Rumah makan padang bertebaran di seantero negeri. Dari kelas restoran mahal hingga rumah makan kecil. Namun, secara umum menu-menu yang dihidangkan hampir sama.

www.masakan-padang.com
www.masakan-padang.com

Ciri khasnya adalah pedas, berlimpah bumbu rempah-rempah dan menggunakan santan.

www.azbeesoft.wordpress.com.jpg
www.azbeesoft.wordpress.com

Ciri khas ini yang membuat masakan padang lezat dan tak tertandingi dibandingkan masakan-masakan nusantara lainnya. Berikut ini terdapat 5 masakan padang yang tak akan terlupakan kelezatannya.

1Rendang

www.duniainter.net

Rendang dinobatkan sebagai makanan paling lezat di dunia oleh sebuah stasiun televisi dunia tahun 2011. Bahkan negara tetangga mengklaim rendang sebagai masakan tradisional mereka. Rasa yang gurih dan pedas menjadikan makanan ini disukai masyarakat dunia.

Berbagai jenis bahan makanan dapat dimasak menjadi rendang, diantaranya daging sapi, daging ayam, telur, belut, daging itik, bahkan jengkol sekalipun.

Hanya sedikit orang yang mau memasak rendang. Hal ini karena memasak rendang membutuhkan proses yang rumit.

Proses rumit ini sebanding dengan hasil rendang yang lezat. Selain itu rendang dapat disimpan di freezer hingga berbulan-bulan asal dikemas kedap udara.

Beberapa bumbu yang digunakan untuk memasak rendang diantaranya cabai merah, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas, garam, daun kunyit, serai, dan asam kandis. Cukup lengkap bukan rempah-rempah yang digunakan?

2Ayam Pop

www.indonesiawow.com

Ayam pop merupakan cara memasak ayam yang dapat meminimalisir kolesterol. Ayam ini dimasak tanpa kulit dan digoreng tidak sampai kering. Ayam pop cocok untuk kamu yang sedang meminimalisir konsumsi lemak.

Saat bersantap siang di rumah makan Padang, kamu dapat mengombinasikan ayam pop dengan nasi putih hangat, sambal khas resep ayam pop yang berwarna jingga, lalap daun singkong, dan sambal hijau khas rumah makan padang.

Jika kamu ingin mencoba memasak sendiri resep ayam pop, pilihlah ayam pejantan atau ayam kampung yang lebih sedikit mengandung lemak dibandingkan ayam broiler.

Beberapa bahan yang digunakan untuk memasak ayam pop diantaranya ayam tanpa kulit, jeruk nipis, serai yang telah dimemarkan, garam, air, minyak sayur, dan minyak untuk menggoreng.

Adapun bahan untuk sambal ayam pop diantaranya tomat masak, cabai merah keriting, garam, bawang putih, serta air.

3Udang Saus Padang

Salah satu andalan lauk rumah makan masakan Padang adalah udang saus padang. Udang yang digunakan biasanya tak perlu mengupas kulitnya. Udang hanya perlu dicuci dan dibersihkan kotoran pada bangian kepala dan punggung.

Adapun jika kamu akan memasak sendiri akan lebih baik jika menggunakan udang yang masih segar agar terasa manis alami. Waktu yang dibutuhkan untuk memasak udang sebaiknya tidak terlalu lama. Apabila terlalu lama udang justru menjadi liat.

Buat kamu yang memiliki kadar kolesterol LDL tinggi dalam darah, maka jangan mengkonsumsi udang terlalu banyak. Kamu tetap dapat mengkonsumsi udang namun dalam jumlah sedikit.

Bahan untuk membuat udang saus padang diantaranya udang berukuran sedang, daun bawang yang diiris tipis, lengkuas yang telah dimemarkan, daun jeruk, serta minyak goreng untuk menumis.

Adapun bahan untuk membuat bumbu halus diantanya cabai merah besar, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, tomat, dan garam.

4Kalio Cumi

www.dentistvschef.wordpress.com

Kalio cumi merupakan olahan cumi dengan bumbu kuning. Kalio cumi ditambah kuah kental sehingga sangat lezat saat dikonsumsi bersama cumi yang lembut dan kenyal saat hangat. Cumi-cumi kaya akan vitamin B yang baik untuk kesehatan jantung.

Bahan untuk membuat kalio cumi diantaranya cumi, santan kelapa, lengkuas parut, jahe, parut serta asam kandis. Adapun bumbu halus diantaranya cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, kemiri, dan ketumbar sangrai, kunyit bakar serta garam secukupnya.

SHARE