rigaah.wordpress.com

5 Pasar Tradisional Unik yang Ada di Indonesia

Posted on

Tak ada habisya jika kita berbicara tentang keragaman Indonesia. Kepulauan yang kaya akan suku, budaya, bahasa, sumber daya alam, kesuburan tanahnya, itulah Indonesia.

Pasar. Sebuah tempat yang menjadi etalase komunitas dari dunia sekitarnya. Di sana banyak menjual ciri khas budaya setempat. Pasar merupakan tempat dimana kegiatan belanja dan memenuhi kebutuhan pokok terjadi.

Ya, pasar biasanya identik dengan wanita. Karena umumnya para ibu atau wanita berkutat dengan dunia belanja.

Bicara tentang pasar, Indonesia termasuk negeri yang memiliki pasar-pasar yang unik dan menarik.

Pasar tradisional namanya, pasar ini selain untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat sekitar ternyata dapat disuguhkan sebagai lokasi wisata untuk para wisatawan baik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

Tahukah kamu, di berbagai daerah di Indonesia  tersebar pasar yang tak hanya menjual bahan atau barang seperti pada umunya.

Namun, juga menjual barang-barang unik yang mungkin membuatmu terheran-heran. Bisa disebut “bukan pasar biasa”. Nah, daripada penasaran berikut disajikan beberapa pasar tradisional unik yang ada di Indonesia.

Pasar Apung Muara Kuin Borneo

assets.kompas.com

Umumnya pasar berdiri di atas tanah. Nah, pasar yang satu ini beroprasi di atas perahu. Adalah Pasar Apung Muara Kuin, pasar yang merupakan ikon wisata di Kalimantan Selatan.

Memang kota Banjarmasin dikenal dengan jumlah sungainya yang sangat banyak. Maka dari itu, tak heran jika kota ini memanfaatkan sungai-sungai tersebut salah satunya untuk mendirikan pasar. Pasar terapung ini terletak di Persimpangan sungai Kuin dan Barito.

Pemandangan pasar yang disajikan sangat unik, di sana kamu dapat melihat banyak perahu yang diatasnya terdapat para penjual yang menjual sayur mayur, buah-buahan, maupun hasil laut seperti ikan.

Terdapat juga berbagai kuliner khas Banjar yang akan memanjakan lidahmu. Selain itu sistem barter layaknya orang jaman dulu juga masih bisa kamu temukan di sini.

Tak perlu khawatir takut basah, masyarakat melakukan berbagai kegiatan di pasar apung menggunakan jukung, yang artinya perahu. Menarik kan?

Pasar Makale di Toraja

www.bukuwisata.com

Pasar Makale atau sering disebut pasar babi. Perlu kamu ketahui bahwa di Toraja babi dan kerbau merupakan bintang yang dianggap sakral.

Maka jangan heran jika kamu melihat banyak yang berjualan babi. Karena hal tersebut dianggap biasa.

Kamu akan sering melihat babi di dalam karung. Bahkan yang unik ada orang yang meneteng babi dengan selow, yaitu babi diikat di bambu.

Pasar babi ini hanya beroperasi dalam enam hari sekali. Tidak harus membeli babi kog, jika ke Toraja sempatkan waktu mu untuk berkunjung kesini, potret keunikan pasar ini.

Pasar Bolu di Toraja

www.torajaparadise.com

Jika pasar Makale banyak menjual babi, di Pasar Bolu banyak menjual hewan kerbau. Pasar ini terletak di Poros Rantepao, Palopo, Bolu Toraja Utara.

Tahukah kamu jumlah kerbau yang diperjualbelikan dapat mencapai 500 ekor. Banyak ya? Pasar ini juga menjadi pasar kerbau terbesar di dunia.

Pasar Tomohon, Manado

travelblog.ticktab.com

Pernah mendengar tentang pasar ekstrem? Yup, pasar Tomohon namanya. Pasar ini merupakan salah satu pasar yang mendapat julukan sebagai pasar ekstrem yang ada di Indonesia.

Di Pasar Tomohon  kamu akan melihat para pedagang yang menjual binatang yang tak biasa. Mulai dari tikus, anjing, kera, ular, kelelawar, kucing bahkan biawak dan berbagai jenis binatang lainnya.

Mungkin bagi kamu yang tak terbiasa dengan pemandangan ini siapkan penutup hidung atau wangi-wangian sebgai penghilang rasa mual.

Pasar Bisu, Sumatera Barat

www.pegipegi.com

Pasar ini terletak di Desa Cubadak, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Seperti namanya, terdapat tradisi unik dari kegiatan di pasar bisu.

Tradisi tersebut bernama tradisi Marosok,yakni kegiatan jual beli hewan ternak melalui bahasa isyarat tangan yang ditutupi benda lain misal kain, topi atau sarung.

Hewan-hewan yang dijual di pasar Bisu anatara lain sapi, kerbau, kambing, dan domba.

Kamu akan melihat keunikan daripasar ini. Antara penjual dan pembeli hanya menggoyangka jari tangan ke kiri dan kanan untuk melakukan transaksi jual beli. Hal ini dilakukan agar harga ternak yang dibeli tidak diketahui banyak orang. Unik kan?

Masih banyak lagi pasar-pasar dengan keunikannya masing-masing yang  tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Apakah kamu berminat mengunjungi salah satu atau beberapa pasar di atas?

Siapkan kameramu dan abadikan keunikan yang terdapat dalam pasar-pasar tradisional unik tersebut.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *