Memiliki tubuh yang ideal adalah dambaan bagi setiap orang, baik pria maupun wanita. Berat badan yang berlebih selain membuat rasa tidak percaya diri, juga berdampak tidak baik bagi kesehatan jika tidak mengikuti pola hidup yang sehat.

Maka tidak heran, banyak diantara mereka yang memiliki berat badan berlebih berupaya untuk melakukan diet.

Namun tidak semua diet membuahkan hasil, alih-alih ingin mengerem nafsu makan malah membuat tubuh jadi semakin gemuk karena tak mampu menahannya.

Studi dari USDA Human Nutritition Research Center on Aging at Tufts University, menemukan bahwa “94 persen orang yang berdiet mengalami dorongan nafsu makan berlebih.”

Dorongan tersebut yang sering menggagalkan diet. Memang tidak bisa dipungkiri kebutuhan akan makan dan rasa ingin makan terkadang tidak bisa terbendung, apalagi bagi kamu yang hobi ngemil.

Berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk meredakan nafsu makan dan ngemil berlebih.

Atur dan Kendalikan Keinginanmu

kiki widyasari tukang makan
entermedi.blogspot.com

Disadari atau tidak, godaan makanan ada di mana-mana. Salah satu kenikmatan hidup adalah pada makanan, jika tidak dikontrol maka nafsu untuk makan akan terus bertambah.

Kamu dapat mengendalikan keinginan makananmu salah satunya dengan cara hindari makanan yang kamu sukai.

Misalnya kamu suka makanan di toko roti atau restaurant tertentu, maka pilihlah rute jalan yang tidak melewati tempat-tempat itu.

Dan di rumah pun usahakan untuk tidak menyimpan makanan tersebut di rumah, jika kamu menyimpannya pasti keinginan untuk makan akan ada.

Dengan tidak melihatnya, keinginan tersebut akan berkurang bahkan bisa jadi kamu akan melupakannya.

Pergi Tidur

ilustrasi-tidur
agentoko4d.blogspot.com

 

Menurut Steven Shea, Ph.D dari Oregon Health dan Science University dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada The Journal of Obesity,

Ini hasil dari sistem sirkandia Anda,yang mendorong nafsu makan saat matahai terbenam, memberi tahu Anda untuk terus makan untuk menyimpan energi sampai makan berikutnya.

Keinginan tersebut mencapai puncak pada pukul 20.00 dan tetap tinggi sampai tengah malam. Maka dari itu untuk menekan keinginan makan atau mengemil pada malam hari sebaiknya jangan tidur malam-malam.

Rasa lapar itu akan muncul jika tidak cukup tidur, bahkan dapat memicu hormon rasa lapar sehingga menimbulkan keinginan makan yang berlebih.

Katakan “Nanti” Pada Dirimu

17 stop
beratbadankuideal.blogspot.com

Jika keinginan untuk makan berlebih muncul cobalah untuk tidak menurutinya, dengan kata lain kamu harus menunda untuk memenuhinya. Siapa tahu keinginan tersebut akan hilang.

Dengan menunda kesenangan dapat meredakan keinginan yang berlangsung saat itu. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa setelah beberpa saat berlalu, sangat mungkin keinginan makan dan ngemil tersebut akan hilang.

Jangan Melawannya

17 camilan
infokuliner.com

Jika kamu ingin beberapa makanan lezat seperti keripik, pizza, gorengan atau apapun itu, akuilah bahwa kamu menginginkannya.

Jangan mencoba melawan perasaan itu, sebaiknya akuilah dan ‘berselancarlah’ dengannya. Sebab jika kamu melawan arus itu, kamu akan panik dan kehabisan tenaga.

Makan Cukup

17 makanan sehat
sehatgratis.com

Kebanyakan wanita yang mencoba untuk mengabaikan atau melawan rasa laparnya, mereka akan memiliki keinginan kuat untuk makan atau ngemil berlebih pada waktu makan berikutnya.

Sebaiknya pastikan tubuhmu terpenuhi dengan asupan makanan yang seimbang seperti karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan nutrisi.

Penuhi Asupan Protein

17 protein
pondokibu.com

Sebuah studi di Wageningen University di Belanda mengungkapkan bahwa kurangnya asupan protein mendorong hasrat makan.

Maka dari itu penuhilah asupan protein untuk tubuh. Kamu bisa memilih sumber protein yang baik seperti dari telur, kacang-kacangan, atau biji-bijian.

Siap untuk melakukan cara di atas? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.