Mempunyai kulit cantik dan bersih adalah dambaan semua orang terlebih bagi para wanita, mereka mau melakukan apa saja dem sebuah kecantikan.

Salah satu penyakit kulit yang sudah sering menjadi penyakit kebiasaan adalah jerawat, ya jerawat ini cukup menjadi masalah utama bagi mereka yang sangat peduli tentang kecantikan.

Tapi sayang banyak juga mereka yang tidak tahu bagaimana merawat jerawat, akhirnya jerawat yang diharapkan segera hilang malah tambah parah menjadi luka dan lama disembuhkan.

Kamu yang mengalami ini tentu akan trauma dan banyak belajar dari hal tersebut, memang butuh kesabaran dan juga perawatan khusus untuk soal beginian.

Nah, ada beberapa hal yang menyebabkan jerawat bertambah parah, makanya 6 hal berikut ini tidak boleh dilakukan:

1Cepat Putus Asa Mengobati Jerawat

buktidansaksi.com

Mengobati jerawat yang berlebihan tidak bisa dalam waktu yang cepat, jerawat butuh proses waktu yang cukup lama, waktunya sekitar 2-6 minggu, jadi tidak bisa cepat.

Jika pengobatan yang kamu lakukan pada awalnya malah semakin nambah parah, itu bukan berarti salah pilih obat, pengobatan awal memang begitu, nanti setelah itu akan cepat berangsur membaik.

2Mencoba Beberapa Perawatan Sekaligus

ummi-online.com

Karena kamu putus asa nyoba obat ini gak bisa, obat itu gak mempan, akhirnya malah akan memperburuk kulit kamu.

Hal ini cenderung membuat kulit makin teriritasi, dan akhirnya menyebabkan proses penyembuhan jerawat menimbulkan bekas kehitaman atau jaringan parut. Ini yang tidak boleh terjadi.

Jadi sabarlah sebentar, tunggu dan jangan pakai beberapa obat, karena selain merusak kulit juga akan membahayakan bagi kesehatan wajah.

3Menggosok Berlebihan

blog.tokopedia.com

Jangan menggosok jerawat secara berlebihan ya, karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit kamu.Tidak membilas wajah dengan bersih setelah mencuci wajah pun dapat menyebabkan iritasi yang disebabkan oleh sisa sabun pembersih yang tertinggal di wajah.

Untuk itu, pilihlah sabun pembersih yang non-iritatif dan dengan pH yang sesuai dengan pH kulit yang berkisar antara 5-6,5. Karena kisaran itu yang cocok buat kulit orang Indonesia

4Menekan dan memecahkan jerawat dengan paksa

obatjerawatalami.org

Menekan dan memcahkan jerawat dengan paksa hanya akan menimbulkan kerugian pada kulit kamu. Hal ini dapat menyebabkan proses peradangan menjadi lebih parah dan proses penyembuhan menjadi lebih lama.

Selain itu proses penyembuhan dapat meninggalkan bekas jaringan parut dan kehitaman pada kulit. Jadi biarkan jerawat pecah dan sembuh sendiri, jangan dipaksa, biarkan saja jerawat sembuh dengan prosesnya.

5Tak Temui Dokter

health.liputan6.com

Jika jerawat tidak dapat diatasi dengan obat-obatan bebas, muncul sangat banyak dan menyebabkan banyak jaringan parut maka ini merupakan sinyal kamu harus pergi ke dokter.

Selain untuk mendapatkan obat yang lebih bagus, kamu juga bisa memeriksa kulit kamu dengan laser, agar tahu masalahnya dan apa solusinya.

6Pemakaian Obat Tidak Teratur

caraspot.com

Dalam pemakaian obat harus sesuai dengan dosisnya jangan sampai tidak, karena jika terlalu banyak kulit akan iritasi, bahkan jerawat lama sembuhnya. Tapi jika kurang jerawat bisa saja makin parah. Jadi gunakan obat sesuai dosisnya.

Yang penting juga jangan menghentikan pengobatan secara tiba-tiba, kalau obat masih ada dan jerawta sudhah hilang tetep habiskan itu obat, karena bisa saja jerawat akan timbul lagi karena tiba-tiba tersebut.

Selain itu minum obat juga bisa menghilangkan daerah yang potensi timbul jerawat, kan kamu tidak tahu daerah mana yang berpotensi. Untuk itu patuhilah dalam penggunaan obat. Semoga bermanfaat ya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami yang Terbukti Ampuh