Apakah kamu ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri sesuai impianmu? Bila iya, maka artikel ini sangat cocok untukmu. Khususnya bagi kamu yang berniat untuk masuk ke perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN.

Strategi untuk memenangkan SNMPTN memang banyak sekali. Namun ada sekitar 5 hal mendasar yang perlu kamu ketahui dan jalankan. Sehingga kamu bisa berhasil mengikuti SNMPTN dan bisa masuk ke perguruan tinggi sesuai dengan impianmu.

Sebelum itu, kamu perlu tahu seperti apa jalur masuk SNMPTN itu. SNMPTN merupakan salah satu gerbang masuk ke PTN melalui ujian tertulis. Istilah SNMPTN telah berubah berulangkali. Berawal dari nama UMPTN, berganti menjadi SPMB dan terakhir SNMPTN.

Ada ratusan ribu peminat yang mengikuti jalur SNMPTN, namun hanya sedikit yang bisa lolos untuk masuk PTN. Seleksinya pun tak pandang bulu. Walaupun anak pejabat, jika nilainya tidak memenuhi syarat tetap saja tidak bisa lolos.

Jadi, tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk menjalankan beberapa tips berikut ini. Semoga setelah kamu menjalankannya, kamu bisa mengikuti SNMPTN dengan hasil yang memuaskan.

1Kamu Harus Percaya Diri

dedenhendrayana.com

Ibaratkan mengikuti SNMPTN seperti mendaki gunung tertinggi, maka pastikan dirimu memiliki kepercayaan diri untuk menaklukkannya atau kamu akan tergelincir jatuh dan tidak bisa sampai puncak.

Ingatlah para pemain bulutangkis Indonesia. Mereka memang telah memiliki kemampuan dan teknis yang diakui di dunia Internasional. Namun ketika berhadapan dengan tim dari Cina, seolah-olah kemampuan mereka tidak akan mampu mengalahkannya.

Padahal faktor yang pada akhirnya sering membuat tim bulutangkis Indonesia harus kalah dengan Tim Cina terletak pada faktor mental kepercayaan diri kedua belah tim. Secerdas dan sekaya apapun kita, jika tidak memiliki kepercayan diri maka hasilnya pun tidak akan maksimal.

2Latihan, Latihan dan Latihan Terus!

khezo.com

Jangan sampai merasa bosan untuk terus latihan lho ya. Ibarat pasukan perang, mereka harus latihan hingga berpeluh keringat daripada harus kalah dan terluka bersimbah darah.

Perbanyaklah mengerjakan latihan soal-soal SNMPTN. Cari soal SNMPTN dari 5 tahun sebelumnya. Bila perlu, kerjakan latihan soal setiap hari. Ikuti pula try-out SNMPTN sesekali untuk menguji kemampuanmu.

3Ikut Acara Motivasi

mystaedtler.com

Tips ini cocok bagi kamu yang masih merasakan ragu dan kurang percaya diri dalam menghadapi SNMPTN. Biasanya kamu akan mendapatkan charge semangat menjelang hari-H. Pilihlah acara motivasi yang diselenggarakan lembaga yang sudah ternama dan terbukti kualitasnya.

4Kerjakan Soal dengan Strategi

1080.com

Pasang strategi dalam mengerjakan soal ketika sudah memasuki ‘arena pertarungan’ SNMPTN. Ketahui aturan pemberian nilai di SNMPTN. Contohnya, jika kamu bisa menjawab dengan benar mendapat poin 4, jika salah dikurangi 1 dan jika tidak dijawab tidak mendapat poin.

5Libatkan Tuhan dalam Impianmu

fenditazkirah.blogspot.com

Setelah kamu berjuang secara penuh dengan giat belajar dan mengerjakan soal dengan penuh percaya diri, jangan lupa untuk selalu melibatkan Tuhan dalam setiap prosesmu itu. Manusia memang hanya bisa berusaha, dan Tuhan lah yang akan menentukannya.