Apakah kamu salah satu penggemar kartun Pokemon? Kartun keluaran negeri Sakura tersebut kini hadir kembali dalam sebuah permainan yang banyak digandrungi orang di penjuru dunia.

Adalah Pokemon GO, game yang diluncurkan oleh Niantic dengan bentuk game yang melibatkan gerak di dunia nyata.

Dalam game Pokemon GO kamu akan diposisikan sebagai Pokemon Trainer yang memiliki tugas menangkap Pokemon, merawatnya dan bertarung dengan Pokemon yang kamu dapat.

Saat memainkan game ini, kamu harus pergi keluar rumah untuk mendapatkan Pokemon. Yang menarik juga, kamu bisa melihat secara langsungĀ  ketika Pokemon ada di sekitarmu melalui ponselmu.

Akan tetapi, jika tidak berhati-hati dalam memainkannya bisa mengakibatkan dampak buruk. Terdapat pemberitaan karena keasyikan memainkan game ini orang sampai hampir celaka dan bahkan ada juga beberapa pihak yang memanfaatkannya untuk berbuat jahat.

Nah, berikut beberapa tips agar kamu bisa bermain Pokemon GO dengan aman.

Perhatikan Jalan yang Kamu Lalui

18 juli Mencari-Pokemon-GO
www.wajibbaca.com

Permainan ini memang seru, berbeda dengan kebanyakan game pada umumnya. Kamu dituntun untuk bergerak dalam dunia nyata sehingga membuat game semakin seru.

Saat ada seekor pokemon yang berada di sekitarmu, akan terdapat pemberitahuan yang masuk ke dalam ponselmu. Mungkin kamu bersemangat ketika mengetahui hal itu.

Langsung saja kamu akan bergegas keluar rumah untuk menemukan pokemon ini. Kamu tertarik untuk mengikuti GPS yang tertera di layar.

Jika kamu tak memperhatikan jalan, mungkin akan tersandung atau tersesat. Untuk menghindari hal itu, sebaiknya selain melihat GPS, perhatikan pula jalan yang kamu lalui.

Pastikan Kamu Mengetahui Letak PokeStops

18 juli pokestops
frontlinedesk.com

Jika kamu melihat beberapa PokeStops dan ingin mengujungi salah satunya, sebaiknya pastikan terlebih dahulu tempat yang akan kamu tuju.

Hal ini bertujuan untuk menghindari sesuatu yang tidak diingikan seperti tersesat, bertemu dengan orang jahat, dan lainnya.

Banyak kasus kriminal terkait permainan ini, sebaiknya kamu sangat hati-hati jika berada di tempat baru. Pastikan tempat tersebut aman dan dekat dengan keramaian.

Ingat Waktu

18 juli waktu
www.leblung.com

Dalam permaianan Pokemon Go terdapat beberapa feature yang mengharuskan pemain menunggu selama beberapa menit.

Dalam masa menunggu sampai waktunya selesai, agar tidak terasa bosan biasanya pemain menunggu di PokeStops dan kemungkinan pemain akan bertemu dengan pemain lain.

Kamu juga bisa bertarung atau ngobrol-ngobrol dengan pemain lain. Nah, yang perlu diingat adalah waktu. Jangan sampai kamu menghabiskan banyak waktu untuk bermain Pokemon Go hingga tugas-tugasmu terbengkalai atau yang lebih parah hingga melupakan ibadah.

Bijak dalam Membeli Item

18 juli item
www.youtube.com

Seperti game lainnya, Pokemon GO juga menawarkan item-item yang berbayar. Ketika Pokeball mu habis, kamu harus membelinya di menu Shop.

Unutk membeli item tersebut pertimbangkkan uang yang akan kamu keluarkan sehingga jangan sampai kamu menghabiskan banyak uang hanya untuk game. Banyak kebutuhann lainnya yang harus kamu utamakan.

Kembali ke Dunia Nyata

18 juli nyata
www.youtube.com

Keseruan dari game ini antara lain bermain sambil berada di luar ruangan dan saat kamu bisa menangkap Pikachu menggunakan Pokeball.

Tapi ingat, ini hanya peramainan dan sekedar hiburan. Jangan sampai kamu menghabiskan waktumu untuk permainan ini hinga membuatmu lupa bersosialisasi dan mengerjakan tugas-tugasmu dalam kehidupan nyata.

Semoga tips di atas bermanfaat.