Bagi kamu yang belum pernah ke Singapura, cobalah pergi ke sana. Setidaknya sekali seumur hidup. Mengapa? Alasannya, pertama, lokasi Singapura tidak terlalu jauh dari Indonesia. Kedua, lama perjalanan hanya dua jam saja.

Alasan ketiga adalah ketika kamu sampai di sana, kamu akan merasakan atmosfir yang sangat berbeda dengan Negara Indonesia atau negara manapun. Padahal, Singapura memiliki luas wilayah yang lebih kecil dari Jakarta.

Namun, banyak sekali tempat-tempat menarik di sana. Hanya saja, kamu harus sangat berhati-hati saat tiba di Singapura. Pasalnya, berbagai aturan yang akan membuat kamu tercengang benar-benar diterapkan di sana.

Jika melanggar, kamu akan kehilangan ratusan hingga miliaran rupiah dari rekening kamu. Mengerikan bukan?

Meskipun kamu adalah warga negara asing tatkala di Singapura, tapi aturan tersebut berlaku untuk semua kalangan. Sebagaimana pepatah, di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung.

Supaya kamu memiliki pengetahuan tentang aturan di Singapura dan tidak terjebak dalam pelanggaran, mendingan baca ulasan berikut ini. Let’s go!

1Mengunyah Permen Karet Didenda Miliaran

boombastis.com

Ini memang faktanya, kalau kamu ketahuan mengunyah permen karet di Singapura, kamu bisa dijatuhi denda $ 100 ribu atau setara 1,3 miliar rupiah. Fantastis bukan?

Jika tidak dapat menebus denda, hukuman gantinya adalah kurungan penjara dua tahun. Dan aturan tersebut benar-benar diberlakukan.

Penggunaan permen karet hanya diperbolehkan untuk kepentingan medis. Selebihnya, sangat diharamkan dengan alasan kebersihan.

2Dilarang Meludah

boombastis.com

Hati-hati kalau meludah di Singapura. Jangan meludah di mana pun jika tidak ingin didenda 136 juta rupiah.

Kedengarannya aturan tersebut terlalu berlebihan. Namun, faktanya, Singapura menjadi negara paling bersih karena tidak ada satu pun warganya yang berani meludah di mana saja.

3Dilarang Pakai Wifi Tetangga

youtube.com

Di Indonesia, mungkin kamu sudah biasa memakai fasilitas wifi tetangga atau siapapun ketika tidak dikunci password.

Lain halnya dengan Singapura, yang memberlakukan larangan memakai wifi milik orang tidak dikenal alias tetangga. Singapura sangat menjaga privasi sehingga aturan ini pun ketat sekali.

Kalau melanggar, dendanya mencapai $ 10.000 atau sekitar 136 juta rupiah yang dibayar saat itu juga. Pilihan hukuman lainnya saat tidak mampu membayar denda, yakni 3 tahun kurungan penjara.

So, apakah menurutmu aturan tersebut menakutkan?

4Lupa Menyiram Toilet Umum

indotrading.com

Lupa merupakan hal manusiawi. Seperti halnya lupa menyiram toilet. Namun, di Singapura, kamu tidak boleh lupa menyiram toilet umum. Jika kamu ketahuan melanggarnya, kamu bisa kena denda $ 150 yang setara dengan 2 juta rupiah.

Walaupun aturan tersebut terdengar kejam, akan tetapi hasilnya toilet di Singapura bersih, rapi dan bebas bau tak sedap.

5Dilarang Telanjang di Dalam Rumah

boombastis.com

Peraturan yang satu ini memang sangat unik. Pemerintah Singapura melarang warganya untuk melepaskan semua pakaiannya di dalam rumah. Padahal, hal tersebut adalah hak dan privasi bagi setiap orang.

Tapi, Pemerintah Singapura dengan tegas melarang warganya. Jika ketahuan, denda yang dikenakan cukup besar, yakni $ 2000 atau sekitar 27 juta rupiah.

Bagaimana kalau tidak mampu membayar denda? Tentu saja ada hukuman penggantinya, yaitu hukuman penjara selama 3 bulan.

6Hukuman Membawa Narkotika

dluvux.blogspot.com

Dalam hal ini Pemerintah Singapura tidak pandang bulu, meskipun warga negara asing. Siapa saja yang membawa narkotika, akan dijatuhi hukuman denda sebesar $ 20.000 atau setara dengan 273 juta rupiah.

Kalau tidak bisa menebusnya, siap-siap saja menghabiskan 10 tahun di dalam penjara. Bahkan Pemerintah Singapura tidak segan-segan menjatuhi hukuman mati, lho. Ekstrim sekali bukan?

Pada akhirnya, Singapura mendapat julukan fine city karena saking banyaknya denda yang diberlakukan. Jadi, selalu berhati-hati dan taati peraturan ketika berada di sana ya, guys.

SHARE