Bangun di pagi hari bisa jadi hal yang menyebalkan bagi sebagian orang. Padahal, bangun di pagi hari akan memengaruhi mood kamu seharian.

Jika di pagi hari saja kamu sudah bete, jengkel, malas, maka sepanjang hari pikiranmu akan terus terbebani oleh hal-hal negatif.

Berbeda apabila kamu mengawali harimu dengan senyum ceria, bersyukur, dan bahagia. So pasti hari-harimu seterusnya akan dipenuhi oleh energi positif. Pekerjaanmu pun akan terasa lebih mudah karena kamu merasa segar dan selalu bersyukur.

Buat kamu yang kesulitan memulai hari dengan semangat, ada beberapa ritual pagi yang bisa kamu lakukan setiap harinya. Dengan ritual ini, semoga saja hari-harimu semakin menyenangkan. Berikut 6 ritual yang bisa kamu lakukan di pagi hari.

1Sarapan Sehat

boredpanda.com

Sebagian orang mungkin tidak menganggap penting sarapan. Berbagai alasan klasik disematkan karena menghindari sarapan, yaitu kamu tidak sempat.

Padahal, dengan sarapn sehat di pagi hari, metabolisme tubuh kmu akan meningkat. Energimu pun akan terisi. Ini dapat membuatmu lebih fokus dalam belajar atau bekerja.

Meski begitu, janganlah kamu asal nyomot sarapan ya! Dianjurkan oleh seorang pakar diet Cynthia Sass, makan pagi haruslah makanan sehat. Sarapan sehat itu dilakukan paling lama setelah kamu terbangun dari tidur.

Sederhana saja alasannya, karena apabila kamu menunda-nunda makan, kamu akan terlalu lapar. So, kamu akan cenderung makan asal-asalan, tinggi kalori dan rendah nutrisi.

Cobalah sarapan sehat seperti buah-buahan, makanan dengan lemak rendah dan juga makanan yang kandungan proteinnya paling sedikit 10 gram.

2Mandi Air Dingin

gambarumahminimalis.info

Kamu lagi mager banget? Coba deh bergegas ke kamar mandi dan pakai air dingin. Mandi sangat baik untuk tubuhmu. Jangan beralasan kamu tidak sempat mandi hingga kamu mengawali hari hanya dengan menyikat gigi dan pakai deodoran saja.

Mandilah dengan air dingin yang menyegarkan. Aliran air yang membasahi kulitmu serupa dengan akupuntur alami. Cobalah memakai shower, tetesan air seakan memijat tubuhmu yang kelelahan agar lebih segar dalam memulai hari. Jadi, tak ada lagi alasan bad mood di pagi hari.

3Olahraga 7 Menit

dunialari.com

Selalu ada alasan untuk kamu tidak berolahraga. Padahal, hanya dengan berolahraga 7 menit, energi positif dalam tubuhmu akan memancar keluar. Meskpun hanya 7 menit, usahakan berolahraga sesuai dengan tata cara berolahraga yang baik dan benar.

Dimulai dengan pemanasan, inti dan pendinginan. Jika kamu melewatkan pendinginan setelah berolahraga, itu hanya akan membuat badanmu sakit sepanjang hari. Olahraga sit up, push up ataupun senam ringan bisa membuat harimu lebih berenergi lagi. Ayo olahraga

4Minum Air Putih

cwacwa.com

Nagh, ritual yang satu ini sangat penting untuk mengawali harimu. Namun, sebagian orang justru melewatkan kewajiban sederhana ini.

Kamu mungkn lebih memilih menyeruput teh atau kopi di pagi hari, dan ditemani gorengan. Alih-alih memberi asupan cairan ke tubuhmu, kamu malah memasukkan gula dan kalori ke tubuhmu. Duh, padahal selama kita tidur kita membutuhkan air setelah terbangun.

Air juga sangat baik untuk membersihkan ususmu. Dengan begitu, seluruh organ tubuhmu siap untuk mencerna makanan sepanjang hari.

Berdasarkan penelitian para ahli, sesuaikan air yang diminum dengan berat badanmu. Misalkan berat badannmu sekitar 70 kg, maka kamu membutuhkan sekitar 1-2 liter setiap harinya.

5Bangun Tidur Lebih Awal

www.agencycentral.co.uk

Jika kamu kesiangan, pasti akan berdampak kepada hari-harimu selanjutnya. Telat ke sekolah atau telat ngantor, kamu jadi dimarahin guru atau bos, yang ada hari-harimu akan menjadi bad day.

Nah, cobalah untuk bangun lebih awal. Misalkan kam bagu selama ini pukul 6, cobalah pasang alarm untuk disetel pukul 5.

Kemudian, berlatihlah lebih pagi agar kamu bisa mempersiapkan harimu, tidak terburu-buru sarapan dan masuk kantor tepat waktu.

Kenapa bangun tidur lebih awal dapat mengawali harimu dengan positif? Karena bangun pagi itu baik untuk tubuhmu. Selain dapat meningkatkan konsentrasi juga dapat memaksimalkan kerja otak. Kamu juga bisa mendapatkan udara yang bersih.

Meski begitu, pastikan juga bahwa kamu bangun pagi dalam keadaan tidur yang cukup. Penelitian menyebutkan, orang di usia 18-30 tahun membutuhkan tidur minimal 7 jam dan maksimal 9 jam.

Jika waktu tidurmu kurang dari itu atau lebih dari itu, maka tentu hari=harimu akan dipenuhi energi negatif, tidak produktif dan yang ada malas sepanjang hari.

Nah, tadi 5 ritual mengawali harimu agar lebih menyenangkan. Selain kelima ritual tersebut, coba setelah bangun kamu mengucap syukur pada Tuhan atas apa yang diberikan padamu. So, hari-harimu akan penuh dengan kedamaian.

Nah, mulai hari ini kamu siap untuk menjadi orang sukses? Semua diawali dari 5 ritual pagi sederhana yang memiliki efek luar biasa!

SHARE