Saat anak berusia 4 tahun, anak sudah mampu diajak untuk berkomunikasi dan berdiskusi. Selain itu, daya ingat anak di usia 4 tahun pun sudah sangat kuat.

bundaalazi.com
bundaalazi.com

Dengan kemampuan anak yang sudah bisa diajak berkomunikasi, maka kita sebagai orangtua sudah bisa melatihkan mereka berbagai hal.

Hal-hal yang perlu dilatihkan pada anak seusia ini berupa keterampilan-keterampilan yang mereka butuhkan terutama untuk pertahanan diri mereka berinteraksi dengan lingkungan.

Nah, hal-hal apa saja yang perlu kita latihkan untuk mereka? kita ulas bersama, yuk!

1Keterampilan Bertanya dan Meminta Tolong

rri.co.id

Salah satu keterampilan mendasar yang perlu dikuasai anak dalam berinteraksi dengan lingkungan adalah keterampilan bertanya dan meminta tolong.

Keterampilan ini diperlukan saat anak mengalami kesulitan dan membutuhkan pertolongan orang lain. Selain itu, jika sewaktu-waktu anak tersesat, maka ia berani untuk bertanya dan meminta tolong.

Bagaiamana cara melatihkan keterampilan ini?

Agar anak tahu bagaimana caranya meminta tolong, maka para orangtua bisa melatihkannya dengan sering-sering meminta tolong kepada anak. Dengan semakin sering melihat, maka ia akan tahu caranya.

2Orang Asing Itu Tidak Selalu Berbahaya, Lho?

baroness.co

Jangan sekali-kali memberi doktrin pada anak bahwa orang asing itu selalu berbahaya. Bahkan kita dianjurkan untuk membangun kepercayaan pada diri anak bahwa dunia itu aman untuknya.

Dengan tidak menganggap semua orang asing berbahaya, anak bisa lebih berani berinteraksi dengan lingkungannya. Namun, kita pun perlu menjelaskan bahwa ada sebagian dari orang asing itu memang berbahaya.

3Ada Bagian Tubuh yang Tidak Boleh Disentuh

blogs.channel4.com

Pasti pernah dengar kasus pelecehan seksual pada anak kan? dan kasus ini pernah terjadi dan ramai diberitakan, apalagi ketika terjadinya di sekolah.

Bayangkan! tempat teraman bernama sekolah saja masih mungkin terjadi tindakan pelecehan seksual. Padahal, kita tidak bisa mengawal anak kita dimanapun dia berada, kan? Apalagi di sekolah.

Untuk melakukan tindakan preventif, kita bisa beritahu anak kita, bahwa ada bagian tubuh mereka yang tidak boleh disentuh orang lain dan begitupula sebaliknya, mereka pun tidak boleh menyentuh bagian tubuh orang lain.

4Tidak Sembarangan Menerima Makanan

om-mo.com

Saat ini, banyak sekali modus-modus penculikan yang dilakukan oleh pihak yang tidak berperikemanusiaan. Salah satu modusnya adalah dengan memberi makanan.

Hal ini sangat membahayakan keselamatan anak, apalagi jika makanan itu sengaja dibubuhi obat bius, obat tidur ataupun racun mematikan. Seram sekali, kan?

Oleh karena itu, kita perlu beritahu mereka untuk tidak menerima makanan dari orang asing. Kecuali jika sedang bersama orangtua.

5Menolak Bila Diajak Oleh Orang Lain

chinapersonified.com

Beritahu anak, bahwa jika suatu hari nanti ada bapak atau ibu lain yang menjemputnya di sekolah, maka jangan langsung percaya dan jangan langsung ikut saja.

Apa yang perlu anak lakukan?

Jika menemukan kasus seperti itu, maka kita bisa beritahu anak untuk memberitahu kepada gurunya. Agar gurunya dapat menghubungi orangtua untuk memastikan identitas penjemput.

6Beritahu Orangtua Jika Mengalami Kekerasan

cancouncil.org

Seringkali anak tidak pernah bercerita jika mengalami kekerasan selama mereka bermain. Biasanya orangtua akan tahu dengan melihat lebam-lebam atau bekas luka di tubuh mereka.

Hal ini sangat berbahaya jika dibiarkan berlarut-larut. Kita Perlu beritahu mereka, bahwa tidak boleh ada satupun orang lain melakukan kekerasan kepada mereka.

Orangtua pun perlu memberitahu, bahwa adakalanya mereka perlu melawan untuk melakukan pembelaan diri. Namun, jika di sekitar mereka ada orang dewasa, sebaiknya mereka meminta pertolongan.