5 Penyebab Sepele Kamu Kena Tilang Polisi

Posted on

Tertib di lalu lintas adalah cermin disiplin masyarakat suatu negara. Kita bisa lihat negara mana yang ditata dengan rapih dan negara mana yang dikelola dengan asal-asalan dari lalu lintasnya. Tapi pernah ga sih kamu khilaf melakukan hal-hal sepele sehingga ditilang polisi di jalan raya? Berikut diantaranya:

1. Motor Tidak Menyalakan Lampu Utama

lagi.online

sumber foto: lagi.online

Semenjak diberlakukan kebijakan menyalakan lampu utama pada sepeda motor, banyak sekali pengendara yang lupa menyalakannya. Alasannya bisa karena hemat aki, lampu rusak, lupa menyalakan, baru tahu peraturan itu, kesenggol, dan sebagainya. Kalau kita kena tilang gara-gara tidak menyalakan lampu utama, ini bener-bener konyol bagi kita. Padahal masalah tinggal pencet tombol lampu motor aja. Apeeesss.. Apeeesss…

2. Menginjak Garis Batas Lampu Merah

foto.batampos.co.id

sumber foto: foto.batampos.co.id

Macetnya jalanan ibukota Jakarta membuat para pengendara kendaraan bermotor “bermanuver” untuk cepat sampai tujuan. Berhenti di lampu merah pun kadang kebablasan karena kepingin ikut kendaraan yang di depan. Wal hasil jika ada polisi yang cukup ganas potroli di lampu merah, tanpa belas kasihan, polisi itu langsung menyuruh kita menepi untuk dikasih “surat cinta”.

 

3. Lupa Perpanjang STNK

liputan6.com

sumber foto: liputan6.com

Jika kita jarang mengecek masa berlaku STNK, bisa hampir dipastikan kita lupa memperpanjang atau membayar pajak kendaraan bermotor. Dalam situasi sehari-hari dimana kita merasa membawa segala surat-surat kendaraan, kita selalu lancar di jalan raya. Tetapi ketika tiba-tiba ada razia dadakan, tanpa diawali rintik dan gemuruh halilintar, kita baru sadar kalau STNK kita belum diperpanjang. Nyeessss…

4. STNK Masih Sama Bapak

satuaspal.com

sumber foto: satuaspal.com

Buat kita yang motornya masih barengan sama ortu, kadang suka lupa ketika pinjam motor untuk membawa STNK. Apalagi saat kita sedang buru-buru dan bapak lagi susah dicari. Yaudahlah bawa aja daripada kelamaan. Ternyata pas baru setengah jalan di depan ada razia polisi. Salah apa gue sama bokap sampe tuh ada razia padahal biasanya kagak ada.

5. Boncengan Ga Pake Helm

polisi kiki widyasari

sumber foto: wonogirinewscoffee.com

Kadang saat kita mau pulang dari kampus atau tempat ketemuan dengan kawan, kawan kita minta dibonceng pulang. Nah, bawa helm tambahan buat sebagian orang itu ngerepotin. Tapi pas kondisi seperti ini butuh banget sama helm.

Namanya setia kawan ya, dibonceng aja temen kita. Lagi-lagi tuh jalanan biasanya kagak ada razia sekarang ada razia. Duh! Besok-besok cium kaki emak dulu dah sebelum pergi keluar rumah biar kagak kena razia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *