Pilek adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Pilek tidak hanya menyerang orang dewasa, bahkan ia juga menyerang anak-anak atau bayi.

Bayi akan lebih rawan terserang virus pilek sebab sistem kekebalan tubuh pada usia tersebut masih belum sempurna.

Gejala pilek pada bayi yang biasanya muncul adalah hidung tersumbat, bersin-bersin, sakit tenggorokan, ataupun kadang batuk berdahak.

Biasanya jika hidung bayi tersumbat tentu ia susah bernafas, sehingga sang bagi rewel dan susah tidur. Pilek pada bayi berlangsung hingga 10 hari namun tergantng juga dengan daya tahan tubuh dan penangananyang dilakukan orang tua dalam mengatasi pilek tersebut.

Sebagai orang tua pasti akan merasa kasihan ketika bayinya terserang pilek. Penanganan pilek pada bayi tentulah berbeda dengan orang dewasa.

Kita tidak boleh sembarangan dalam mengatasi pilek pada bayi. Agar sang bayi cepat sembuh dari pilek, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua.

Menghirup Uap Alami

21 menguap alami
elytiamutia.blogspot.com

Saat bayi pilek, untuk mengatasinya dapat dengan memberikan uap air panas pada hidung bayi. Caranya cukup mudah, sediakan air hangat pada baskom dan berikan beberapa tetes minyak kayu putih, kemudian biarkan bayi menghirup uap hangat tersebut.

Hal ini bisa membantu melegakan hidung bayi yang tersumbat. Uap alami tersebut selain memberikan kesan rileks pada bayi juga mampu membuat hidung terasa plong.

Menghangatkan Tubuh Bayi

21 mandi
sinichinet.blogspot.com

Berilah kehangatan pada bayi  agar ia merasa nyaman dan membantu  melegakan hidung yang tersumbat. Kamu bisa mengahangatkannya dengan cara memandikan bayi dengan air hangat atau ajak sang bayi berjemur.

Namun, perlu kamu ketahui waktu yang baik untuk menjemur bayi adalah sekitar pukul 07.00 – 08.00 WIB dan dengan waktu kurang dari 15 menit.

Usahakan ketika menjemur bayi, sinar matahari berada pada bagian belakang tubuh bayi, lindungi pula mata bayi dengan menggunakan kain.

Memijat Hidung Bayi

21 pijat hidung
agmarfamily.blogspot.com

Selain hal di atas, kamu juga bisa memberikan pijatan  yang lembut pada hidung bayi. Cara ini dipercaya mamu mengatasi pilek pada bayi.

Pijtan tersebut dapat membuat hidung yang tersumbat terasa lega serta membantu mengeluarkan lendir yang ada pada hidung.

Mengistirahatkan Bayi

21 tidurrr
hellosehat.com

Untuk mempercepat kesembuhan si bayi, kamu dapat mengistirahatkannnya dengan waktu tidur yang lebih banyak.

Cara tersebut juga dapat meningkatkan daya tubuhnya, tentu hal itu akan mempercepat kesembuhan si bayi.

Mengatur Posisi Tidur Bayi

21 posisi
www.rakianingjati.com

Ketika bayi tidur, kamu dapat mengatur posisi tidurnya yakni dengan cara memiringkannya. Jika terlihat hidung bagian kiri yang tersumbat maka miringkan posisinya ke bagian kanan, dan sebaliknya. Hal itu akan mempermudah bayi bernafas saat hidung tersumbat.

Cara di atas dapat dilakukan di rumah dan tentunya aman bagi bayi.