Liga Top Eropa merupakan ajang kompetisi sepakbola bergengsi di daratan Eropa. Menjelang akhir tahun, Liga Top Eropa sedang berlibur sejenak. Tapi, sebelum liburan, mereka telah mendokumentasikan siapa saja pencetak gol dan assist terbaik di tahun ini.

Meskipun sebagian dari kamu sudah tahu deretan pemainnya, tidak ada salahnya kan berbagi informasi. Mungkin saja ada yang ketinggalan satu sesi Liga Top Eropa sehingga tidak tahu hasilnya.

Yuk, simak ulasan berikut ini!

1Liga Inggris

ngonoo.com

Kalau kompetisi domestik lain sedang berlibur ria, Inggris ternyata masih menyisakan separuh waktunya untuk mengikuti pertandingan Boxing Day. Kerja keras inilah yang membuat Inggris berhasil mencetak top score.

Liga premier Inggris mendapatkan banyak gol di pekan ke-17 ini. Seseorang yang berjasa di Liga premier Inggis yakni Jamie Vardy. Merupakan pemain asal Inggris asli.

Jamie Vardy mencetak 15 gol. Ia berhasil memecahkan rekor Ruud van Nistelrooy yang pernah mencetak gol dalam 11 kali pertandingan.

ngonoo.com
ngonoo.com

Selain pencetak gol terbaik, ada juga assist terbaik. Mesut Ozil adalah pemain yang jago dalam urusan memberi umpan. Ia menjadi pemberi assist sebanyak 100 assist dan mematahkan rekor Lionel Messi, Fabregas, dan Ronaldo.

Walaupun sempat dikalahkan oleh penampilan Cazorla, tapi pemain ganteng ini berhasil menyalip lagi dengan mencetak 15 assist. Apalagi ternyata assist ini melebih jumlah assist pemain Chelsea dan Manchester United.

Luar biasa bukan?

2Serie A Italia

ngonoo.com

Higuan sebenarnya adalah pemain buangan Real Madrid. Namun, dia berhasil menunjukan prestasinya dengan mencetak gol sebanyak 16 kali dari 17 pertandingan.

Higuan sukses masuk ke dalam deretan tiga besar pencetak gol terbanyak semenjak Napoli menjadi seragamnya.

ngonoo.com
ngonoo.com

Menyusul Higuan, Giacomo Bonaventura mendapatkan assist sebanyak 6 umpan dan semuanya menghasilkan gol. Ia dipilih Sinisa Mihajlovic untuk mengisi gelandang serang.

3Bundesliga

ngonoo.com

Sebagaimana musim lalu, Liga Jerman masih dimenangi oleh FC Hollywood, tepatnya Bayern Munchen. Ia terlalu kuat untuk dikalahkan lawan-lawannya. FC Hollywood lebih unggul 8 poin dibandingkan yang lainnya.

Sayangnya, pencetak gol terbanyak bukanlah dari kalangan mereka. Justru, pencetak gol terbanyak disandang oleh Pierre-Emerick Aubameyang dengan koleksi 18 gol.

Dortmund memang menjadikan Aubameyang sebagai topangan garis depan sejak Lewandowsk keluar dari Dortmund.

Gelar pemberi umpan terbanyak berikutnya diraih Henrikh Mkhitaryan. Gol sebanyak 8 assist berhasil dikonversi berkat pemberian umpan Henrikh Mkhitaryan.

Selamat ya, boy!

4Ligue 1

ngonoo.com

Zlatan Ibrahimovic sukses mendapatkan gelar pencetak gol terbanyak Ligue 1. Ia mencetak sebanyak 15 gol. Ini membuat pamor PSG semakin menanjak.

Pada akhir pekan ke-19, belum ada satu pun yang mengalahkan PSG. Luar biasanya, PSG unggul 19 poin dari peringkat kedua.

Kegemilangan kembali diraih Angel Di Maria setelah terkubur satu musim di Old Trafford. Ajaibnya, ia berhasil memberikan 9 assist dalam 19 pekan.

5La Liga Spanyol

ngonoo.com

Neymar dan Suarez memang tengah menjadi jagoan Amerika Latin. Pasalnya, kedua orang ini berhasil mencetak gol terbanyak. Masing-masing mendapatkan 14 dan 13 gol.

Keberuntungan tersebut mereka dapatkan ketika Lionel Messi mendapatkan cedera sehingga digantikan keduanya. Namun, pencetakan gol sepertinya tidak lebih banyak daripada umpan yang diberikan.

ngonoo.com
ngonoo.com

Menurut catatan, jumlah assist lebih banyak daripada gol tepat sebelum pesta gol ke gawang. Assist yang dicetak oleh Bale ini berjumlah 6 assist. Cukup mengesankan bukan?

Coba deh, lihat sampai musim berakhir. Mungkinkah mereka masih bertahan dengan apik atau malah justru melemah? Ikuti terus perjalanannya ya, guys.