Tugas, tugas, dan tugas. Saat kamu melirik kalender di samping mejamu kepaalamu seakan berputar  dan matamu tak sanggup melihat jejeran lingkaran pada beberapa angka di sana.

Yup, deadline menanti! Pernahkah kamu mengalami keadaan seperti itu? Dimana semua serba deadline. Sehingga membuatmu mengalami pikiran yang berat dan mengakibatkan stres.

Stres adalah kondisi dimana seseorang merasa tertekan, tegang, maupun cemas dan jenuh. Mungkin setiap orang pernah mengalami stres, dan mereka mempunyai cara sendiri-sendiri  dalam mengatasinya.

Memang faktor penyebab stres berbeda-beda, salah satunya adalah karena pekerjaan di kantor dan tugas-tugas yang harus diselesaikan tepat waktu.

Stres dapat mengakibatkan beberapa dampak terhadap perilaku seseorang, antara lain pola makan yang tidak teratur, pola tidur yang kurang baik, bisa jadi sulit tidur atau lebih sering begadang.

Dampak-dampak tersebut dapat mempengaruhi kesehatan. Biasanya ketika pikiran kita berat maka tubuhpun akan ikut merasakan.

Nah, bagi kamu yang saat ini sedang dilanda stres akibat banyaknya deadline, beban pekerjaan ataupun tugas kantor yang menumpuk, berikut beberapa cara yang ampuh mengatasi stres.

1Tontonlah Acara Komedi

widdi.co

Kamu sudah merasa jenuh? Malas? Atau merasa tak tak bersemangat lagi ketika menyelesaikan tugas?

Nah, saat kamu sudah tidak memiliki konsentrasi dan semangat dalam mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaanmu, tingglkanlah tugas-tugas tersebut sejenak.

Ambil remote televisimu, nyalakan untuk menonton acara-acara lawak atau komedi. Tayangan komedi ini menyuguhkan tontonan yang lucu sehingga kamupun akan terhibur.

Disadari atau tidak hal ini bisa membuat rasa jenuh yang kamu rasakan hilang sesaat sehingga pikiranmu terasa fresh.

Saat kamu kembali memiliki semangat baru, mulailah mengerkajan tugas-tugas tadi.

2Olahraga

kumpulan-artikel-olahraga.blogspot.com

Kita semua tahu bahwa olahraga sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Ketika kamu sedang mengalami stres, tubuhmu tentu mengalami penurunan dan terasa lemah bahkan mudah jatuh sakit.

Maka dari itu meskipun kamu sibuk dengan segudang deadline yang menanti, usahakan ditengah kesibukan tersebut kamu tak lupa untuk melakukan olahraga.

Sehingga otot-ototmu yang tegang dapat rileks kembali dan tubuh terasa segar.

3Makan Makanan Bergizi

www.krim-td.ru

Selain olahraga, tubuhmu juga perlu asupan makanan yang bergizi. Sesibuk apapun kamu, usahakan jangan memakan makanan yang kurang baik bagi kesehatan seperti junk food.

Hal itu agar stamina tubuhmu terjaga sehingga tubuhmu memiliki daya tahan yang kuat.

4Tidur Cukup

assets.kompas.com

Ketika tugas menumpuk dan deadline di depan mata, kebanyakan orang memilih untuk tidur larut malam atau begadang demi menyelesaikan tugas-tugasnya.

Istirahat yang cukup adalah salah satu faktor penting dalam menjaga kesehatan. Orang yang kurang tidur bisa membuat tubuh terasa lemas, sakit kepala dan mudah sakit.

Maka dari itu hindari tidur larut malam.

5Pergi Bersama Teman-teman

www.ceritadinding.com

Sisihkan waktu satu atau dua jam untuk pergi bersama teman-temanmu. Kamu bisa sharing atau ngobrol dengan mereka, atau nonton bareng.

Suasana yang berbeda, lingkungan luar rumah yang jauh dari kepenatan dan tugas-tugas. Setidaknya kamu meraskan hal yang membuat otak dan pikiramu segar kembali.

Setelah kamu merasa lebih baik, kamu dapat kembali melanjutkan pekerjaanmu.

6Liburan Setelah Tugas Selesai

kreditgogo.com

It’s time for holiday…!” Sudah selesai tugas dan pekerjaan yang selama ini membebani pikiranmu, saatnya liburan.

Liburan adalah jawaban yang sangat tepat untuk merefresh kembali tubuhmu yang lelah. Kamu dapat berlibur bersama keluarga ataupun teman-temanmu.

Kamu akan merasakan suasana yang berbeda jauh dari rutunitas dan deadline yang sebelumnya membayangimu.

So, bagi kamu yang mengalami stres ketika deadline ‘mengahantui’, kamu dapat melakukan hal-hal di atas.

Lakukan langkah-langkah yang tepat agar kamu terbebas dari tekanan-tekanan yang ada.