Orang tua mana sih yang tidak ingin anaknya menjadi orang yang berhasil. Bahkan mungkin hampir semua orang tua kalau ditanya tentang anaknya, ingin lebih baik daripada dirinya.

Lebih baik disini dalam banyak hal. Mulai karir, keuangan, ilmu pengetahuan sampai masalah agama alias soleh dan solehah.

Nah, para orang tua ini pasti sudah mempersiapkan masa depan bagi sang anak. Meski beberapa diantara mereka tahu bahwa memberi kebebasan anak untuk memilih masa depan juga hal yang bagus.

Setidaknya, sang ayah atau ibu memberi jalan dan bekal ilmu pengetahuan dengan menyekolahkan sang anak sampai jenjang tertinggi.

Baru deh, setelah lulus kuliah sang anak akan terjun ke dunia nyata di dunia kerja. Namun sadar atau tidak ternyata masih ada anggapan dari orang tua jika profesi tertentu lebih baik dari profesi yang lain.

Meski sama-sama halal, ada semacam pandangan kalau pekerjaan A lebih keren dari pekerjaan B. Anggapan itu yang bikin sang anak jadi keki. Jiwanya berkehendak lain, namun orang tua ingin anaknya memiliki pekerjaan yang dianggap keren.

Pandangan ini tak hanya ditemui di orang tua kamu. Kalau kamu sudah menuju tahap pernikahan, biasanya yang menjadi pertanyaan calon mertua ada, “Apa pekerjaan kamu?”.

Jadi komplit deh, kalau kamu punya pekerjaan yang keren menurut orang tua dan calon mertua, itu artinya kamu beruntung. Berikut beberapa daftar pekerjaan yang masih dianggap keren oleh para orang tua dan tentu saja calon mertua

1Dokter

bahasa.aquila-style.com

Siapa yang tidak ingin anaknya atau menantunya seorang dokter? dokter itu sangat keren. Bahkan saat di kampus, anak-anak kedokteran biasanya jadi primadona.

Mereka dikenal pintar, berpenampilan menarik dan punya modal materi yang berlimpah. Secara kuliah di kedokteran itu mahal.

Terlebih jika sang dokter aktif menyembuhkan masyarakat secara sukarela. Wah benar-benar bisa jadi calon menantu idaman.

Orang tua melihat dokter keren karena cukup suntik obat dan periksa satu dua menit sudah bisa dapat uang banyak. Mungkin dilihatnya sekilas, padahal bisa jadi orang yang menempuh pendidikan dokter lebih berat dibanding perkuliahan lain.

2Insinyur

chcarchitectnc.com

Pakai topi proyek, menggambar denah bangunan berlantai puluhan, dengan jas rapi, kantor di gedung bertingkat dan tentu saja gaji tinggi.

Begitulah gambaran seorang insinyur. Walaupun sekarang di dunia perkuliahan tidak ada lagi gelar Ir. Semua sudah diganti menjadi sarjana teknik.

Namun sebagai negara berkembang yang lagi giat-giatnya membangun, menjadi insinyur dipandang keren banget.

Apalagi para insinyur lah yang bisa membangun gedung-gedung pencakar langit. Meski bukan milik sendiri, tapi ada kebanggaan kalau tangan dinginnya bisa menghasilkan maha karya.

Orang Indonesia masih melihat fisik sebagai bahan penilaian. Jadi orang yang kerjaannya membangun gedung dan monumen dianggap orang keren. Apalagi gajinya juga besar.

3Polisi

boards.straightdope.com

Dar der dor..pak polisi pembela kebenaran, pembasmi kejahatan. Wih keren kalau lihat film-film aksi polisi mengejar penjahat.

Polisi identik dengan badan yang tegap, gagah, senjata api yang siap ditembakkan dan memiliki kekuasaan hukum.

Maka tak heran kalau setiap pendaftaran calon anggota polisi, berduyun-duyun orang tua mendaftarkan anaknya agar bisa menjadi penegak hukum ini.

Kalau diterima di kepolisian, karirnya pasti terjamin. Begitu mungkin anggapan para orang tua yang masih melekat hingga sekarang. Bahkan kalau karirnya moncer, bisa jadi jenderal dan orang besar.

4Pilot

www.howtobecome.com

Apa jawaban favorit anak-anak kalau ditanya cita-cita mereka? Tak jauh-jauh dari jadi dokter, polisi dan pilot.

Pilot dianggap keren karena bisa menerbangkan pesawat yang gede banget itu. Selain itu pak pilot kerjanya enak, bisa cari duit sambil keliling dunia.

Apalagi tampilannya gagah dan tampan dengan seragam dan topi khasnya. Jadi pilot gajinya juga pasti besar karena risiko pekerjaannya juga sangat besar.

5PNS

jabar.pojoksatu.id/

Jadi PNS itu masa depannya terjamin. Begitu kira-kira nasihat setiap orang tua kepada anaknya. Kerjanya enak tak perlu repot.

Cukup absen dari jam 9 pagi sampai jam 3. Kadang-kadang pekerjaannya bisa disambi maen game. namun gajinya tetap utuh.

Belum lagi tunjangan ini itu. Keluar kota dapat tambahan. Karena sebagai abdi negara, PNS tidak akan kekurangan sumber gaji. Kecuali negara ini bangkrut. Namun rasanya tak mungkin.

Jadi PNS bisa membuka peluang jadi pejabat juga tinggi. Kalau karirnya bagus, jabatan di pemerintahan siap di tangah. Belum lagi nanti kalau sudah pensiun, gaji pensiun akan terus mengalir. Enak kan?

SHARE