Back

1. Pembasmian Aborigin dan Maori

Australia adalah benua terkecil di dunia. Letaknya yang berdekatan dengan Asia dan Papua Nugini membuat Australia memiliki ciri penduduk asli yang mirip dengan Asia. Ya, suku asli di Australia adalah Aborigin.

Namun kini kita mengenal penduduk di Australia didominasi ras kulit putih Eropa. Pasalnya, dulu Australia adalah tempat pembuangan tahanan dari Inggris.

Semakin banyaknya narapidana yang dibuang ke Australia, membuat negeri kangguru itu dipenuhi ras kulit putih. Kondisi ini akhirnya menimbulkan konflik ras pendatang dengan suku asli Aborigin.

Karena kalah secara teknologi, akhirnya suku Aborigin semakin terdesak. Jumlah mereka semakin lama semakin menyusut karena pembunuhan dan penganiayaan.

Dalam kehidupan Australia modern, keberadaan suku Aborigin juga belum sepenuhnya diakomodir dalam bidang politik, ekonomi, pendidikan dan layanan sosial lainya.

Hal yang sama terjadi pada Suku Maori yang merupakan penduduk asli Selandia Baru. Terdesaknya Aborigin dan Maori merupakan pembasmian ras yang terjadi karena konflik kepentingan lahan hidup.

source: www.abc.net.au
Back
SHARE