Banyak cara melenyapkan keloid dari tubuh kamu. Lalu, manakah yang paling sesuai untuk kamu?

Berbagai efek ditimbulkan dari adanya keloid, seperti rasa gatal, perih, dan tentunya sangat mengganggu penampilan. Adakah cara ampuh untuk menghilangkan keloid?

Mari kenali keloid, ciri-ciri dan penyebabnya sebelum kamu mengetahui cara terampuh untuk membasmi keloid.

Kamu pernah mendapatkan luka di tubuh? Biasanya menimbulkan bekas. Nah, keloid tersebut merupakan sebutan untuk tanda bekas luka yang tidak hilang dalam kurun waktu lama.

Keloid terlihat agak menonjol di permukaan kulit, teksturnya lembut dan warnanya merah muda atau keunguan.

Apa bedanya dengan luka biasa? Bedanya terletak pada bekasnya. Kalau luka biasa, lama-lama bekasnya menyusut dan hilang. Tapi, jika keloid justru menebal dan tidak menyusut sekalipun mengalami proses penyembuhan.

Penebalan itu terjadi di area luka (hypertrophic scars). Mungkin bisa hilang namun perlu waktu kurang lebih satu tahun atau lebih. Parahnya lagi, keloid dapat melebar keluar area luka.

Keloid muncul pasca operasi atau setelah peradangan kecil. Bekas jerawat di dada juga dapat menyebabkan keloid walaupun tidak iritasi. Terlebih kalau orang tersebut pernah memakai tindikan, keloid jelas akan terlihat.

Bagaimana cara mengenali keloid? Mudah sekali. Coba perhatikan bagian tubuhmu, adakah yang berwarna lebih terang? Jika ada, berarti itulah keloid. Ciri lainnya yakni permukaan yang lebih lebar dan terasa sakit saat disentuh.

Penyebab munculnya keloid belum diketahui secara pasti. Disinyalir, penyebabnya yakni karena perubahan sel yang mengontrol pertumbuhan dan proliferasi atau siklus pengulangan sel tanpa hambatan.

Siapapun bisa terkena keloid, baik laki-laki maupun perempuan. Tapi, paling sering ditemukan pada anak-anak dan orangtua. Ada juga yang disebabkan oleh faktor genetik.

Daerah favorit keloid yaitu di dada, punggung, bahu, rahang, dan telinga. Wajah merupakan bagian yang jarang menjadi tempat munculnya keloid.

Ada 6 cara ampuh yang bisa kamu pakai ketika menemukan keloid bersarang di tubuhmu. Tanpa berpanjang lebar lagi, langsung saja yuk, simak pemaparannya di bawah ini.

1Suntik Kortison

rabhe.wordpress.com

Jika kamu termasuk orang yang tidak sanggup menahan sakit, cara ini cocok untukmu. Selain tidak begitu sakit, suntik kortison juga aman.

Suntik kortison dilakukan pada area keloid selama 4 sampai 8 minggu sekali. Tindakan suntik kortison secara teratur dapat membantu meratakan keloid.

Pada perkembangan lebih lanjut, keloid akan berkurang dan nampak lebih baik. Tapi, kulit bekas keloid tetap terlihat berbeda dari kulit normal sekitarnya.

2Operasi Bedah

octojames.blogspot.com

Bagi kamu yang bernyali, bisa melakukan operasi bedah untuk memotong keloid. Memang cukup berisiko karena setelah keloid diangkat dapat memicu tumbuhnya keloid baru.

Hal tersebut dapat dicegah dengan cara menyuntikan steroid pada bagian luka selang beberapa bulan pasca operasi.

3Terapi Laser Pulsed Dye

youtube.com

Warna merah keloid dapat dikurangi dengan menggunakan terapi laser. Cara seperti ini cukup aman dibandingkan operasi bedah. Rasa sakit yang ditimbulkan pun tidak seberapa. Hanya saja perlu tindakan medis tambahan dan biayannya juga mahal.

4Gel Silikon

id.aliexpress.com

Kamu pasti tidak asing lagi dengan silikon. Ternyata, gel silikon bisa menghilangkan keloid, lho. Cobalah berikan gel silikon di area keloid secara rutin selama beberapa bulan. Hasilnya, keloid akan hilang secara perlahan.

5Cryotherapy

businessinsider.com

Penyembuhan metode ini dilakukan dengan memanfaatkan cairan nitrogen. Cairan tersebut bekerja untuk membekukan keloid. Keloid yang dibekukan akan kembali rata. Namun, daerah bekas keloid warnanya lebih terang.

6Interferon

wikimedia.org

Sebenarnya, interferon ini ada dalam tubuh manusia. Ia adalah protein untuk melawan virus dan bakteri sekaligus sebagai sistem imun.

Menyuntikan interferon ke bagian keloid terbukti ampuh mengurangi ukuran keloid. Walaupun tidak dapat dipastikan berapa lama dapat bertahan.

Itulah tadi sedikit ulasan tentang cara menghilangkan keloid. Pilihlah cara yang tepat dan sesuai dengan kemampuanmu. Semoga bermanfaat!

SHARE