Tuntutan pekerjaan bagi seorang karyawan merupakan suatu kewajaran. Setiap tugas karyawan tentu harus dijalankan dengan baik agar hasilnya memuaskan.

Namun, menuntaskan semua pekerjaan belum tentu memberikan hal yang diinginkan pimpinan atau atasan kamu. Itu hanyalah satu dari seribu cara yang bisa kamu lakukan untuk memuaskan hati atasan.

Sebagai seorang karyawan pastinya patuh terhadap aturan perusahaan dan menyelesaikan tugasnya adalah sebuah kewajiban. Jika ada yang belum selesai, biasanya seorang karyawan akan gelisah karena atasan masih kurang puas.

Terlebih, ketika ketidakpuasan itu berlangsung selama bertahun-tahun, bisa jadi karirnya tidak ada peningkatan.

Artinya, walaupun seorang karyawan telah berusaha mati-matian menuntaskan pekerjaan, belum tentu mendapatkan sorotan baik di mata atasan.

Tapi, jangan khawatir, guys. Buat kamu yang kini menjabat sebagai karyawan, 6 tips khusus ini bisa membantu kamu agar dinilai lebih oleh atasan.

Tips berikut ini juga merupakan hasil diskusi dengan beberapa konsultan tentang seluk-beluk kepemimpinan. Mereka mengemukakan hal-hal yang dapat meluluhkan hati atasan. Yuk, langsung simak ulasannya!

1Saling Menghormati

muhandisun.wordpress.com

Tips pertama adalah saling menghormati, baik sesama karyawan maupun atasan.

Ini memang hal yang prinsip banget karena suatu perusahaan dapat bertahan jika sumber daya manusianya mampu bekerja secara tim. Di sinilah pentingnya sikap saling menghormati.

Dengan sikap tersebut, kamu dan tim akan mampu menyatukan pemikiran untuk membangun tim solid. Tim solid tentu akan menumbuhkan perusahaan yang kuat.

Hindari sifat ingin menang sendiri atau selalu merasa paling benar. Hargai ide dan pendapat rekan-rekan kerjamu. Kalau sudah demikian, kamu dan rekanmu akan satu tujuan.

2Menepati Janji

teknikhidup.com

Janji yang dimaksud di sini yakni janji untuk menuntaskan pekerjaan sesuai waktu yang kamu sepakati dengan atasan. Upayakan tepat waktu atau bila perlu selesaikan sebelum deadline.

Jika kamu selalu menepati janji, atasanmu pasti akan menaruh kepercayaan penuh padamu. Pekerjaanmu pun pasti akan mendapatkan nilai yang baik di mata atasan.

3Konsisten

vbt249.wordpress.com

Sikap seperti ini dibutuhkan saat kamu diberi tugas oleh atasan namun banyak hal yang menghalangi. Meskipun terasa berat, tetaplah selesaikan pekerjaan tepat waktu.

Seorang atasan akan menilai kamu konsisten dan cakap ketika kamu mampu menuntaskan pekerjaan tepat waktu dan profesional.

4Rendah Hati

pinguinshowtime.wordpress.com

Keberhasilan kamu menjadi karyawan jangan lantas membuatmu sombong. Justru ketika kamu bersikap rendah hati dan menanggapi pendapat orang lain secara positif, kamu akan bisa membangun tim yang kuat.

Kekuatan tim inilah yang akan menciptakan perusahaan sehat dan cemerlang.

5Tidak Bergunjing

sablon-kaosputih.blogspot.com

Ingat, guys, hindari bergunjing di dalam kantor. Jika kamu berada di lingkungan rekan kerja yang doyan bergosip, sebaiknya jaga jarak dengan mereka.

Lebih baik kamu manfaatkan waktu untuk hal lain yang positif. Misalnya, menyelesaikan pekerjaan. Yang perlu kamu perhatikan bahwa perusahaan menggajimu untuk bekerja bukan menggunjing.

6Inisiatif

thinkcrowdfund.ticketleap.com

Ketika perusahaan sedang dalam masalah, jadilah pemberi solusi yang tepat. Kamu bisa memberikan saran atau kritikan untuk sebuah kebijakan dan masalahnya.

Apalagi kalau kamu bergabung saat situasi sulit sebuah pekerjaan. Rekan-rekan kamu akan menjadikanmu rekan kerja favorit. Tentu saja atasanmu akan menilai bahwa kamu benar-benar kompeten.

Karir kamu secara otomatis akan meningkat seiring dengan perhatian yang kamu berikan. Tapi, berikan dan lakukan dengan tulus agar kamu tidak menyesali jika terjadi hal yang tidak kamu inginkan.

Berusahalah untuk jadi yang terbaik. Namun, jangan menjadi pesaing terbaik. Fokus pada tujuan dengan mengerahkan kemampuan dan melakukan kewajiban untuk memajukan perusahaan. Itulah keinginan atasanmu sesungguhnya.