Mematikan. Kata ini tepat disandingkan dengan tanaman-tanaman ini. Kemampuannya dalam melumpuhkan hewan dan manusia di sekitarnya sangat perlu diwaspadai. Bahkan sebagian diantaranya dapat berujung pada kematian.

Secara sekilas kamu akan takjub dengan keindahan tanaman-tanaman ini. Beberapa tanaman bahkan menjadi predator hewan. Mungkin kamu tak menyangkanya.

Bagaimana mungkin tanaman yang hanya bisa diam di tempatnya justru menjadikan hewan yang lincah bergerak menjadi makanan favoritnya?

Ada juga tanaman yang memiliki bentuk daun dan bunga yang menawan disertai warnanya yang menawan. Namun dibalik keindahannya, tersimpan berbagai kandungan racun yang sangat berbahaya bagi hewan dan manusia.

Berikut ini lima tanaman yang masuk daftar tanaman paling berbahaya di dunia.

1Giant Pitcher Plant

morgana249.blogspot.com

Tanaman ini memiliki sebutan tanaman kendi raksasa. Kamu coba lihat baik-baik. Sebesar dan setinggi manusia bukan?

Tumbuhan yang banyak ditemukan di Negara Filipina ini memang memiliki bentuk yang sangat mirip dengan kendi. Dia menjadi predator bagi banyak hewan kecil yang mencoba untuk mengambil nektar bunganya.

Nektar yang berada di atas ‘mulut kendinya’ itu memang mengeluarkan aroma khas yang berfungsi untuk mengundang hewan-hewan kecil. Setelah mereka terjebak dan masuk dalam kendi, bagian dasarnya akan mengeluarkan cairan tertentu yang dapat melumat apapun yang masuk.

2Castor Bean Plant

gardenmom29.blogspot.com

Jika berjalan-jalan ke taman, barangkali kamu akan menemukan tanaman yang satu ini. Warna dan bentuknya yang indah membuatnya sering dijadikan bagian tak terpisahkan dari taman.

Warna daunnya merah keunguan. Berbeda dengan warna hijau dedaunan yang dimiliki tanaman pada umumnya. Selain itu, bentuknya juga unik. Membuat banyak orang penasaran dan ingin berada leibh dekat untuk menikmati keindahannya.

Sayangnya, bagi kamu dan makhluk hidup lain yang berada dekat dengan tanaman ini harus selalu waspada. Karena tanaman ini rupanya memiiliki racun mematikan yang hingga saat ini belum ada penawarnya.

3Western Water Hemlock

onlinereport.ro

Tanaman ini memang masih satu family dengan wortel.  Namun jangan disamakan lho ya. Karena tanaman yang banyak ditemukan di Amerika Utara ini memiliki racun cicutoxin yang sangat berbahaya. Bahkan dikenal sebagai tanaman paling beracun di wilayahnya.

Racun ini memiliki efek mematikan bagi manusia seperti membuat gangguan ketenangan alias gelisah terus menerus, kehilangan kesadaran, hingga berujung pada kematian.

Masalahnya, tanaman ini memiliki bunga yang indah. Sehingga bagi yang tidak tahu resiko apabila dekat-dekat dengan bunga ini justru akan tertarik untuk melhat dan memetiknya.

4White Snakeroot

florapittsburghensis.wordpress.com

Inilah tanaman yang berkontribusi besar dalam kematian ibu dari presiden ke-16 Amerika Serikat, Abraham Lincoln. Penyebabnya, sapi perah yang susunya diminum oleh beliau sebelumnya telah mengkonsumsi tanaman White Snakerhoot.

Akibatnya, racun yang berada dalam tumbuhan ini akan bereaksi dengan tremetol dan alkohol jenuh dalam tubuh yang menimbulkan efek kejang otot hingga akhirnya meninggal dunia beberapa saat setelahnya.

Sayangnya, rahasia dari bunga berkelopak putih ini baru ditemukan setelah abad ke-19.

5Monkshood Plant

wala.de

Tumbuhan ini memiliki bentuk bunga yang indah berwarna ungu. Termasuk dalam jenis rumput-rumputan dan banyak ditemukan di wiayah pegunungan di belahan bumi bagian utara. Memiliki fungsi menyerap dan menympan air tanah yang cukup banyak.

Daunnya berbentuk menjari yang setiap bagiannya terdapat duri tajam. Tanaman ini memiliki kandungan racun alkanoid aconite. Siapa saja yang terkena racun ini akan menderita mati rasa, perih dan sesak dada.