Kamu yang mengalami masa kecil di tahun 90-an pasti mengenali kuliner yang satu ini. Makanan khas yang membuat waktu itu menjadi masa yang paling menyenangkan buat kamu. Apalagi harganya masih murah-murah.

Godaan genit makanan-makanan unik di akhir abad 20 pasti sering membuatmu merengek minta dibelikan. Siapa sih yang tidak tergoda? Selain makanan, kuliner es juga populer di kala itu. Pesona es krim di era 90-an mungkin tidak akan kamu temui lagi di masa kini.

Kalaupun ada, biasanya sudah mendapatkan inovasi baru dan harganya juga lebih mahal. Penasaran kan seperti apa bentuk rupa es krim era 90-an? Buat kamu anak-anak abad 21, yuk intip ulasan berikut ini.

1Es Kue

mocilbukanmonik.blogspot.com

Ingat kue berwarna-warni yang didinginkan? Itulah yang namanya es kue. Es kue terbuat dari kue hungkwe yang didinginkan dan dibekukan. Biasanya ada tiga kombinasi warna, seperti warna merah, kuning, dan hijau.

Soal rasa? Gurih, manis, dan dingin tak terkira. Meskipun terasa ngilu, tapi es kue sangat lezat dan menggugah selera. Terlebih kalau ditambahkan susu kental manis, kelezatannya berlipat-lipat ganda. Jadi ingin mencicipinya bukan?

2Es Goyang

mirnaronie.blogspot.com

Apa yang kamu pikirkan tatkala mendengar kata es goyang? Kamu yang tidak mengalami masa tahun 90-an pasti berpikir es ini bergoyang-goyang saat dimakan. Ternyata tidak. Es goyang sama seperti es lainnya. Hanya saja, keunikannya terletak pada penjual esnya.

Si penjual selalu menggoyang-goyangkan gerobaknya ketika menawarkan jajanan ini untukmu. Cara membuat es goyang yakni dengan memutar wadah es lalu menusukan es ke dalam lidi atau tusuk sate. Biasanya selalu disajikan bersama taburan coklat cair.

Rasanya? Fantastis, dingin, dan lezat.

3Es Payung

bintang.com

Tidak tahu mirip payung dari sisi mananya es yang satu ini. Pasalnya, es payung justru lebih mirip permen lollipop. Es payung dibuat dari es batangan yang diserut lalu ditumpahkan ke dalam cetakan. Cetakannya pun macam-macam tak hanya menyerupai payung.

Meski tak mirip payung betulan, es tersebut memang popular dengan nama es payung. Sayangnya, sekarang sudah jarang ditemui di sekitar kamu.

Hayo, masih mikir mau beli es payung?

4Es Potong

mricecreamblog.wordpress.com

Es potong merupakan es favorit di kalangan generasi 90-an. Kamu masih bisa menemui jajanan dingin ini di zaman sekarang. Pasalnya, es potong telah mengalami inovasi.

Bahkan bentuk es potong tersebut sangat mirip dengan es krim yang harganya 1 dolar di Negara Singapura. Wow! Keren kan?

5Es Pisang Cokelat

bisnisukm.com

Popularitas es pisang coklat masih terasa hingga kini. Dulu sih harganya sangat murah, kisaran Rp1000 per potongnya.

Es pisang coklat disajikan dengan taburan coklat dan mesis. Ada juga yang menambahkan choco chips.

6Es Selendang Mayang

beritadaerah.com

Betawi memang kaya akan kulinernya, termasuk jajanan esnya. Salah satu es yang tenar pada tahun 90-an hingga sekarang adalah es selendang mayang. Sayangnya, es selendang mayang mulai jarang ditemui.

Eksistensinya mulai tergeser dengan munculnya produk-produk es kekinian. Padahal, es selendang mayang ini terkenal berasa gurih dan legit.

Es selendang mayang terbuat dari sagu aren yang diolah menjadi satu sehingga menyerupai bentuk agar-agar. Es ini diberi perwarna aneka rupa. Biasanya disajikan bersama santan, gula Jawa, dan es batu di dalam mangkuk.

Bagaimana guys? Lezat bukan? Kalau merindukan aroma dan rasa es selendang mayang, kamu bisa belajar membuatnya dari resep-resep di internet.