Ketika berbicara tentang anak, salah satu hal yang identik dengan dunia anak-anak adalah tentang bermain.

Anak memiliki kesukaan akan bermain, misal saja bermain boneka, berlari-larian dengan teman-temannya, suka menggambar, dan lain sebagainya.

Memiliki buah hati yang masih dalam usia kanak-kanak pastilah kita sangat memperhatikan tumbuh kembangnya.

Sebab dari sanalah kita mulai bisa mendidikan dan melatih kemampuan-kemampuan yang semestinya ia kuasai.

Sebagai orang tua kita dapat melihat perkembangan anak dari bagaimana anak menguasai aktivitas atau permainan.

Melalui permaian orang tua dapat mengajarkan anak untuk melatih keterampilan motorik halusnya. Keterampilan motorik halus adalah keterampilan yang memerlukan gerakan atau otot tangan dan jari.

Misalnya menulis, menggunting, merobek, dan lainnya. Melatih kemapuan motorik halus anak bertujuan agar anak semakin kreatif, terampil, dan tidak kaku.

Maka sebaiknya orang tua tidak hanya memilih permainan yang menyenangkan saja bagi sikecil tapi juga terdapat beberapa unsur pembelajaran di dalamnya. Sehingga anak bisa belajar sambil bermain.

Nah, di bawah ini terdapat beberapa permaian yang bisa dijadikan ide untuk melatih kemampuan motorik halus anak.

Merangkai Puzzle

23 puzzle
rbblebahdaycareplayschool.wordpress.com

Sebagai permulaan, bunda dapat memberikan gambar puzzle dengan potongan yang tidak terlalu banyak. Sebaiknya permaian menyusun puzzle disesuaikan dengan usia anak.

Dengan permainan ini bunda dapat mengajari anak untuk menyusun kembali potongan puzzle yang telah diacak menjadi gambar utuh.

Dalam permainan puzzle anak belajar untuk menempatkan potongan puzzle dan mencocokannya pada tempat yang tepat.

Hal ini secara tidak langsung anak dilatih ketelitian dan konsentrasinya.

Menyusun Lego

23 lego
www.timur-angin.com

Permainan lego tentu tak asing lagi. Biasanya anak suka dalam bermain lego yakni menyusunnya menjadi bentuk-bentuk yang mereka kehendaki.

Melalui permainan ini anak dilatih tidak hanya kemampuan tangannya tapi juga kemampuan berpikirnya merek bebas berimajinasi. Permainan ini dapat melatih kreativitas, konsentrasi dan kecerdasan anak.

Melipat Kertas

23 origami
pgkutempuran.blogspot.com

Seni melipat kertas atau bermain origami juga dapat bunda ajarkan atau paling tidak bisa diperkenalkan kepada anak saat mereka berusia 3 tahun.

Melalui permainan ini secara tidak langsung akan membantu kreativitas anak dan bisa menstimulasi kemampuan motorik halusnya.

Bermain Pasir

23 pasir
www.berbagifun.com

Ketika si anak bermain pasir, biasanya mereka menggunakan alat seperti skop kecil, wadah atau cetakan pasir yang ada untuk membentuk benda yang diinginkan.

Permaianan ini juga dapat melatih perkembangan motorik halus si buah hati.

Bermain Lilin Mainan

23 lilin
www.youtube.com

Saat bermain lilin, anak biasanya meremas, menggulung dan membentuk lilin tersebut menjadi benda atau bentuk yang mereka inginkan. Yang terpenting, bunda harus pandai dalam memilih lilin yang aman untuk digunakan.

Itulah beberapa permainan yang dapat melatih motorik halus si buah hati. Semoga informasi di atas bermanfaat.