Tipe dan karakter orang di dunia ini berbeda-beda. Ada yang sangat menjaga lisannya dan ada juga yang suka bicara sekenanya.

Memang benar, mengungkapkan perasaan yang sesungguhnya atau jujur merupakan hal yang baik. Tapi, seringkali orang-orang seperti itu suka mengomentari orang lain. Terlebih jika melihat ibu dengan banyak anak.

Hati-hati ya, guys. Kalau sampai komentarmu terdengar para ibu yang punya banyak anak tersebut, mereka bisa sakit hati lho.

Bagaimanapun, mengurus anak sebanyak itu tidak mudah dan hanya seorang ibu hebat yang sanggup melakukannya.

Ada 4 hal yang sangat dilarang untuk diucapkan ketika kamu bertemu mereka. Supaya tidak salah bicara, yuk simak!

1“Enak Nih, Banyak yang Bantu Belanja!”

kupastuntasonline.com

Kalau mau melemparkan komentar ini, harapannya hanya dalam bentuk sarkastik. Alasannya, karena tidak ada sejarahnya kemudahan berbelanja di swalayan atau supermarket yakni ketika dibantu banyak anak.

Biasanya, orang yang berkomentar seperti ini tidak punya anak, anaknya sedikit atau yang lebih parah tidak pernah mengurus anaknya.

2“Masih Mau Nambah Lagi?”

ockta-87.blogspot.com

Ini pertanyaan yang tidak penting untuk diberikan penjelasan detil. Kamu tidak perlu mencampuri urusannya.

Entah mau nambah lagi atau tidak, itu semua adalah privasinya. Hati-hati ya, guys, jangan sampai kamu dikira suka mencampuri urusan orang lain.

3Tatapan Penuh Tanda Tanya

akinarishop.com

Apapun alasannya, baik dalam bentuk verbal maupun tatapan mata, tidak dibenarkan mengomentari si ibu dengan banyak anak. Tapi, tingkah seperti ini justru sering dilakukan orang-orang yang takut berkomentar.

Diam-diam kamu menghitung jumlah anaknya sambil terus menatapnya. Percayalah, mereka yang kamu tatap akan merasa canggung dan mungkin tersinggung.

Apalagi kalau kamu sampai menunjukkan ekspresi terkejut saat bertemu dengan rombongan si ibu dan anak-anaknya. Kamu akan lihat betapa si ibu merasa bebannya bertambah dan lelah.

Kalau memang tidak tahan ingin berucap, cobalah mengatakan hal ini, “Ibu hebat, ya!” Mungkin juga bisa mengucapkan, “Mereka anak-anak yang manis!”.

Ucapan-ucapan semacam itu jauh lebih baik daripada kamu mencelanya dengan pertanyaan. Mereka akan merasa mendapat dukungan dari kamu.

Pernyataan positif membantu meredamkan situasi yang tegang sebelumnya karena tatapan anehmu.

Kalau memang kamu tidak bisa mengatakan sesuatu yang baik, maka diam saja. Jangan sekali-kali memberikan tatapan sinis.

4“Ayah Mereka Sama Kan?”

awesometoo.wordpress.com

Nah, ini dia kalimat yang paling menohok kalau sampai kamu katakan pada ibu dengan banyak anak. Mungkin saat itu kamu melihat fisik mereka berbeda satu sama lain. Entah itu matanya, rambut, atau kulitnya.

Tapi, please, jangan pernah menanyakan siapa ayahnya. Pertanyaanmu hanya akan menimbulkan suasana panas dan tegang. Orang yang kamu tanyai bisa tersinggung, guys.

Darimana saja mereka berasal, itu bukan urusan kamu. Meski menurutmu mereka salah, bukan berarti kamu berhak mengetahui hal paling pribadi dari dirinya.

5“Kamu Ibu dari Mereka Semua?”

pratendespiegel.com

Guys, sakit tidak jika kamu yang ditanya demikian? Hanya karena mereka berbeda secara fisik dengan sang ibu, kamu tidak perlu bertanya seperti itu.

Mungkin kamu adalah orang yang rasa ingin tahunya besar, memang bagus. Tapi, bukan berarti kamu harus kepo terhadap hal-hal pribadinya.

Bagaimana kalau mereka tersinggung dan marah? Tidak menutup kemungkinan kamu dan dia akan bersilat lidah di tempat umum. Jika itu sampai terjadi, sungguh memalukan, guys.

6“Mungkin Suamimu Butuh Kolam Pemancingan.”

pkpusemarang.blogspot.com

Kalimat ini sangat tabu dan dilarang untuk diucapkan dihadapan ibu dengan banyak anak. Tentang apa hobinya atau sesuatu yang dia suka lakukan setiap hari bukan urusanmu.

Kamu mungkin berpikir, suami dari si ibu yang punya banyak anak ini pasti tidak bisa menjauhkan dirinya dari kamar tidur. Tapi, sekali lagi, kamu tidak berhak mengajukan pernyataan semacam ini kepada mereka.

Terlebih jika yang kamu temui ternyata orang asing. Hati-hati, guys!