum topeng dengan topi coboy.

2Kostum Monster Bertanduk

boredpanda.com

Manusia berkostum monster di atas tampak menyeramkan bukan? Dia hampir tidak terlihat seperti manusia. Kamu pasti menyangka bahwa dia benar-benar monster.

Pakaiannya dibuat dari bahan wol. Tubuh orang itu lebih mirip tubuh beruang berbulu tebal. Dia sangat cerdas memoles dirinya semakin seram dengan aksesoris tanduk.

Coba perhatikan bagian topengnya. Cukup untuk menakut-nakuti anak kecil. Dia memakai topeng menyerupai perpaduan hewan rusa dan serigala. Tangannya memegang semacam cambuk berpita merah.

Hayoo, siapa berani bercakap-cakap dengannya?

3Kostum Manusia Ayam

boredpanda.com

Seseorang pada gambar di atas nampak mengenakan jubah berbulu panjang. Bulunya lebih mirip bulu anjing. Ia membawa seekor ayam hitam di tangannya.

Entah apa yang dimaksud orang tersebut. Tapi, yang jelas kostum ini juga terlihat unik. Kostumnya seperti menggambarkan bentuk manusia ayam.

4Konsep Kostum Wanita

boredpanda.com

Nah, untuk para wanita, ada juga kostumnya. Tapi, kalau diperhatikan, kostum ini tidak menyeramkan. Wanita yang menggendong anak itu malah terlihat cantik.

Dia memakai topeng hitam yang menutupi separuh wajahnya. Rambutnya digelung ke belakang. Sementara itu tubuhnya dibalut gaun selutut berwarna merah dan sebuah syal hitam besar.

Di belakangnya tampak beberapa wanita dengan kostum yang hampir mirip. Si anak kecil yang di pangkuan sang wanita mengenakan kostum warna dan kerudung warna hijau.

Uniknya, sepatu para wanita itu terlihat kompak sekali. Semuanya pantofel serba hitam.

5Kostum Wajah Hitam

boredpanda.com

Konsep kostum ini sebenarnya sama dengan konsep kostum lainnya. Pakaian terbuat dari wol dan berwarna putih. Hanya saja kostum ini menekankan pada konsep wajah.

Wajahnya dipoles arang hitam sehingga terlihat seram. Tapi, dengan senyuman si pria, kesan seram jadi hilang. Kostum yang dikenakannya justru terlihat lucu.

boredpanda.com
boredpanda.com

Pria di atas juga lebih menekankan pada wajah yang dipoles arang. Dia memadukan dengan topi coboy dan payung. Kacamata yang dikenakannya mungkin bukan termasuk kostum.

Pakaiannya berupa jas berdasi dan syal berwarna hijau kotak-kotak. Senyuman pria tersebut membuat ia seperti monster yang ramah.