Para ayah di Indonesia patut berbahagia. Selain hari Ibu, kini setiap 12 November diperingati sebagai hri ayah.

Ayah memang menjadi idola kita sedari anak-anak hingga dewasa. Sifat-sifat seorang ayah yang mengayomi, melindungi dan memberi petunjuk kehidupan sangat melekat dalam diri kita.

Seperti halnya ibu, ayah juga memberikan kasih sayang kepada anak-anaknya tanpa pandang bulu. Terkadang cara menyayangi ayah cukup unik.

Kita diajak naik gunung, berpetualang di alam bebas, berselancar di pantai sampai hal-hal seru lainnya. Ayah kini menjadi idola nomor satu.

Nah, kedekatan ayah dan anak itu bisa kamu nikmati lewat refleksi di dunia film. Banyak kisah-kisah dalam film yang menokohkan figur sang ayah sebagai pahlawan.

Mereka bisa jadi orang-orang biasa saja, namun melakukan hal-hal yang sangat hebat. Karakter ayah dalam sejumlah film sangat kuat bahkan menjadi inti cerita.

Dengan membaca artikel berikut ini, bisa jadi kamu bakal tertarik nonron lagi sejumlah film ini bersama ayah kamu.

1Bryan Mills (‘Taken’)

richredman.wordpress.com

Tokoh Bryan diperankan oleh aktor kawakan Liam Neeson. Bercerita tentang mantan agen CIA yang berprofesi sebagai konsultan keamanan.

Bercerai dengan istrinya, tak membuat Bryan melupakan sang anak gadis. Namun karena pekerjaannya yang berdekatan dengan bahaya membuat keselamatan kelurganya menjadi taruhan.

Benar saja. Dalam film Taken 1 dan Taken 2, sang anak gadis menjadi sasaran penculikan sekelompok mafia. Nah disitulah figur kebapakan si Bryan muncul.

Dia berjuang sendirian untuk menyelamatkan putri semata wayangnya. Ia dengan gagah berani berusaha menyelamatkan sang putri dengan aksi-aksi heroik. Mau punya ayah seperti si Bryan?

2Chris Gardner (‘The Pursuit of Happyness’)

www.popcornreel.com

Pernah nonton ‘The Pursuit of Happyness’? Jalan ceritanya sedih ya. Kesedihan ini berpusat pada sosok Chris yang demi bisnis harus kehilangan harta benda.

Sampai-sampai Chris tidak bisa menyediakan rumah tempat tinggal bagi keluarganya. Film yang diadaptasi dari kisah nyata ini bercerita tentang perjuangan Chris untuk banting tulang demi kebahagiaan keluarganya.

Jika kamu pengen melihat bagaimana para ayah bekerja keras demi anaknya, film ini layak kamu tonton.

3Mufasa (‘The Lion King’)

tenrandomfacts.com

Siapa yang tak kenal Lion King? namun mungkin kamu lupa nama sang singa yang bijaksana itu. Namanya Mufasa. Si Singa yang bijaksana.

Jika kamu pengen jadi ayah yang bijaksana bagi anak-anak kamu kelak, si Mufasa ini bisa jadi panutan.

Bisa memimpin kawanan dan menurunkan kebiksanaan pada diri Simba

4Marlin (‘Finding Nemo’)

disneyexaminer.com

Siapa yang tidak suka lihat si ikan kecil yang lucu bernama Nemo. Wah kamu tidak bakal bosan melihat film ini berkali-kali.

Kita akan diajak dalam keseruan si Marlin yang mencari si anaknya, Nemo sampai ke ujung Australia. Ceritanya seru.

Karena si Marlin meski melewati berbagai tantangan dan hambatan demi mencari sang putranya yang terpisah.

Perjuangannya tak sia-sia. Marlin akhirnya bisa menemukan Nemo dan berhasil bersatu kembali. Kisah perjuangan Marlin dalam mencari Nemo ini mengharukan.

Malah kita bisa melihat dengan anak-anak untuk menanamkan kasih sayang yang besar seorang ayah kepada anak.

5H. Sabeni (‘Si Doel Anak Betawi)

www.hipwee.com

Nah kalau yang ini ayah legenda. Sabeni si ayah dari Doel yang diperankan H Benyamin S sangat melegenda.

Sosok ayah Betawi yang khas sehingga membuat jalan cerita Si Doel menjadi sangat menarik. Sabeni dengan segala karakter Betawi yang melekat begitu sayang sama Si Doel.

Meski dia orang kampung Betawi dan juaragan oplet, ia ingin anaknya terus sekolah jadi insinyur. Akhirnya berkat dukungan ayahnya, Si Doel berhasil mewujudkan mimpinya.

Wafatnya Benyamin membuat kehilangan cerita Si Doel. Jalan cerita menjadi berbeda dan tak sama lagi. Terlebih Benyamin benar-benar membuat sosok Sabeni menjadi sangat hidup.

SHARE