Siapa bilang anak kost nggak bisa sahur dengan makanan sehat? Kebanyakan anak kost lebih memilih untuk mengkonsumsi mie instan saat sahur karena selain murah, mie instan praktis dan tidak butuh waktu lama untuk memasaknya ketika jam makan sahur sudah mepet.

Tentunya mengkonsumsi mie instan terus menerus bisa membuat lambung kamu sakit dan menyebabkan usus buntu. Tapi kalau tidak makan mie instan, sahur pakai apa?

Tenang gaes, disini kamu akan mengetahui beberapa menu pilihan yang sehat dan praktis, dan tentunya bisa kamu olah sendiri di kost. Jadi ngga perlu khawatir untuk memilih menu lagi ya.

Abon

abon-ikan
bkpd.jabarprov.go.id

Abon merupakan pilihan yang tepat untuk disantap saat sahur bersama dengan nasi panas. Bila kamu sudah bosan dengan abon sapi, saat ini sudah hadir beragam pilihan rasa abon, mulai dari abon ayam, lele, tuna, tongkol, belut, juga udang.

Kalau kamu sudah bosan, kamu bisa mencampur berbagai macam abon itu dalam satu piring supaya menghasilkan varian rasa yang berbeda. Waah, unik bukan?

Roti

kiki widyasari suka white bread
health.liputan6.com

Roti juga bisa kamu jadikan menu sahur. Pilih roti gandum yang memiliki banyak serat. Kamu bisa mengkombinasikan roti gandum dengan selai buah, cokelat, atau kacang.

Disarankan lebih bagus menggunakan selai kacang karena kandungan karbohidrat dan lemak yang ada pada selai kacang mampu membuat perut kamu kenyang lebih lama.

Jika ingin membuat roti bakar tanpa kompor, kamu bisa menggunakan setrika untuk membuat roti yang kecoklatan dan sedikit garing. Berani mencoba?

Martabak Mie

masala-omelette
www.sailusfood.com

Menu yang satu ini memang menggunakan mie instan. Tapi tenang, mie instannya mengalami 2 periode pemasakan. Jadi pertama-tama kamu harus merebus mie tersebut tanpa bumbu, kemudian tiriskan dan aduk bersama telur dan beberapa rempah-rempah.

Setelah itu goreng hingga masak. Martabak mie siap menemani sahur mu.

Sereal

062437_sereal_cvr
food.detik.com

Untuk santap sahur yang lebih sehat, kamu bisa makan sereal dan oatmeal. Sereal dan oatmeal adalah alternatif lain untuk santap sahur sehat. Di dalamnya, terkandung beragam vitamin A, B6, B12, dan D.

Selain itu, bahan dasar keduanya yang berasal dari gandum menjadikan sereal dan oatmeal kaya akan serat dan juga rendah lemak. Kamu hanya perlu menambahkan susu segar, jadilah semangkuk sereal yang praktis dan nikmat.

Begitu juga dengan oatmeal, yang bisa menjadi sumber energi, meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kadar kolesterol dalam darah.

SHARE