annida-online.com

5 Strategi Ampuh yang Bikin Kamu Cepat Kaya

Posted on

Kerja keras siang dan malam demi mendapatkan penghasilan maksimal sebenarnya sah-sah saja.

Lalu, bagaimana jika penghasilanmu ternyata hanya numpang lewat? Bahkan kamu belum bisa menyimpan tabungan sepeserpun. Ironis bukan?

Cobalah merenung sejenak. Mungkin saja ada yang salah dengan cara kamu mengatur keuangan sehingga gaji sering habis sebelum akhir bulan.

Padahal, menghemat pengeluaran tidak ada hubungannya dengan besar kecilnya gaji. Kalau gaji kamu kecil, tetap bisa kok mengelola uang agar tidak cepat habis.

Asalkan kamu tidak mengikuti gaya hidup ekonomi dengan prinsip, semakin besar gaji maka semakin besar kebutuhan. Teori semacam itu seharusnya jangan dijadikan contoh.

Kamu hanya perlu memperbaiki pengelolaan gaji yang kamu dapatkan. Jangan sampai gajimu hanya numpang lewat. Bagaimana cara mengelolanya? Ikuti cara berikut ini yuk!

Sisihkan Gaji Untuk Tabungan Tanpa ATM

bareksa.com
bareksa.com

Tabungan zaman sekarang hampir semua menggunakan fasilitas kartu ATM. Ini memudahkan sekaligus membuka peluang untuk cepat menghabiskan uang.

Apalagi kalau kamu hobi belanja, ATM pasti jadi jalan pintas saat uang tunaimu tidak cukup untuk membeli barang yang inginkan.

Solusinya, kamu harus membuka rekening tabungan yang tidak bisa diakses oleh ATM. Banyak kok, bank yang menyediakan fasilitas tabungan tanpa ATM. Dengan cara ini, keuangan kamu lebih terkontrol.

Tapi, upayakan tiap bulan menyetor minimal 10% dari penghasilanmu ya, guys. Dijamin deh, tanpa kamu sadari tabunganmu akan makin bertambah banyak.

Belanjakan Untuk Hal Penting Saja

teropongbisnis.com
teropongbisnis.com

Membelanjakan uangmu untuk hal penting saja bukan berarti kamu hanya belanja kebutuhan primer lho. Maksudnya, kamu harus bisa mengelompokkan antara kebutuhan, tabungan, dan keinginan.

Kalau kamu hanya fokus belanja kebutuhan primer selama satu tahun penuh, kebahagiaan dari sisi ekonomi tidak akan kamu dapatkan.

Cobalah membuat daftar belanja berdasarkan prioritas. Dengan demikian, kamu tetap bisa berhemat dan menabung meski penghasilanmu kecil.

Jangan Tergoda Kartu Kredit

mafiakartukredit.com
mafiakartukredit.com

Kartu kredit sebenarnya dibuat untuk memberikan kemudahan bagi para pengguna uang tunai. Tinggal gesek, langsung bisa bayar belanjaan kamu tanpa mengeluarkan uang tunai.

Pemilik kartu kredit pun dikelompokkan berdasarkan levelnya. Mulai yang berstatus karyawan hingga pengusaha papan atas.

Namun, di balik semua sisi positif itu, ternyata sisi negatifnya lebih berbahaya. Kamu bisa terjerumus dalam kubangan hutang lho, guys.

Utamakan menggunakan uang tunai saja ketika kamu berbelanja. Uang tunai tersebut melambangkan daya beli atau kemampuan ekonomi kamu yang sesungguhnya.

Buat Anggaran Pengeluaran

rifa-mulyawan.blogspot.com
rifa-mulyawan.blogspot.com

Tidak hanya pemerintah saja yang mesti menganggarkan belanjanya, kamu juga harus pandai menganggarkan dana untuk masing-masing kebutuhanmu. Misalnya, biaya transport, konsumsi, tabungan, hiburan, dan lain-lain.

Jika ingin menyimpan dalam bentuk tunai, simpanlah dalam amplop yang berbeda.

Sementara, kalau kamu ingin menabung di bank, gunakan beberapa rekening berbeda. Cara tersebut dapat membantu kamu mengatur keuangan sesuai kebutuhan.

Ubah Sudut Pandang Kamu

annida-online.com
annida-online.com

Uang akan terus mengalir jika tidak kamu tamping,  kalau kata orang Jawa, tidak ada tempelannya. Sekali saja kamu mengeluarkan uang, biasanya akan keterusan. Akibatnya, uang kamu cepat sekali habis.

Agar uang kamu tersimpan rapi tidak dalam bentuk uang tunai, kamu bisa membelikan dalam bentuk benda. Misalnya, kamu beli tanah seharga 25 juta rupiah.

Tanah tersebut kamu simpan saja dan jangan dijual dalam waktu tertentu karena harga tanah semakin lama akan semakin mahal harganya.

okupasi.com
okupasi.com

Kamu juga bisa mengatasinya dengan berinvestasi emas batangan. Sama dengan tanah, harga emas juga akan semakin naik tiap tahun bahkan bulan.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *