Apakah usiamu sekarang 25 tahun? Jika jawaban kamu, iya, maka tips berikut wajib kamu perhatikan.

Tidak semua wanita mengalami perubahan tubuh dan kulit ketika memasuki usia 25 tahun. Beberapa wanita bahkan tidak melakukan perawatan khusus karena merasa wajahnya masih halus.

Namun, perubahan yang terjadi biasanya tidak disadari. Kebanyakan para wanita lalai memerhatikan kesehatan.

Kelalaian akan kesehatan tersebut mengakibatkan hal fatal karena terlalu lambat dalam mendeteksi gejala yang ada.

Semestinya, kamu tetap memerhatikan setiap detil dari tubuh dan kulit kamu walaupun sudah terlihat sempurna. Kadang-kadang sesuatu yang tidak kamu inginkan terjadi ketika kamu mengabaikan kesehatan tubuhmu.

Nah, kalau kamu telah menginjak usia 25 tahun ke atas, penting banget memerhatikan tips-tips di bawah ini. Tujuannya supaya kesehatan tubuh tetap terjaga.

Yuk, simak ulasannya!

1Cek Payudara Secara Rutin

sistersdyne.com

Payudara merupakan salah satu bagian tubuh yang penting bagi wanita. Namun, seringkali bagian ini justru terabaikan oleh kebanyakan wanita.

Padahal, pemeriksaan payudara secara rutin penting untuk menjaga kesehatannya. Cobalah membuat janji dengan dokter atau paramedis spesialis payudara untuk menjalani pemeriksaan rutin.

Kalau malas bertemu dokter, kamu juga bisa mengecek kondisi payudara sendiri. Periksalah apakah terdapat kelainan atau benjolan di sekitarnya. Hal tersebut penting agar apabila terlihat gejala aneh dapat terdeteksi lebih dini.

2Mencatat Jadwal Menstruasi

coretanseribupena.blogspot.com

Banyak perempuan yang enggan mencatat tangga awal menstruasi sehingga tidak tahu saat ada gejala aneh di tubuhnya.

Terlebih bagi kamu yang berencana menikah atau sudah menikah, tentunya mencatat rutinitas haid wajib dilakukan. Jadwal menstruasi dapat dijadikan sebagai indikasi kehamilan dan kenormalan periode menstruasi.

Tapi, bagi kamu yang belum menikah juga penting lho ya. Biasakan mencatat tanggal bermula dan berakhirnya menstruasi agar kamu dapat mewaspadai jika muncul gejala aneh di tubuh kamu.

3Pakailah Pelembab Setiap Hari

kosmeklik.com

Selain kesehatan, kecantikan juga penting diperhatikan. Meski tidak sepenuhnya berpengaruh langsung terhadap kesehatan, tapi bukan berarti kamu meremehkannya.

Bagi kamu yang berusia 25 tahun ke atas, sangat disarankan untuk memakai pelembab dengan kandungan SPF setiap hari. Penggunaan pelembab akan melindungi kulitmu dari bahayanya paparan sinar matahari.

Paparan sinar matahari disinyalir dapat memicu kanker kulit. Itulah sebabnya, peranan SPF sangat penting bagi kesehatan kulit kamu.

Saat malam hari, kamu bisa memakai krim malam sebelum tidur. Pemakaian krim malam terbukti membuat kulit kamu semakin sehat, bebas flek hitam, dan keriput dini.

4Diet Sehat, Bukan Diet Cepat

tergila.com

Hampir semua wanita sering mengeluh jika berat badannya naik atau tidak ideal lagi. Berat badan berlebih memang sebuah masalah bagi wanita, baik dari segi penampilan maupun kesehatan.

Wanita gemuk seringkali kehilangan rasa percaya dirinya. Kesehatannya pun justru cenderung menurun.

Lain halnya, ketika kamu bertubuh gemuk tapi tidak pernah mengalami sakit berat, berarti berat badan kamu masih normal. Hanya saja penampakan kamu terlihat lebih subur.

Boleh-boleh saja melakukan diet, namun dietnya harus sehat. Artinya, kamu tetap harus sarapan dan makan malam agar tidak jatuh sakit.

Yang harus kamu kurangi adalah makanan berlemak dan menunjang pertambahan bobot badan.

5Cuek dengan Keputihan

barusip.com

Keputihan memang tidak selamanya membahayakan. Karena keputihan ada dua jenis, yaitu normal dan abnormal.

Keputihan normal terjadi sebelum kamu mengalami menstruasi. Namun, jika keputihan terjadi terus menerus di hari-hari biasa, berarti ada yang salah dengan kesehatan tubuh kamu.

pikhospital.co.id
pikhospital.co.id

Barangkali keputihan yang kamu alami setiap hari merupakan gejala penyakit berbahaya. segera konsultasikan dengan dokter spesialis agar kamu bisa mengetahui lebih dini gejala yang ada.