Masih punya banyak waktu. Tenaga pun masih berlebih-lebih setelah selesai menyelesaikan pekerjaan utama. Itulah yang dirasakan sebagian anak muda jaman sekarang. Bagi kamu yang juga merasakan hal demikian. Tidak ada salahnya mencoba peruntungan pekerjaan sampingan.

Prinsip utama pekerjaan sampingan yang akan kamu ambil haruslah sederhana. Maksud sederhana di sini, pekerjaan sampinganmu nantinya tidak boleh memakan waktu lebih banyak dari pekerjaan utamamu. Dan masih membuatmu memiliki waktu untuk bersantai.

Walaupun sederhana, namun pekerjaan sampinganmu bisa memberikan penghasilan tambahan yang lumayan lho. Ketimbang masa mudamu terbuang sia-sia, lebih baik manfaatkan untuk mengampu dua pekerjaan sekaligus. Tapi tetap harus menyesuaikan kemampuan masing-masing.

1Guru Privat

qualityprivat.com

Guru les privat sudah dikenal sebagai pekerjaan sampingan dari dulu. Pekerjaan ini cocok bagi mahasiswa maupun yang sudah bekerja. Dengan bekerja sebagai guru les privat, kamu bisa mengasah kemampuanmu sekaligus mengingat kembali pelajaran saat sekolah dulu.

Bahkan untuk sekarang, tidak hanya guru les privat untuk mata pelajaran yang diajarkan di sekolah saja yang dicari. Guru les privat yang bisa mengajarkan berbagai keterampilan seni dan olahraga juga mulai banyak dicari. Contohnya seperti keterampilan bermain piano, drum, golf, berkuda dan  lainnya.

Berkaitan dengan upah yang bisa kamu dapatkan. Semisal untuk les privat mata pelajaran di sekolah. Kamu bisa mematok upah antara 30 ribu sampai 50 ribu setiap pertemuan. Jika kamu masih bingung untuk memulainya, bisa dengan bergabung terlebih dahulu dengan lembaga penyedia jasa les privat.

Tentunya jika kamu bergabung menjadi salah satu guru di lembaga penyedia jasa les privat, kamu tidak mungkin mendapatkan upah sepenuhnya sesuai yang diberikan oleh muridmu. Karena sebagiannya harus diberikan kepada lembaga tempatmu bernaung sebagai bagi hasilnya.

Setelah kamu mendapatkan murid pertamamu beserta pengalaman untuk memulai pekerjaan les privat, barulah kamu bisa mencoba untuk menjalankan pekerjaan ini secara mandiri tanpa bergantung kepada lembaga penyedia jasa les privat.

2Penyelaras atau Penerjemah Bahasa

betranslated.com

Pekerjaan yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki kegemaran menonton film, acara televisi atau rekaman konser yang bahasa pengantarnya menggunakan bahasa asing. Apa pun bahasanya. Bisa bahasa Inggris, Korea, Mandarin dan lainnya.

Pekerjaan penyelaras atau penerjemah bahasa memiliki upah yang lumayan. Setiap proyeknya bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Tergantung durasi dan tingkat kesulitannya. Menjadi alih bahasa memang membutuhkan kemampuan yang benar-benar mumpuni.

3Admin Media Sosial

tehicho.wordpress.com

Sepertinya pekerjaan ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Khususnya bagi kamu yang masih muda. Sejak kecil kamu pasti sudah sangat akrab dengan segala macam jenis media sosial. Sejak jaman friendster hingga sekarang yang macamnya ada banyak sekali.

Sebagai gambaran, kamu cukup mengagendakan rapat tim admin media sosial paling tidak seminggu sekali. Bahasannya lebih banyak berkaitan dengan briefing strategi dan mempromosikan branding akun media sosial yang kamu kelola.

Selebihnya, kamu bisa mengelola akun media sosialmu dimanapun kamu berada. Termasuk di kampus, di tempat kerja atau di tempat tinggalmu.

4Penulis atau Jurnalis Lepas

janganmales.wordpress.com

Menjadi penulis atau jurnalis lepas bagi sebagian orang merupakan pekerjaan yang cukup mudah. Khususnya bagi kamu yang memang memiliki kegemaran atau keterampilan menulis. Mungkin cukup ditambah dengan waktu membaca saja, untuk menambah diksi dalam menyampaikan suatu materi.

Pekerjaan menjadi penulis atau jurnalis lepas tidak memiliki patokan waktu tertentu. Kamu bisa melakukannya di luar waktu pekerjaan utamamu.

5Tukang Ojek

selasar.com

Siapa sangka menjadi tukang ojek merupakan pekerjaan rendahan. Persepsi itu kini sudah mulai hilang di masyarakat. Khususnya sejak mulai maraknya usaha jasa penyedia layanan ojek berbasis online dengan memanfaatkan ponsel pintar.

Bukan hanya pengangguran saja yang memanfaatkan peluang menjadi tukang ojek online ini. Para pegawai yang memiliki pekerjaan utama seperti dosen swasta pun tidak melepaskan peluang menjadi freelancer ojek online.