Membicarakan diet memang tidak ada habisnya. Diet sudah jadi tren masa kini. Kaum perempuan adalah yang paling banyak menggandrungi gaya hidup ini. Terlebih lagi di wilayah perkotaan.

Banyak cara yang dilakukan, mulai dari senam atau gym, mengatur pola makan sampai dengan mengontrol berat badan setiap hari.

Ini yang disebut diet ketat. Persepsi keliru tentang diet yang menurut mereka untuk menurunkan berat badan. Padahal, fungsi diet sebenarnya adalah untuk menjaga kesehatan.

Kalau yang dipikirkan hanya diet ketat agar langsing, sudah pasti menyiksa lahir dan batin. Belum lagi munculnya penyakit-penyakit yang disebabkan karena faktor stres.

Girls, hentikan dietmu ya, jika ada gejala-gejala di atas dan beberapa gejala lainnya yang bikin kamu harus berhenti diet, sekarang juga. Apa saja gejalanya? Yuk, simak!

1Sibuk Memikirkan Pantangan Makanan

bintang.com

Ini gejala pertama yang mesti kamu waspadai. Kalau kamu mulai terbawa mindset negatif tentang diet dan berpikir bahwa diet itu untuk menghindari makanan tertentu, hentikan dietmu sekarang.

Girls, berpikir keras tentang makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan itu menguras otak, lho. Sistem saraf dan otak dipaksa kerja rodi sehingga berpotensi menimbulkan stres akut.

Jadi, ubahlah pola pikirmu mengenai diet jika tidak ingin dietmu dicekal.

2Aturan Diet Ketat Bikin Kamu Stres

bintang.com

Sekali lagi, diet ketat berpotensi menyebabkan penyakit stres. Apalagi kalau kamu hobi mengganti-ganti jadwal dan aturan dietmu. Ditambah lagi kamu mengubah daftar makanan yang pantang dan wajib kamu makan.

Percaya deh, kamu hanya akan stres jika stagnan patuh pada aturan yang tidak ada ujungnya. Diet sih boleh saja, tapi jalani sesuai kemampuanmu, ya Girls!

3Hidupmu Jadi Tidak Nikmat

emmaolliff.com

Seseorang yang lagi diet biasanya memang tidak mau makan selain makanan yang dianjurkan.

Nah, lalu bagaimana jika kamu sedang di pesta atau pergi traveling? Sayang sekali kalau tidak bisa menikmati makanan yang dihidangkan.

Kamu tentu tahu, kuliner dalam sebuah pesta atau ketika traveling sungguh menggoda selera. Kalau kamu merasa tersiksa tidak makan makanan itu lantaran diet, mendingan jangan diteruskan deh dietnya.

Hidup hanya sekali, Girls. Semua orang tahu bahwa makanan adalah bagian dari sumber kehidupan.

4Phobia Berat Badan

bintang.com

Segera berhenti diet sekarang! Jika kamu merasa dihantui oleh berat badan setiap saat. Terlebih ketika bangun tidur yang kamu ingat hanyalah berat badan. Mau makan juga ingat berat badan.

Ayolah, Girls! Hidup seperti ini sangat tidak nyaman. Kamu bisa kok, mengatasi berat badanmu dengan memilih pakaian yang tepat agar terlihat ideal.

5Merasa Tidak Bahagia

cbsistatic.com

Kalau kamu merasakan gejala ini, berarti kondisimu sudah sangat kritis. Kamu benar-benar harus menghentikan diet. Jangan sampai diet merampas makanan yang sebenarnya sangat kamu suka.

Diet tidak harus menghindari makanan favoritmu, Girls. Tapi, dengan kamu memakan apa yang kamu mau, kamu akan dapatkan keseimbangan dan kebahagiaan itu secara otomatis.

6Berat Badan Turun Drastis

bintang.com

Mungkin ini gejala yang paling fatal dari sebuah program diet. Saat kamu melihat berat badanmu turun secara signifikan, cobalah beri jeda sejenak untuk program dietmu.

Jika kamu teruskan, akibatnya makin fatal. Lemak-lemak jahat dalam tubuhmu bukannya hancur malah makin banyak karena kamu yang merasa stres.

Bukannya kamu mendapat berat badan ideal, nanti malah terlalu kurus atau terlalu gemuk. Hati-hati, ya!