Kini, menjadi pengusaha sukses di usia muda sudah bukan lagi isapan jempol. Banyak para pemuda yang telah membuktikan bahwa berwirausaha saat masih menjadi pelajar atau mahasiswa tetap berpeluang meraih sukses menjadi pengusaha.

Mereka telah berhasil menjadi bos bagi diri mereka sendiri. Memiliki waktu bekerja yang lebih fleksibel dan juga pemasukan yang tidak sedikit.

Bagi kamu yang juga memiliki keinginan yang sama untuk menjadi pengusaha sukses di usia muda. Sudah saatnya untuk segera melakukan langkah pertama dalam berwirausaha. Namun, ada beberapa alasan yang bisa kamu jadikan patokan sebelum memulainya seperti berikut ini.

1Modal Adalah Amunisi Utama

konsultanpendidikan.com

Sebagaimana bensin atau pun solar yang diperlukan untuk menjalankan mesin mobil. Modal juga menjadi “bahan bakar” utama untuk memulai menjalankan suatu bisnis. Keinginan yang besar untuk menjadi pengusaha tentunya harus diimbangi dengan modal yang cukup untuk menjalankan bisnis.

Tidak usah terburu-buru menjadi pebisnis hingga harus berhutang kesana kemari untuk mendapatkan modal. Kamu perlu memastikan uang tabunganmu cukup untuk menjalankan bisnismu di awal merintis usaha.

Jangan sampai modal yang dibutuhkan di awal usaha justru nantinya menjadi batu sandungan. Tentunya kamu juga tidak ingin merepotkan orang tua atau malah memiliki banyak hutang semata-mata karena perencanaan modalmu kurang matang.

2Strategi Jitu

blog.jejualan.com

Jika modal merupakan bahan bakar agar bisnismu dapat berjalan, maka strategi dalam berbisnis merupakan motor penggeraknya. Kamu tidak perlu tergesa untuk segera memulai menjadi pengusaha. Apalagi jika langsung ingin menjadi besar.

Sebaiknya kamu terlebih dahulu membuat beberapa perencanaan strategi untuk menjalankan bisnismu. Bila perlu, buatlah lebih dari satu rencana bisnis dengan riset yang matang berkaitan dengan produk dan calon konsumenmu nanti.

Memiliki lebih dari satu strategi akan membuatmu lebih siap dalam menghadapi berbagai permasalahan bisnis yang akan kamu hadapi kelak. Strategi yang matang merupakan jalan keluar untuk permasalahan yang muncul.

3Pribadi yang Suka Menghadapi Tantangan

www.discovertasmania.com.au

Milikilah karakter yang suka dengan hal-hal yang baru atau haus akan tantangan. Sifat yang satu ini akan menjaminmu lebih siap dan terus bertahan sebagai seorang pengusaha. Sehingga jalanmu ke arah sana akan lebih mudah.

Karakter ini menjadikan pribadi yang lebih kuat dari sebelumnya. Segala permasalahan baru yang muncul bukan lagi dianggap menjadi halangan. Sebaliknya permasalahan tersebut menjadi motivasi bahwa usaha yang sedang kamu rintis telah memasuki level berikutnya.

4Merasa Sudah Bosan dengan Zona Nyaman dan Ingin Segera Keluar Darinya

thenextweb.com

Jika kamu sudah mulai merasa bosan dengan statusmu sekarang. Artinya kamu sudah siap menjadi pengusaha.

Seperti menjadi seorang karyawan yang menjaminmu untuk mendapatkan pemasukan setiap bulannya. Namun konsekuensinya, kamu harus menyelesaikan setiap pekerjaan selalu tepat waktu. Juga harus selalu patuh dengan atasan.

Dan yang paling penting kamu akan stuck pada kondisimu sekarang sehingga tidak dapat menajamkan skill yang kamu miliki atau menambah skill yang lain. Karena pekerjaan yang kamu lakukan hanya sebatas itu-itu saja.

Jika kamu sudah merasa tidak nyaman berada di zona nyamanmu sekarang. Artinya kamu sudah siap untuk segera merintis usaha mandiri demi masa depan.

5Kamu Yakin Dapat Mengatur Diri Sendiri

youtube.com

Jika kamu merupakan pribadi yang disiplin dan merasa yakin dapat mengatur diri sendiri. Maka kamu dapat dikatakan mampu bertanggung jawab dengan apa yang kamu kerjakan. Ketika nanti kamu menjadi pengusaha, semua tanggung jawab akan menjadi bagian dari hidupmu.

6Bertemu dengan Mentor Berpengalaman yang Siap Mendampingimu

crystalconsulting.co.ke

Inilah alasan terkuat untuk kamu harus segera mulai membangun bisnismu sendiri. Ketika kamu telah bertemu dan belajar dari mentor yang tepat dan berpengalaman di bidangnya.

Setelah bertemu dan menjalin hubungan dengan mereka, kamu bisa memulai bimbingan dalam merintis bisnis. Keuntungannya, mereka dapat membantumu memetakan rute bisnis dengan penuh kemantapan. Karena mereka sudah berpengalaman dan telah melalui rute-rute itu.