Di jaman sekarang memang mulai banyak timbul berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit susah tidur atau insomnia.

Isomnia ini cukup membuat banyak orang stress, bagaimana tidak? Orang yang sudah capek tubuhnya dan perlu istirahat ternyata malah gak bisa tidur.

Orang akhirnya memilih jalan pintas dengan mengkonsumsi obat tidur agar mereka terlelap, padahal kalau dipikir tidur itu mudah asal yang dilakukan juga tepat.

Mari kita lihat bagaimana dulu waktu kecil kita tidur atau bisa juga melihat bayi tidur, mereka seperti tanpa beban jadi saatnya tidur ya tidur, gak mikir tadi jatuh dari pohon, gak mikir tadi nangis seharian, gak mikir tadi berantem sama temannya, pokoknya tidur.

Buat kamu yang mengalami susah tidur, kamu bisa coba tips dibawah ini.

1Bersihkan Pikiran

funlifebeauty.wordpress.com

Yup, kunci pertama agar kamu bisa tidur nyenyak dan lelap, yaitu sebelum tidur kamu harus bersihkan pikiran-pikiran selama beraktifitas seharian.

Karena dengan membersihkan pikiran semua beban akan hilang, otak juga akan beristirahat dan akan mengirimkan sinyal kepada mata dan seluruh tubuh agar mau beristirahat juga.

Mari kita lihat bayi atau anak kecil, mereka cuek terhadap apa yang dilakukan seharian, jadi itulah alasan pertama kenapa mengapa mereka tidurnya enak dan lelap.

2Stabilkan Suasana Hati

pesonasecurity.co.id

Hal berikutnya yang bisa kamu lakukan agar kamu segera tidur lelap adalah stabilkan suasana hati. Jika kondisi hati masih sedih atau marah akan membuat pikiran kalang kabut, mikir macam-macam dan otomatis sulir akan tidur.

Ikhlaskan dan relakan semua yang terjadi pada hari itu dan pikirkan besok untuk yang lebih baik, atur suasana hati agar tidur kamu enak, nyenyap dan lelap layaknya anak kecil yang tidak terlalu mengambil hati dalam hidupnya.

3Tempat Tidur Senyaman Mungkin

family.fimela.com

Hal berikutnya yang harus kamu lakukan adalah ambillah posisi terbaik yang bikin kamu nyaman, mungkin dekat tembok atau juga bisa di tengah-tengah kamar.

Usahakan tidur miring ke kanan karena itu posisi tidur yang paling baik, trus kamu bisa pakai lotion anti nyamuk, mematikan lampu dan pakai selimut agar tidur kamu benar-benar lelap.

4Jadwal

riafasha.com

Ini yang penting juga, kamu harus atur jadwal tidur kamu juga,sehari itu paling  8 jam untuk untuk tidur. Kalau bisa usahakan pada jam siang untuk tidur sejenak, paling tidak 30 menit untuk istirahat di tengah hari.

5Aktifitas Fisik

lighthouse-indonesia.com

Hal berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan berolahraga di sore hari setelah bekerja, olahhraga yang sedang saja, jangan terlalu berat, buat tubuhmu cukup merasakan sedikit capek, juga keringat keluar.

Jangan terlalu capek dalam olahraga, karena jika tubuh kecapekan kadang malah sussah untuk tidur atau malah saat tidur badan sakit semua.

Yup, itulah 5 tips yang bisa kamu lakukan agar tidur kamu enak, nyenyak dan lelap layaknya bayi yang tertidur dengan mimpi indahnya. Semoga bermanfaat ya