Kamu sering mendengar lagu daerah Ayo Mama? Atau kamu sering menyaksikan penyanyi Glen Fredly? Keduanya berasal dari kota memikat, Ambon, Maluku.

Ambon, selain dikenal dengan kota penyanyi, juga dengan ciri khas penduduknya yang hitam manis dan bertubuh relatif besar.

Namun, ternyata, terdapat sebuah pepatah bilang, orang Ambon parcis macang pohon sagu, tar bae di luar tapi barsi di dalang. Artinya adalah, orang Ambon layaknya pohon sagu, meski di luar tampak hitam kadang menyeramkan, tapi di dalam bersih seputih saripati sagu.

Kota yang terletak di timur Indonesia ini selalu kamu bisa nikmati pelbagai keindahan dan keunikannya. Kali ini akan kami ulas mengenai Ambon dari berbagai sisi menariknya.

1Ukulele

www.themusicroom-online.co.uk

Kamu pasti tahu jenis alat musik petik yang satu ini. Terlebih, alat musik ini semakin terkenal setelah dimainkan oleh karakter di film Minion.

Ternyata, gitar kecil ini berasal dari Hawaii yang ditemkan pada 1879. Gitar kecil ini ukurannya sekitar 20 inchi.

Di bawa ke Indonesia oleh pemimpin armada Portugis, Alfonso dAlburqueque ke Kepulauan Maluku. Sekarang, alat musik yang dikenal dengan sebutan bayi gitar itu lebih sering kita temukan dalam pertunjukkan musik keroncong.

2Katong Samua Basudara

www.beritasatu.com

Katong semua bersaudara sendiri adalah suatu ajakan orang Ambon untuk terus memupuk semangat persaudaraan.

Ada ungkapan ale rasa, beta rasa, potong di kuku rasa daging. Artinya, terdapat keinginan untuk terus berusaha saling membantu satu sama lain. Apabila orang senang, maka orang lain ikut merasakan. Begitu juga apabila sedih, sesama orang Ambon akan ikut juga merasakan.

Ungkapan ini didasari oleh keterikatan emosional sesama orang Ambon. Bahkan, keterikatan ini seperti melebihi saudara meski secara biologis mereka tidak memiliki hubungan darah. Menurut orang Ambon, menjaga hubungan persaudaraan merupakan suatu amanah yang harus dilakukan.

3Senam Poco-Poco

dwpdprdpare.blogspot.com

Kamu semua pasti tahu lagu poco-poco. Saking terkenalnya, menjadi senam poco-poco yang membuat semangat dan berkeringat.

Senam ini pada awalnya berasal dari tarian poco-poco yang dikenal sejak tahun 2000. Menjadi populer karena gerakannya yang mudah dan menyehatkan. Lagunya pun enak didengar. Maka tak heran jika tarian dan lagunya diadaptasi menjadi gerakan senam.

Lagunya sendiri sebagian besar memang berbahasa Ambon. Lagu dinyanyikan oleh Yopie Latul dengan pencipta lagu asal Ambon Arie Sapulette. Gerakan tarian yang khas dan mudah diikuti membuat masyarakat Indonesia semakin menyukainya. Apa kamu salah satunya?

4Pantai Ora yang Menakjubkan

mytravelingphotograph.blogspot.com

Kamu ngaku cinta Indonesia tapi jalan-jalan ke luar negeri? Wah, cobalah datangi tempat-tempat indah di Indonesia. Kamu pasti takjub akan keindahannya.

Salah satu destinasi wisata di Pantai Ora, yang serupa dengan Pantai Bora-Bora di Samudera Pasifik. Pesona keindahan pantai dan kejernihan air sangat memanjakan mata kamu.

Untuk menuju kesana memang cukup memakan waktu. Dari Ambon ke Pantai Ora menghabiskan waktu 4 jam. Setelah sampai Ambon, tempat pertama yang akan dituju mulai dari Bandneira. Lalu perjalanan dilanjutkan ke Pelabuhan Amahay menggunakan kapal cepat antar pulau dengan waktu tempuh kira-kira 2 jam.

Kemudian, lanjutkan perjalananmu menuju Pulau Seram, tempat dimana pantai ini berada. Sekalipun perjalanan ini cukup melelahkan, tapi dijamin semuanya akan sebanding dengan keindahan yang didapat dari berkunjung ke pantai Ora ini.

5Banyak Kosakata Belanda

www.youtube.com

Jangan heran jika masyarakat Ambon banyak menggunakan bahasa Belanda. Contoh nyata kata Dangke yang artinya terima kasih dalam Bahasa Belanda Dankje. Kemudian Fork untuk menyebut garpu yang berasal dari Vork.

Terdapat pula kata juga Mar, berasal dari Maar yang artinya tetapi. Kemudian Trap yang artinya anak tangga.

Oto yang berasal dari Auto yang berarti mobil, Vor dari Voor artinya untuk, lalu Lopas dari Loop yang berarti lari, serta kata-kata lainnya yang juga berasal dari serapan Bahasa Belanda lainnya yang sering digunakan.

6Kota Sejuta Penyanyi

www.ayogitabisa.com

Banyak sekali penyanyi dengan suara emas yang berasa dari kota yang satu ini. Penyanyi kenamaan Daniel Sahuleka, Glen Fredly dengan lagu-lagu romantisnya, Uta Likumahua hingga Melly Guslaw si ratu soundtrack film.

Mengapa orang Ambon pandai bernyanyi? Konon katanya orang Ambon dilahirkan dengan bakat pandai bernyanyi. Ditunjang pula dengan aktivitas dan pertemuan sosial pun mereka selalu bernyanyi.

Tidak heran kenapa banyak jejeran penyanyi bersuara merdu yang asalnya dari Ambon atau memiliki darah Ambon.

Pasalnya, bakat ini diturunkan turun temurun dan terus menerus dilatih di tiap generasi. Pantas saja suara mereka sangat indah dan merdu ya.

Demikian tadi sekilas fakta menarik yang berasal dari Sio Ambon Manise. Mungkin masih banyak lagi kekhasan dari masyarakat Ambon yang menarik untuk kita simak, yang terpenting, Katong Samua Basudara!

SHARE